Ilustrasi diabetes (Sumber gambar: Freepik)

Kumpulan Ucapan Bermakna untuk Memperingati Hari Diabetes Sedunia

14 November 2023   |   08:28 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hari Diabetes Sedunia diperingati pada 14 November setiap tahunnya. Peringatan tahunan ini dimaksudkan untuk menjadi pengingat sekaligus momentum untuk mengedukasi, menginformasikan, dan meningkatkan kesadaran tentang penyakit diabetes yang belakangan mulai diderita kalangan usia muda..

Sejarah peringatan Hari Diabetes Sedunia bisa dilacak sejak era 1990-an. Kala itu, Organisasi Internasional Diabetes Foundation (IDF) menggandeng World Health Organization (WHO) untuk menginisiasi 14 November sebagai Hari Diabetes Sedunia.

Mengutip laman resmi WHO, peringatan itu dinilai penting sebagai respons terhadap meningkatnya kekhawatiran mengenai ancaman kesehatan dan ekonomi yang timbul akibat diabetes. Selain itu, dipilihnya 14 November sebagai hari peringatan diabetes juga untuk menghormati Sir Frederich Banting, tokoh kesehatan yang menemukan insulin pertama kali pada 1922.

Baca juga: Sambut Hari Diabetes Sedunia, Begini 5 Cara Meminimalisir Penyakitnya

Oleh karena itu, 14 November dinilai menjadi momentum yang tepat untuk melakukan kampanye besar demi meningkatkan kesadaran masyarakat terkait penyakit yang cukup banyak dialami warga di seluruh dunia ini.

Kampanye tersebut juga bertujuan untuk menjadi platform mempromosikan upaya advokasi IDF sepanjang tahun. Selain itu, diharapkan juga bisa mempromosikan pentingnya mengambil tindakan terkoordinasi dan terpadu untuk menghadapi diabetes sebagai masalah kesehatan global.

Meski sudah diinisiasi sejak 1991, PBB baru meresmikan gerakan ini pada 2006 dengan disahkannya Resolusi PBB 61/225. Kampanye ini umumnya diwakili oleh logo lingkaran biru yang diadopsi pada 2007 setelah disahkannya Resolusi PBB tentang diabetes. 

Lingkaran biru merupakan simbol global kesadaran diabetes. Hal ini menandakan kesatuan komunitas diabetes global dalam menanggapi epidemi diabetes.

Setiap tahun, kampanye Hari Diabetes Sedunia berfokus pada tema khusus yang berlangsung selama satu tahun atau lebih. Tema Hari Diabetes Sedunia 2021-23 adalah Akses terhadap Perawatan Diabetes.

Bagi masyarakat umum, ada berbagai cara untuk ikut mengikuti peringatan Hari Diabetes Sedunia ini. salah satunya ialah dengan mengucapkan kata-kata tentang Hari Diabetes Sedunia kepada rekan, keluarga, atau orang yang dicintai.

Selain itu, Genhype juga bisa menyebarkan kata-kata positif terkait diabetes di media sosial sebagai bentuk kampanye dan penyadaran bersama tentang bahayanya diabetes.

Berikut adalah sejumlah ucapan yang cocok untuk memperingati Hari Diabates Sedunia 2023:

1. Mari saatnya menjauhi makanan yang mengandung gula karena bisa mengakibatkan penyakit diabetes. Ayo sama-sama rayakan Hari Diabates Sedunia dengan memulai hidup sehat.

2. Peringatan Hari Diabetes Sedunia 2023 menjadi momentum bersama untuk hidup lebih teratur. Jangan biarkan diabetes merusak hidup dan kebahagiaan kita.

3. Cukup senyummu saja yang manis, jangan darahmu. Sebab, diabetes bisa dihindari! Semoga kita selalu bisa menjaga pola hidup sehat.

4. Peringatan Hari Diabetes Sedunia menjadi pengingat penting bahwa kita perlu menjaga diri dari penyakit yang mengancam kehidupan ini.

5. Ayo kelola kadar gula darah Anda sekarang juga! Selamat Hari Diabetes Sedunia untuk kita semua.
Mari mulai hidup sehat dengan makan sayur, berolahraga setiap hari, minum air, dan tidak terlalu sering mengonsumsi gula. Selamat Hari Diabetes Sedunia!

6. Dunia yang bebas dari diabetes bukanlah cerita fiksi. Kita bisa mewujudkannya dengan menerapkan pola hidup sehat.

7. Diabetes adalah pembunuh diam-diam. Jangan biarkan penyakit ini merusak hidup Anda atau orang-orang yang Anda cintai. Mari sama-sama saling mengingatkan!

8. Diabetes bukanlah sebuah halangan bagi penderitanya. Ini adalah jalan untuk memperjuangkan kehidupan yang lebih sehat. Mari bersama-sama saling mendukung dan memperbaiki pola hidup sebelum terlambat.

9. Setiap langkah kecil dalam perawatan diabetes merupakan hal baik yang harus diperjuangkan. Diabetes bukan akhir cerita, mari kita mulai merawat tubuh lebih sehat.

10. Sebarkan edukasi dan pemahaman diabetes ke semua orang. Hari ini adalah momentum untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya diabetes

11. Membatasi konsumsi gula adalah investasi untuk kesehatan jangka panjang. Selamat Hari Diabetes Sedunia!

12. Jauhi kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis karena dapat menyebabkan diabetes. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan!

Baca juga: Rawan Kena Asam Urat & Hipertensi, Penderita Diabetes Wajib Ikuti 6 Kiat Ini

13. Gula bukan sumber kebahagiaan, konsumsi secukupnya saja ya! Semoga hidupmu selalu diberi kebaikan dan kebahagiaan dari hal-hal yang luhur.

14. Ada begitu banyak nyawa yang hilang setiap tahun karena diabetes. Mari membuat orang sadar terhadap penyakit gula ini agar tak ada kabar sedih selanjutnya.

15. Diabetes bisa membuat hidup tidak nyaman dan bahagia. Mari berjuang melawan penyakit ini dengan kurangi konsumsi gula!

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cek Daftar 5 Besar Film, Aktor & Aktris Kategori Pilihan Penonton FFI 2023

BERIKUTNYA

Tiket Konser Coldplay Jakarta 2023 Boleh Pindah Tangan dengan Surat Kuasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: