Ilustrasi rumah berkonsep mezanin. (Sumber gambar: Bumi Mulia Property)

Desain Rumah Berlahan Minim dengan Mezanin, Simak Kelebihan & Kekurangannya

13 November 2023   |   18:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rumah dengan lahan yang minim bukan menjadi penghalang bagi kalian untuk memiliki banyak ruang multifungsi dalam hunian. Hal itu bisa kalian wujudkan dengan menerapkan konsep mezanin dalam rumah. Selain berfungsi sebagai ruang tambahan, mezanin juga dapat membuat interior rumah terlihat lebih menarik.

Mezanin adalah salah satu konsep desain interior dan arsitektur yang semakin populer di kalangan masyarakat. Terutama bagi mereka yang ingin mencari cara lebih kreatif, dalam memaksimalkan pemanfaatan ruang di dalam rumah. Terlebih, dalam menerapkan mezanin, kalian tidak harus melakukan rekonstruksi bangunan besar-besaran, plus tidak akan merusak desain rumah yang sudah ada.

Baca juga: 5 Ide Desain Tangga Industrial Kekinian, Cocok untuk Rumah Minimalis

Sebelumnya, mezanin lebih banyak digunakan untuk bangunan pergudangan dan pabrik, karena gedung seperti itu biasanya memiliki atap atau plafon yang tinggi. Namun, kini mezanin juga sering digunakan di gedung perkantoran, gereja, toko, ruang pertunjukan, apartemen, hotel, hingga hunian.

Mengutip dari laman Binus University School of Design, istilah mezanin berasal dari bahasa Italia yakni mezzo yang berarti bagian tengah. Oleh karena itu, istilah mezanin merujuk pada  sisi tambahan dalam hunian yang berada di antara lantai dasar dan plafon atap bangunan. Dengan kata lain, mezanin adalah bagian yang berbentuk seperti lantai tambahan, tetapi letaknya berada dalam ruangan.
 



Co-founder & CEO Gravel Georgi Ferdwindra Putra menjelaskan rumah mezanin adalah konsep bangunan dengan lantai tambahan atau lantai perantara di antara dua lantai utama bangunan. Seringkali mezanin berbentuk terbuka ke lantai di bawahnya dan tidak meliputi seluruh luas lantai. Lantai ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti kamar tidur tambahan, ruang kerja, perpustakaan, ruang santai, atau ruang keluarga.

Menurut Georgi, konsep rumah mezanin dapat menjadi solusi untuk hunian berlahan terbatas dengan memaksimalkan ruang vertikal yang ada. Konsep ini, lanjutnya, sangat berguna di ruang dengan plafon tinggi karena memungkinkan kita untuk menciptakan lantai tambahan, tanpa perlu membangun lantai penuh baru atau memperluas tapak bangunan.

Selain itu, mezanin juga menambah nilai estetika pada interior dengan memberikan karakter dan dimensi tambahan pada ruangan. "Dalam desain yang baik, mezanin mampu berintegrasi dengan dalam arsitektur keseluruhan, dan menjadi focal point dalam sebuah ruang berkat desainnya yang unik dan interaksi visual antar lantai," katanya.


Kelebihan & Kekurangan Konsep Desain Mezanin

Menerapkan mezanin di rumah merupakan salah satu solusi yang tepat untuk memaksimalkan area dan membuat ruangan lebih multifungsi. Beberapa orang menggunakannya sebagai area bermain anak, ruang menonton, hingga kamar tidur cadangan. Semua fungsi tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya.

Sebelum menerapkan mezanin, yuk simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.


Kelebihan Mezanin

1. Memaksimalkan pemanfaatan ruang
Rumah mezanin memungkinkan penggunaan optimal ruang vertikal di dalam rumah, tanpa memerlukan perluasan horizontal pada bangunan. Hal ini menjadi solusi efektif untuk rumah-rumah dengan lahan terbatas

2. Ruang fungsional tambahan
Lantai mezanin dapat digunakan sebagai ruang fungsional tambahan sesuai kebutuhan. Kalian dapat mengubahnya menjadi kamar tidur tambahan, ruang kerja, atau ruang hobi, sehingga memberikan fleksibilitas dalam penggunaan ruang.

3. Visual yang menarik
Mezanin juga memberikan visibilitas pemandangan ke lantai utama, menciptakan nuansa ruang yang lebih terbuka dan terhubung. Tata letak seperti ini memberikan cahaya alami lebih banyak, sehingga menciptakan efek visual yang menarik.

4. Ciptakan ruang privasi
Jika lantai mezanin digunakan sebagai kamar tidur tambahan, ini memberikan tingkat privasi yang lebih tinggi daripada ruang utama. Selain kamar tidur, kalian tentu bisa menciptakan ragam ruang pribadi lainnya sesuai dengan kebutuhan.

5. Desain menarik
Rumah mezanin sering dianggap sebagai desain yang menarik dan estetis. Pasalnya, lantai tambahan ini menciptakan elemen desain yang unik dan dapat menambah karakter visual ke dalam rumah.

6. Fleksibilitas ruang
Lantai mezanin cenderung memiliki fleksibilitas dalam penggunaannya. Kalian dapat mengubah fungsinya seiring waktu, dan memastikan bahwa rumah tetap beradaptasi dengan perubahan kebutuhan keluarga.
 
 

Kekurangan Mezzanine

1. Membutuhkan tangga
Untuk mencapai ruang mezanin, kalian tentunya memerlukan tangga atau akses yang sesuai. Kebutuhan ini bisa memakan sebagian besar ruang di lantai utama, sehingga perlu dipertimbangkan dengan matang dalam perencanaan pembangunannya.

2. Potensi keterbatasan ruang
mezanin dapat menciptakan kesan kamar yang lebih kecil di lantai utama karena lantai tambahan di atasnya. Kondisi ini mungkin bukan pilihan yang baik jika kalian tetap menginginkan tampilan ruang yang luas dan terbuka.

3. Biaya tambahan
Membangun mezanin memerlukan biaya tambahan, termasuk biaya konstruksi, perencanaan, dan pemasangan tangga. Oleh karena itu, sebelum membangun mezanin, diperlukan perencanaan bujet yang matang.

4. Tingkat keamanan
Keamanan adalah pertimbangan utama ketika ada lantai tambahan di dalam rumah. Oleh sebab itu, lantai mezanin harus dibangun sesuai standar keamanan yang berlaku, termasuk peringatan darurat dan keluar yang sesuai. Terlebih, jika di dalam rumah ada anak-anak, mezanin harus dipastikan benar-benar teraplikasi dengan baik dan aman.


Perencanaan Pembangunan Mezanin

Georgi menuturkan dalam perencanaan pembangunan rumah berkonsep mezanin maupun renovasi rumah dengan penambahan lantai mezanin, terdapat sejumlah persyaratan kunci yang perlu dipenuhi agar lantai tambahan tersebut dapat berfungsi secara optimal.

Salah satu aspek utamanya adalah memperhatikan luas ruangan dan tinggi bangunan. Biasanya, rumah mezanin akan memanfaatkan sekitar sepertiga dari total ruang di rumah. Agar pembangunannya tepat, perencanaan harus dilakukan dengan sangat akurat.

"Keterlibatan tukang bangunan yang berpengalaman dan berpengetahuan juga menjadi penting dalam menjalankan proyek rumah mezanin ini," katanya.

Menurutnya, membangun rumah mezanin memerlukan upaya dan perencanaan yang lebih intensif dibandingkan dengan rumah konvensional. "Kolaborasi antara konsep yang sederhana namun kompleks adalah kunci keberhasilan dalam membangun rumah mezanin berkualitas," terangnya.

Baca juga: 4 Manfaat Mezzanine untuk Restoran dan Kafe

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

D.O EXO Perankan Tokoh Antagonis dalam di Drama Sculpture City

BERIKUTNYA

Meneroka Makna Waktu & Peradaban Lewat Karya Seni di Pameran Titimangsa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: