(Sumber gambar: unsplash/Icons8team)

Frustasi dengan Rambut Lepek dan Berminyak? Ini Bahan Alami untuk Mengatasinya

07 November 2023   |   20:00 WIB

Selain rambut kering, rambut berminyak memang juga dapat menjadi masalah. Memiliki kulit kepala yang berminyak bisa memicu gatal hingga jamur penyebab ketombe. Memang, rambut dan kulit kepala menghasilkan minyak secara alami untuk melembapkan kulit kepala serta melindungi rambut.

Akan tetapi, minyak yang berlebih dan juga bercampur keringat hingga kotoran dapat menimbulkan masalah loh, Genhype.

Baca juga: Cara Merawat Warna Rambut Di Rumah agar Tetap Sehat

Rambut berminyak merupakan hasil dari sekresi sebum berlebih oleh kelenjar sebaceous di kulit kepala. Hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti, faktor hormon, genetik, terlalu lama terkena sinar matahari, jenis shampo yang tidak cocok, terlalu banyak makan yang berlemak, dan hal lainnya, seperti yang dikutip dari Self.

Jika Genhype merasa produk sampo anti lepek saja belum cukup membantu, mungkin kalian bisa mencoba beberapa bahan alami mengatasi rambut lepek dan berminyak seperti yang akan dibahas berikut ini.


1. Tea Tree Oil

Bahan alami untuk mengatasi rambut berminyak dapat menggunakan tea tree oil. Tea tree oil dikenal mampu mengendalikan jerawat dan juga memiliki kemampuan menyeimbangkan produksi sebum berlebih. Jika pori-pori tertumpuk oleh minyak berlebih dan kotoran, maka bisa menyebabkan berbagai kondisi kulit seperti jerawat kistik pada kulit kepala. 
 


2. Witch hazel

Bahan alami ini berguna sebagai astringent untuk kulit kepala. Astringents menyebabkan kontraksi jaringan tubuh, biasanya kulit. Dalam kasus cara menghilangkan rambut berminyak, ia membantu menutup pori-pori sehingga lebih sedikit minyak yang diproduksi. Ternyata, witch hazel memang direkomendasikan ke penderita jerawat yang memiliki kulit berminyak. Bahan alami ini juga dapat menghilangkan jamur.
 


3. Cuka Sari Apel

Jika diracik dan diencerkan dengan tepat, bilasan cuka sari apel dapat membantu menghilangkan penumpukan kotoran, menyeimbangkan pH kulit kepala, dan mengurangi kekusutan rambut.
Kalian bisa tuang 2-3 sdm cuka sari apel ke dalam secangkir air dan aduk hingga rata. Keramas dengan sampo seperti biasa, lalu bilas rambut dengan larutan cuka sari apel. Biarkan selama beberapa menit dan bilas dengan air.
 

4. Oatmeal

Siapa sangka bahan makanan ini bisa membantu menyerap semua minyak berlebih di rambut kalian. Ditambah anti-peradangan pada oatmeal juga dapat menenangkan kulit kepala dan rambut terasa lembut.
Caranya yaitu, siapkan oatmeal yang sudah dimasak dan oleskan secara merata ke kulit kepala. Diamkan selama 15 -20 menit dan cuci rambut dengan sampo hingga bersih.
 

5. Lidah Buaya

Pasti Genhype sudah tahu kalau lidah buaya sudah banyak digunakan untuk mengatasi masalah di rambut. Pada tanaman ini terdapat kandungan vitamin, mineral, dan enzim yang cukup ampuh menghilangkan minyak berlebih pada kulit kepala. Tidak sampai di situ, bahan alami ini juga bisa membantu detoksifikasi kulit kepala dari kotoran serta mengontrol sekresi minyak berlebih.

Baca juga: Tips Memiliki Rambut Indah Dengan Perawatan yang Mudah

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Perawatan Eyelash Extension Agar Bulu Mata Tahan Lama

BERIKUTNYA

Melihat Ekspresi Puisi Visual Seniman Arya Pandjalu dari Pameran Scratching Codes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: