Ilustrasi Seseorang yang Memiliki Banyak Teman (Sumber Gambar: Freepik)

5 Tip Menjadi Social Butterfly yang Punya Banyak Teman

15 November 2023   |   16:11 WIB

Senang bersosialisasi, ramah, dan gemar berteman adalah tipikal pribadi yang disebut sebagai social butterfly. Istilah itu mengacu pada ciri kupu-kupu yang dapat hinggap di bunga mana saja dan memiliki kemampuan untuk terbang ke berbagai tempat yang berbeda.

Sebagai manusia, pasti membutuhkan interaksi sosial untuk membangun hubungan yang sehat dan bahagia. Namun, tidak semua orang mudah bergaul. Bagi seseorang yang memiliki tipikal social butterfly justru bukan masalah dalam membangun relasi dengan berbagai kalangan.

Baca juga: Mengenal Arti Kata Atapu dan Bahasa Gaul Terviral Lainnya

Social butterfly tak melulu menjadi hal alami, sebab bisa juga dimiliki melalui beberapa hal kecil yang tidak disadari. Berikut tip penting untuk menjadi orang yang pintar bergaul yang dilansir dari beberapa sumber.
 

1. Memahami perbedaan karakter dan tidak membicarakan keburukan orang lain

Dikutip dari Mind Body Green, menjadi social butterfly berarti memiliki banyak teman dari berbagai kalangan yang tentunya dengan berbeda-beda karakter. Dengan mengenal banyak karakter, mungkin salah satunya ada yang kurang cocok.

Namun, kalian harus mencoba menahan diri untuk tidak membicarakan ketidakcocokan atau keburukan orang lain. Selain akan merusak citra, ha itu juga akan menimbulkan keraguan bagi orang lain untuk percaya.
 

2. Memiliki Toleransi

Selain membicarakan orang lain, menjadi social butterfly juga harus memiliki toleransi yang tinggi. Pasalnya, untuk mengenal banyak orang dengan latar belakang berbeda, harus didasarkan rasa saling menghormati dan menghargai. Dengan segala macam perbedaan itu, toleransi merupakan kunci utama yang harus dijunjung dalam membangun relasi sosial.
 

3. Menghargai privasi orang lain

Memliki toleransi juga berarti menghargai privasi orang lain. Tentunya, setiap orang memiliki privasi yang tidak ingin diketahui orang lain. Agar tidak dianggap ikut campur pada urusan orang lain, dalam berteman sebaiknya menghindari menanyakan hal yang bersifat pribadi, karena hal itu akan membuat orang lain merasa tidak nyaman.
 

4. Mengutamakan etika

Dikutip dari socialself, berteman dengan banyak orang tentunya akan menyenangkan dan memberikan pengalaman-pengalaman baru. Dalam menjalin hubungan sosial, kalian perlu menerapkan hal penting yang berlaku umum sebagai kesepakatan sosial, yaitu etika.

Etika dilakukan untuk menjadi rambu dan batasan agar tidak berlebihan dalam bersikap. Membiasakan diri untuk selalu tersenyum dan bersikap ramah diharapkan dapat membuat orang lain merasakan energi positif yang kita miliki.

Lalu, hindari juga ekspresi wajah yang terkesan negatif seperti tidak tertarik atau cuek, agar tidak terkesan sombong atau judes sehingga membuat orang lain tidak merasa nyaman untuk berteman.
 

5. Menjadi diri sendiri

Dikutip dari upjourney, jika kalian berada di lingkungan baru, kalian tetap harus menjadi diri sendiri. Jangan mengubah penampilan ataupun kepribadian hanya demi mendapatkan teman baru atau agar diterima orang lain. Tapi, jadilah diri sendiri sehingga teman baru akan mendekat secara alami.

Bermodalkan rasa percaya diri dan keberanian untuk bergaul, akan menjadi energi penting untuk mendapatkan teman baru di lingkungan asing sekalipun.

Baca juga: 9 Istilah Bahasa Gaul di Twitter, dari Bub hingga Rent Free

Jadi, menjalin hubungan pertemanan ini merupakan soft skill yang perlu dilatih agar seseorang dapat meraih kesuksesan dalam pergaulan. Itulah lima tip menjadi social butterfly yang dapat diterapkan agar kalian menjadi pandai bergaul dan mendapatkan banyak teman.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Transjakarta Tambah Jam Operasional untuk Konser Coldplay, Cek Info Lengkapnya

BERIKUTNYA

Maliq & D’Essentials dan Yovie & Nuno Bakal Tampil di KOI Fest 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: