Ilustrasi bus Transjakarta. (Sumber gambar: Pradamas Gifarry/Unsplash)

Transjakarta Tambah Jam Operasional untuk Konser Coldplay, Cek Info Lengkapnya

15 November 2023   |   12:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penggemar Coldplay di Indonesia siap berpesta. Chris Martin dan kawan-kawan bakal menyapa para penggemar setianya di Tanah Air dalam konser Coldplay Music of the Spheres, yang akan digelar pada hari ini, Rabu (15/11/2023), di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta. Puluhan ribu penonton diperkirakan bakal memadati GBK.

Lokasi GBK yang berada di pusat kota dan strategis sebenarnya memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya menggunakan transportasi umum. Selain mengurangi kemacetan, menggunakan transportasi publik juga bisa mengurangi polusi udara akibat penggunaan kendaraan pribadi secara massal.

Baca juga: Ada Konser Coldplay, MRT Jakarta Beroperasi Hingga Dini Hari

Ada beberapa kendaraan publik yang bisa menjadi pilihan untuk menuju GBK, salah satunya Transjakarta. Untuk mendukung kelancaran mobilitas pengguna khususnya yang ingin menonton konser Coldplay, Transjakarta membuat jadwal operasional khusus hingga malam hari.

Sebagaimana diinformasikan dalam unggahan PT Transportasi Jakarta di akun X resminya, khusus pada hari ini Rabu (15/11/2023), layanan koridor 1, 3F, 9C, 10H, dan koridor 13 Transjakarta akan diperpanjang jam operasionalnya hingga pukul 01.00 WIB.

Koridor 1 adalah rute Transjakarta yang beroperasi dari halte Blok M hingga halte Kota, 3F untuk rute Kalideres-Gelora Bung Karno, 9C terdiri atas rute Pinang Ranti-Bundaran Senayan, 10H untuk rute Tanjung Priok-Blok M, dan koridor 13 untuk rute Ciledug-Tendean.

Layanan tambahan jam operasional ini tentunya menjadi angin segar bagi kalian untuk menuju konser Coldplay menggunakan Transjakarta, tanpa takut tidak akan mendapatkan bus saat pulang larut malam. Seperti diketahui, jam operasional reguler Transjakarta biasanya dimulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB.
 
 

Layanan AMARI Transjakarta

Di samping layanan operasional reguler, Transjakarta juga menyediakan layanan Angkutan Malam Hari atau AMARI. Seperti namanya, AMARI adalah layanan angkutan yang beroperasi pada malam hari, untuk memenuhi kebutuhan penumpang yang beraktivitas hingga larut malam.

Jika jadwal Transjakarta reguler dimulai dari pukul 05.00 sampai  22.00 WIB, AMARI beroperasi dari 13 koridor setiap hari pukul 22.00 hingga 05.00 WIB, dengan waktu menunggu sekitar 30 menit setiap muatannya. Layanan ini juga bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin menggunakan Transjakarta usai menyaksikan konser Coldplay dari GBK.

Berikut adalah daftar koridor yang melayani AMARI.
  1. M1 Blok M - Kota 
  2. M2 Pulogadung - Monas
  3. M3 Kalideres - Monas 
  4. M4 Pulogadung - Dukuh Atas 2
  5. M5 PGC 2 - Ancol 
  6. M6 Ragunan – Dukuh Atas 2
  7. M7 Kampung Rambutan - Monas
  8. M8 Lebak Bulus – Pasar Baru via Tomang
  9. M9 Pinang Ranti – Pluit
  10. M10 PGC 2 - Tanjung Priok
  11. M11 Pulogebang - Pulogadung 2
  12. M12 Sunter Boulevard Barat - Penjaringan 
  13. M13 Puri Beta – Tendean

Cara Naik Transjakarta ke GBK
  • Untuk sampai ke GBK, Pengunjung bisa naik Transjakarta koridor 1 Jurusan Blok M-Kota. Atau koridor 3F Kalideres - GBK. Kedua jurusan tersebut bisa langsung turun di halte busway Gelora Bung Karno.
  • Dari Jakarta Timur, Anda bisa naik Transjakarta koridor 7 (Kampung Rambutan-Kampung Melayu) turun di Halte Busway Cawang UKI naik koridor 9C (Pinang Ranti-Senayan).
  • Dari Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, Naik Transjakarta koridor 9 (Pluit-Pinang Ranti) lalu transit di Kuningan Barat naik koridor 9C (Pinang Ranti-Senayan).
  • Dari Jakarta Utara, naik Transjakarta koridor 12 (Tanjung Priuk-Pluit) turun di Halte Transjakarta Kota. Lalu naik koridor 1 (Kota-Blok M) turun di Halte Transjakarta GBK. Dari Halte GBK, bisa masuk lewat pintu 5 di samping Mal fX atau pintu 6 jika dibuka.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Cerita Gracia, Christy, dan Freya Menghadapi Masa Sulit di JKT48

BERIKUTNYA

5 Tip Menjadi Social Butterfly yang Punya Banyak Teman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: