Kendaraan listrik bebas aturan dari ganjil - genap (sumber gambar ilustrasi: pexels/Mike B)

Tertarik Beli Kendaraan Listrik? Ini Ragam Keuntungan yang Bisa Didapatkan

09 August 2022   |   17:12 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kendaraan listrik menjadi kian populer di dalam negeri sejalan dengan kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan dan keberlanjutan. Di sisi lain, banyak perusahaan otomotif yang beroperasi di dalam negeri pun mulai menghadirkan kendaraan listrik, yang bisa menjadi pilihan alternatif atau utama penggunanya. 

Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Co-Founder Lifepal Benny Fajarai menuturkan bahwa ada banyak keuntungan yang dapat diterima oleh masyarakat, ketika mereka memilih untuk membeli kendaraan mobil listrik, seperti bebas dari aturan pembatasan kendaraan berupa ganjil dan genap. Berikut ini adalah ragam keuntungan yang bisa didapatkan : 

Baca Juga : Google Catat Animo Masyarakat Terhadap Kendaraan Listrik Tumbuh Tinggi 


Bebas Dari Aturan Ganjil-Genap

Keuntungan pertama, bahwa pemerintah memberikan kebebasan terhadap pengguna kendaraan mobil listrik dari aturan ganjil dan genap di wilayah Jakarta, selain insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) juga diberikan. 

Sebagaimana diketahui, pemberlakuan aturan ganjil-genap dilakukan untuk mengurangi pencemaran udara yang sangat parah. Selain itu, aturan ini dilakukan guna mengurangi kemacetan dengan menerapkan pola nomor pelat kendaraan sesuai dengan tanggal di ruas jalan tertentu. 

Adapun, kendaraan bertenaga listrik misalnya mobil listrik tidak menyebabkan polusi udara. Jadi, kendaraan mobil listrik mendapatkan pengecualian dari kebijakan ini. Pembebasan mobil listrik dari aturan ganjil-genap juga sebagai salah satu upaya mendorong agar banyak masyarkat menggunakan mobil jenis itu. 
 

Bebas Pajak Balik Nama Kendaraan

Keuntungan lain yang dapat diperoleh oleh masyarakat ketika membeli mobil listrik adalah pembebasan pajak balik nama mobil. Kebijakan ini diumumkan seiring berlakunya Undang-undang No. 1/2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah atau UU HKPD.

Baca Juga : Mau Beli Mobil Listrik? Yuk Cek Harganya dari yang Termurah hingga Termahal 
 

Ramah Lingkungan 

Kendaraan listrik memiliki kadar emisi yang sangat rendah, jika dibandingkan dengan mobil-mobil konvensional atau berbahan bakar fosil, yang banyak digunakan sehari-hari. Kondisi tersebut membuat mobil listrik lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Jadi, selain ramah lingkungan, penggunaan kendaraan mobil listrik itu juga akan lebih efisien dan hemat biaya di jalanan perkotaan.
 

Suku Cadang Lebih Sedikit 

Meskipun tidak menggunakan bahan bakar bensin, kendaraan mobil listrik tetap membutuhkan perawatan berkala. Namun, Berbeda dengan kendaraan mobil berbahan bakar bensin, mobil listrik memiliki perawatan yang lebih mudah lantaran memiliki jumlah suku cadang atau spare part yang lebih sedikit.

Jumlah suku cadang yang lebih sedikit membuat biaya servis kendaraan mobil listrik jauh lebih murah, beberapa perusahaan mobil bahkan memberikan layanan servis gratis. Kondisi ini berbeda dengan biaya servis mobil konvensional yang lebih kompleks karena punya suku cadang yang lebih banyak.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resensi Buku, Mengusut Konspirasi Rusia

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik The Zone: Survival Mission, Variety Show Terbaru di Disney+

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: