Ilustrasi. (Sumber foto: RODNAE Productions dari Pexels)

7 Tips Merawat Rambut Rusak

01 March 2022   |   19:13 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Tidak ada hal yang lebih menyebalkan selain memiliki kepala dengan rambut yang rusak. Berbagai proses styling hingga penggunaan sampo yang tidak cocok dapat menyebabkan rambut mengalami kerusakan hingga kehilangan kilau dan elastisitasnya.

Jika Genhype sedang pusing untuk mencari cara terbaik merawat rambut dengan kondisi seperti helai rambut kering, rambut rapuh, dan ujungnya bercabang karena panas dan pewarna, maka kalian akan membutuhkan tips dari ahli rambut berikut ini.

Perlu diketahui bahwa tidak ada yang bisa mengembalikan kondisi rambut yang patah atau bercabang. Namun, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk merawat tiap helai rambut dan mencegahnya mengalami kerusakan yang lebih parah.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut tips merawat rambut rusak.

1. Gunakan Shampo dan Kondisioner untuk Rambut Rusak

Langkah pertama adalah memilih sistem perawatan rambut yang diformulasikan khusus untuk rambut rusak. Keramas dan menggunakan kondisioner adalah perawatan dasar rambut apa pun kondisinya.

Para ahli menyarankan untuk menggunakan produk perawatan rambut yang lembut. Kalian mungkin perlu melakukan beberapa riset sebelum membeli sampo, kondisioner, minyak, dan serum. 

Pastikan Genhype membeli produk yang bebas sulfat, paraben, alkohol, pewarna, dan pewangi buatan. Cuci rambut secara teratur untuk menghilangkan kotoran, sebum dan sel kulit mati. Kalian juga bisa menggunakan perawatan deep conditioning yang mengandung bahan yang lebih kuat untuk.
 

2. Cuci Rambut dengan Air Hangat

Mandi dengan air panas rasanya memang nyaman, tetapi semua panas itu bisa berdampak buruk pada rambut, terutama jika Genhype memiliki rambut yang rusak. Air yang sangat panas dapat menghilangkan minyak esensial pada rambut, yang dapat membuatnya terasa lebih kering. 

Tips ini juga berlaku pada penggunaan alat styling seperti pengering rambut serta pelurus dan pengeriting rambut. Pastikan kalian menggunakan suhu serendah mungkin untuk mencegah kerusakan rambut akibat paparan panas secara langsung.
 

3. Sisir Rambut Sebelum Keramas

Rambut kusut dapat menyebabkan kerusakan serius. Untuk mencegah rambut rontok berlebihan, kalian bisa menyisir rambut sebelum keramas. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), rambut basah sangat rapuh dan rentan terhadap kerusakan. 

Untuk menghindari kusut saat mencuci rambut sebaiknya sisir rambut terlebih dahulu. Setelah keramas, keringkan rambut dengan handuk sebelum menyisirnya dan pastikan menggunakan wet brush atau sisir bergigi jarang.
 

4. Oleskan Serum Rambut

Serum berfungsi melindungi rambut dari alat penata rambut yang panas, mengontrol tekstur dan memberikan kilau pada rambut. Sebagai aturan umum, aplikasikan serum pada tengah rambut dan ujungnya. Hindari menggunakan serum pada kulit kepala karena dapat membuat rambut terlihat berminyak.
 

5. Potong Rambut 

Memotong rambut sekali dalam 6-8 pekan untuk menghilangkan atau mencegah ujung bercabang. Rambut bercabang jika tidak dirawat dapat menyebabkan rambut rapuh, kering, dan rusak.
 

6. Gunakan Masker Rambut

Para ahli menyarankan untuk menggunakan hair mask setidaknya 1-2 kali dalam satu pekan untuk memberikan rambut kelembapan ekstra. Masker rambut juga dapat menjaga warna tetap cerah pada rambut yang diwarnai.

Genhype juga bisa membuat masker rambut sendiri di rumah dengan bahan sederhana seperti:
  • Alpukat
  • Gunakan alpukat matang dan telur untuk membuat masker rambut dan biarkan selama 20 menit. Alpukat kaya akan vitamin, mineral, dan asam lemak - semua yang dibutuhkan untuk rambut sehat.
  • Pisang
  • Blender pisang dengan dadih atau campur dengan minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan beberapa saat. Kemudian cuci dengan sampo. Pisang mengandung karbohidrat, potasium, vitamin dan minyak alami yang dibutuhkan untuk menambah kelembapan pada rambut.
  • Telur
  • Gunakan putih telur dan setengah lemon untuk membuat campuran hingga teksturnya halus. Oleskan pada rambut dan tutup dengan shower cap selama 30 menit lalu bilas dengan sampo. Telur sarat dengan protein, vitamin A, D, dan E. Telur bekerja seperti kondisioner dan mengembalikan kilau yang hilang. Sementara lemon bersifat anti jamur dan membantu membersihkan sisa produk pada rambut.
 


7. Gunakan Minyak Rambut

Minyak kelapa adalah salah satu produk alami yang memiliki manfaat luar biasa untuk rambut. Kandungan pada minyak kelapa dapat menembus kutikula untuk memperbaiki kerusakan rambut.

Minyak zaitun dianggap sebagai agen pelembab yang sangat baik dan dapat membantu mengisi kembali kelembapan yang hilang dari rambut.

Minyak almond membantu dalam rehidrasi helai rambut kering dan mengurangi kusut.

Minyak argan diperkaya dengan vitamin E dan vitamin A untuk menghidrasi rambut dan mencegah kerusakan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Daftar KA Jarak Jauh yang Melayani Penumpang di Stasiun Cikarang

BERIKUTNYA

Tips Belajar di Luar Negeri dari Konten Kreator Xaviera Putri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: