Petualangan Sherina 2 menjadi salah satu film yang paling cepat mencapai box office (Sumber gambar: Siaran Pers)

9 Film Paling Cepat Capai Box Office Indonesia per Oktober 2023

06 October 2023   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi industri perfilman Indonesia, sebuah karya dapat dikatakan box office jika telah mencapai jumlah penonton jutaan orang. Sepanjang tahun ini, sampai dengan Oktober 2023, sejumlah karya sineas dari dalam negeri berhasil meraih satu juta penonton dalam waktu cepat.

Jumlah penonton yang mencapao jutaan film atau box office menjadi impian banyaj sineas di dalam negeri. Dengan begitu, film yang dibuatnya berarti berhasil diterima dan ditonton oleh banyak orang.

Baca juga: 11 Film Indonesia Tayang di Bioskop Oktober 2023, Genre Horor Dominan

Dalam penelusuran Hypeabis.id, setidaknya lebih dari lima karya anak bangsa berhasil mencapai jutaan penonton. Beberapa di antaranya bahkan tidak sampai satu minggu sudah berhasil menarik 1 juta orang datang ke bioskop.

Terbaru, film Petualangan Sherina 2 besutan Sutradara Riri Riza berhasil mencatatkan namanya dalam daftar box office film Indonesia setelah berhasil mencapai 1 juta penonton dan masih akan terus bertambah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut film-film karya sineas dalam negeri yang mampu mencatatkan penonton 1 juta dalam waktu singkat.


1. Sewu Dino (2023)

 

Farya sineas di dalam negeri ini mencapai box office paling cepat. Karya besutan Sutradara Kimo Stamboel itu berhasil mencapai satu juta penonton pada hari keenam penayangan di bioskop. Sewu Dino berkisah tentang seorang wanita lulusan SD bernama Sri yang memutuskan merantau ke kota. Sang ayah sempat mempertanyakan keputusan Sri yang terbilang nekat pergi jauh dari kampung. Namun tekad kuat Sri untuk mencari kerja ke luar kota lebih kuat. Dengan antusias, Sri pergi ke kota untuk bekerja dari agen penyalur tenaga kerja.

Sebelum masuk ke agen penyalur tenaga kerja tersebut, dia sempat menerima banyak pertanyaan aneh. Salah satunya adalah mengenai hari lahirnya yang ternyata jatuh pada Jumat Kliwon. Akhirnya, Sri bekerja dengan keluarga Atmojo sebagai perawat keluarganya. Di rumah keluarga itu, dia harus merawat seorang korban santet bernama Della, seorang pelajar menengah atas yang menderita sakit yang tidak bisa dijelaskan secara medis.


2. Petualangan Sherina 2

 

Dirilis pada 28 September 2023, Petualangan Sherina 2 berhasil mencapai box office Indonesia dalam 7 hari. Pencapaian ini sudah sesuai dengan ekspektasi mengingat film pertamanya pada 2000 silam menjadi salah satu film sukses di dalam negeri. Petualangan Sherina 2 bercerita tentang pertemuan kembali 2 sahabat lama yang terpisah cukup lama. Keduanya menjalani petualangan di hutan Kalimantan dalam menyelematkan anak orang utan yang menjadi korban penculikan.

Film ini masih dibintangi oleh Sherina Munaf dan Derby Romero. Tidak hanya itu, sejumlah pemain baru seperti Isyana Sarasvati juga memberikan kesegaran dalam film ini.
 

3. Suzzanna: Malam Jumat Kliwon

 

Remake dari judul yang sama menjadi salah satu film yang paling cepat menyentuh box office Indonesia. Karya yang dibintangi oleh Luna Maya ini mampu mengantongi jutaan penonton datang ke bioskop dalam 7 hari. Suzzanna: Malam Jumat Kliwon berkisah tentang seorang perempuan bernama Suzzanna yang meninggal setelah melahirkan anak yang dikandungnya. Tidak seperti kebanyakan wanita, dia melahirkan melalui punggung.

Kondisi tersebut dapat terjadi lantaran Suzzanna menjadi korban santet. Kematian yang tidak wajar itu membuatnya menjadi hantu bernama sundel bolong yang mengerikan lantaran punggungnya yang bolong. Tidak hanya itu, dia juga membalas dendam kepada musuh-musuhnya guna melindungi sang anak. 


4. Kisah Tanah Jawa : Pocong Gundul

 

Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul menjadi karya lainnya yang juga berhasil tembus box office Indonesia. Karya ini bahkan dapat mencapai jutaan penonton dalam delapan hari sejak penayangan perdananya.

Kisah film ini bermula dari Hao (Dewa Mahenra) yang memiliki kemampuan retrokognisi yang memungkinkannya melihat kejadian masa lalu. Dengan kemampuannya, Hao berniat menolong Sari (Nayla D Purnama), siswa SMK yang diculik hanti pocong gundul.

Dengan bantuan Rida (Della Dartyan), Hao berhasil menyelamatkan Sari. Namun, tindakan tersebut justru memicu kemarahan Pocong Gundul. Dari sini, berbagai kejadian teror pun dimulai.

Dengan kemampuan retrokognisinya, Hao lalu mencoba mengurai masalah yang ada, termasuk mencari siapa sebenarnya sosok pocong gundul yang belakangan diketahui bernama Walisdi tersebut. Dia juga berusaha untuk menghentikan teror yang terus terjadi.
 

5. Waktu Maghrib

 

Film lain garapan sineas dalam negeri yang juga berhasil mencapai box office, Waktu Maghrib. Karya dari Sutradara Sidharta Tata itu berhasil meraih 1 juta penonton di dalam negeri dalam 10 hari. Film ini mengajak penonton untuk menyelami berbagai mitos yang beredar di masyarakat. Salah satunya mengenai teror supernatural akibat sebuah sumpah yang dilontarkan oleh seseorang menjelang maghrib tiba.

Film ini juga menjadi debut Sidharta dalam menyelami sinema horor. Sebelumnya sutradara, produser, dan penulis skenario ini sudah mengerjakan berbagai proyek film pendek dan series, salah satunya Pertaruhan The Series (2022).

Baca juga: 12 Film & Serial yang Bakal Tayang Oktober 2023 di Prime Video
1
2


SEBELUMNYA

Jennie BLACKPINK Kolaborasi dengan Mangaka Naoko Takeuchi di Single Baru You & Me

BERIKUTNYA

Penyanyi Maira Bagikan Cerita di Balik Proses Produksi Single Debut Tak Semanis Dulu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: