Ilustrasi rambut sehat (Sumber foto: Pexels/cottonbro studio)

5 Pilihan Makanan Untuk Rambut Yang Sehat, Berkilau, dan Anti Rontok

14 November 2023   |   17:21 WIB

Banyak orang menginginkan rambut kuat dan sehat, terutama seiring bertambahnya usia. Namun, seberapa cepat pertumbuhannya dan seberapa sehatnya bergantung pada banyak faktor termasuk usia, kesehatan secara keseluruhan, genetika, paparan lingkungan, konsumsi obat-obatan, dan pola makan.

Meskipun kita tidak dapat mengubah beberapa faktor seperti usia dan genetika, satu faktor yang mungkin lebih mudah dikendalikan adalah pola makan. Studi menunjukkan kekurangan vitamin B12 dan D, biotin, riboflavin, zat besi, dan nutrisi lainnya berhubungan dengan rambut rontok.

Baca juga: Frustasi dengan Rambut Lepek dan Berminyak? Ini Bahan Alami untuk Mengatasinya

Mengonsumsi makanan seimbang yang kaya vitamin dan mineral dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, terutama jika Genhype mengalami kerontokan rambut karena gizi buruk.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami hubungan antara mikronutrien dan rambut rontok, ada baiknya kalian memastikan untuk mendapatkan cukup makanan kaya nutrisi yang mendukung pertumbuhan rambut.

Selain mengonsumsi makanan penuh nutrisi, kalian juga bisa merawat rambut dari luar dengan mengaplikasikan vitamin atau serum rambut untuk menjaga kelembapan serta paparan polusi. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan rambut yang dikutip sehataqua.co.id


1. Pisang

Pisang ternyata tidak hanya lezat untuk dimakan, pisang juga merupakan salah satu buah yang bagus untuk kesehatan rambut karena mengandung biotin dan vitamin B6 di dalamnya. Dua kandungan tersebut, diketahui bisa membuat rambut lebih berkilau, tebal dan kuat, sehingga dapat mengurangi rambut rontok.

Selain itu, kandungan antimikroba pada pisang diyakini dapat mengatasi kulit kepala kering dan mengelupas yang menjadi salah satu gejala ketombe. Pisang juga mengandung zat silika. Silika dapat diserap oleh tubuh untuk memproduksi kolagen, yakni sejenis protein yang mampu membuat rambut sehat sehingga lebih mudah diatur dan tidak kusut.


2. Alpukat

Buah yang bagus untuk kesehatan rambut selanjutnya yaitu alpukat. Kandungan vitamin E, asam lemak omega-3 dan 6, serta antioksidan yang terdapat di dalam buah alpukat dapat membantu rambut agar lebih berkilau, kuat, dan tidak mudah patah atau rontok. Selain itu, terdapat zat yang mendorong percepatan sel-sel di folikel dan anti-inflamasi sehingga kulit kepala sehat dan membantu pertumbuhan rambut lebih cepat dan lebat. Kalian bisa mengkonsumsi alpukat dengan cara dijadikan jus atau dimakan langsung. Namun, bagi yang tidak menyukai alpukat, buah ini dapat dihaluskan menjadi masker rambut dan dicampur minyak kelapa.


3. Wortel

Selain buah, adapun makanan untuk kesehatan rambut lainnya yaitu wortel sayuran bewarna oranye ini mengandung beta karoten dan Vitamin A sehingga dapat membantu pertumbuhan pada rambut lebih cepat dan efektif mengatasi kerontokan. Kandungan Vitamin A pada wortel dapat menguatkan batang rambut sehingga tetep kokoh atau tidak mudah patah. Kalian bisa mengkonsumsi segelas jus wortel per hari cukup memenuhi kebutuhan Vitamin A sehingga bisa membantu meregenerasi sel-sel kulit dan rambut.


4. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Adapun kandungan tersebut meliputi Vitamin A, beta karoten, folat, vitamin C yang dapat mencegah kerapuhan pada rambut.

Selain itu, kandungan antioksidan pada bayam dapat membantu mengatasi radikal bebas sehingga mendorong kolagen untuk terus regenerasi. Sekitar 30 gram bayam per porsi cukup membuat kalian mendapat manfaat vitamin A dan mineral penting di dalamnya.


5. Kacang almond

Kacang-kacangan seperti almond mengandung sumber antioksidan, Vitamin E, dan biotin yang tinggi. Berdasarkan riset, kerontokan rambut terjadi saat seseorang kekurangan biotin, sehingga mengkonsumsi kacang-kacangan secukupnya dapat menambah asupan biotin secara alami.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

3 Rekomendasi Parfum Lokal untuk Pria, dari Avicenna sampai Unke Naru

BERIKUTNYA

Penonton Coldplay, Cek Rute Transportasi Umum Menuju Stadion Gelora Bung Karno

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: