Ilustrasi rambut. (Dok. Tim Mossholder dari Unsplash)

Potongan Rambut Baru Enggak Sreg? Ini 5 Tips untuk Mengubahnya

23 June 2021   |   19:24 WIB

Setelah potong rambut di salon atau melakukannya sendiri, seringkali sebagian dari Genhype merasa ada kesan segar dan senang dengan tampilan baru setelah melakukannya.

Tapi di sisi lain, ada juga yang merasa bahwa hasil potongan rambut yang sudah dilakukan memiliki kesan yang kurang baik sehingga seringkali memicu perasaan kecewa.

Opsi memanjangkan rambut merupakan alternatif dari ini meski waktu untuk memanjangkan rambut tidaklah sebentar, sehingga Hypeabis.id memberikan beberapa tips untuk membetulkan rambut.

1. Tambahkan kopi pada shampoo
 

Ilustrasi kopi. (Dok. Mike Kenneally dari Unsplash)

Ilustrasi kopi. (Dok. Mike Kenneally dari Unsplash)

Menurut Healthline, kopi bisa mengembalikan panjangnya rambut dengan cara diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala sehingga risiko kerontokan berkurang sekaligus memicu penumbuhan rambut.

Selain itu, kopi juga bisa melindungi rambut dari zat dihydrotestosteron yang berperan dalam kerusakan folikel rambut serta membuat akar rambut lebih besar sehingga membuat rambut terkesan lebih tebal dan penuh.

2. Gunakan air cucian beras dua kali seminggu
 

Ilustrasi beras. (Dok. Matthew Lakeland dari Unsplash)

Ilustrasi beras. (Dok. Matthew Lakeland dari Unsplash)

Beberapa studi menunjukkan bahwa air cucian beras membantu penumbuhan rambut meski hal ini lebih didasarkan pada kebiasaan perempuan di Jepang pada periode Heian. Mereka diketahui memiliki rambut panjang, tebal, dan berkilau karena menggunakan bahan ini.

Enggak hanya itu, ternyata kandungan inositus dalam air beras juga membantu memulihkan kerusakan rambut dari dalam dan di saat yang sama juga mencegah kerusakannya.

Meski hasilnya tidak cepat, tapi penggunaan air beras yang konsisten dan dengan penggunaan yang sesuai anjuran bisa menghasilkan rambut yang indah.

3. Tata rambut dengan ikatan yang rendah
 

Ilustrasi menata rambut. (Dok. Adam Winger dari Unsplash)

Ilustrasi menata rambut. (Dok. Adam Winger dari Unsplash)

Tatanan rambut juga bisa menjadi cara untuk membetulkan rambut dengan potongan yang kurang baik, di mana gaya rambut yang disarankan untuk ini adalah dengan ikatan rambut ekor kuda dan kepangan rambut yang rendah dan longgar.

Tujuan dari ikatan ini adalah untuk mengurangi ketegangan pada kepala dan rambut serta menjaga proses pertumbuhan rambut.

4. Jalankan gaya hidup sehat
 

Ilustrasi olahraga. (Dok. Jonathan Borba dari Unsplash)

Ilustrasi olahraga. (Dok. Jonathan Borba dari Unsplash)

Selain dari penggunaan bahan pangan dan menggunakan tatanan rambut yang sesuai, gaya hidup sehat ternyata tetap punya pengaruh dalam mereparasi rambut yang rusak, terutama melalui olahraga.

Dengan berolahraga, sistem peredaran darah dalam tubuh bisa berjalan dengan baik sehingga mampu menyalurkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Meski efek dari olahraga terhadap pertumbuhan dan reparasi rambut tidak berdampak langsung, tapi setidaknya olahraga kardio bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental sehingga mengurangi hambatan dalam siklus pertumbuhan rambut.

5. Konsumsi makanan bernutrisi
 

Ilustrasi makanan sehat. (Dok. Jamie Street dari Unsplash)

Ilustrasi makanan sehat. (Dok. Jamie Street dari Unsplash)

Makanan yang mengandung biotin, zat besi, dan omega-3 bisa memengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala serta seluruh bagian tubuh. Makanan yang sehat bisa meningkatkan kekuatan rambut dan sirkulasi nutrisi ke kulit kepala.

Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala adalah stroberi, kacang pistachio, tiram, biji-bijian, jambu, kayu manis, daging tanpa lemak, dan sereal gandum utuh.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Daftar 12 Agensi K-Pop Terbaik, Bukan HYBE di Posisi Teratas

BERIKUTNYA

Ini 3 Tren Desain Interior untuk Hunian yang Lebih Stylish

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: