Ilustrasi mezzanine pada restoran. (Sumber gambar: Pexels)

4 Manfaat Mezzanine untuk Restoran dan Kafe

20 June 2022   |   13:45 WIB

Jika kalian berkunjung ke sebuah restoran yang memiliki dua lantai dengan lantai atas yang terletak di antara lantai dasar dan atap, biasanya gedung dari restoran atau kafe tersebut memiliki tempat yang dirancang dengan konsep mezzanine.

Selain restoran, mezzanine awalnya diaplikasikan untuk bangunan komersial lainnya, misalnya pusat perbelanjaan, perkantoran, dan bangunan industri. Pengaplikasian mezzanine pada gedung komersial bertujuan untuk menambah ruang pada area yang terbatas, dengan konsep serupa dengan balkon.

Baca juga: 5 Kiat Membuat Mezzanine di Rumah Mungil

Pembangunan mezzanine di setiap lokasi idealnya mengandalkan pada konstruksi yang menyesuaikan dengan arsitektur dari gedung, konsep interior, hingga fungsi dari ruangan mezzanine.

Berbeda dengan mezzanine untuk rumah yang bisa dimanfaatkan untuk beberapa jenis ruangan seperti kamar tidur, ruang bermain, atau perpustakaan, mezzanine untuk restoran memiliki beberapa manfaat seperti berikut ini.
 

1. Ruang tambahan jamuan makan dan minum.

Melansir FSR Magazine, mezzanine dapat menjadi opsi ketika sebuah restoran, kafe, atau tempat makan dan minum yang memiliki keterbatasan ruang dan kapasitas. Selain opsi relokasi dan penambahan ruang di satu lantai, mezzanine dinilai menjadi solusi ketimbang mencari properti tambahan.

Mezzanine bisa dibangun untuk tempat tambahan dalam sebuah restoran atau kafe, misalnya untuk meletakkan lebih banyak meja dan kursi, tempat tambahan yang didesain untuk kategori menu tertentu seperti bar atau dapur kedua. Kehadiran ruang ini diharapkan meminimalkan disrupsi karena keterbatasan ruang.

Tidak hanya itu, mezzanine sebagai ruang tambahan juga bisa didesain serupa dengan konsep restoran secara keseluruhan atau khusus melalui penggunaan lampu dengan warna lebih hangat hingga perabotan yang lebih ringan dibandingkan lantai bawahnya.
 

2. Tempat penyimpanan barang atau stok makanan

Dikutip dari MezzFloors UK, mezzanine juga bisa menjadi tempat penyimpanan khusus untuk meningkatkan kapasitas stok barang. Untuk restoran, ruangan ini bisa dikombinasikan dengan penyimpanan fasilitas karyawan atau difokuskan pada unit individu untuk penyimpanan barang-barang restoran atau kafe.

Mezzanine bisa dimanfaatkan untuk memanfaatkan ruang secara maksimal tanpa harus merelokasi tempat penyimpanan. Beberapa contoh dari penyimpanan ini meliputi stok makanan, peralatan makanan dan minuman, serta peralatan memasak dan meracik minuman.
 

3. Ruangan khusus pengunjung

Dalam beberapa restoran, kafe, atau bar, mezzanine biasanya dialokasikan sebagai ruangan privat sejenis ruangan VIP atau ruangan yang disewakan untuk acara-acara dengan kapasitas kecil maupun besar. Ruangan ini variasi fungsi dari tempat pertemuan, pesta kecil, hingga acara khusus lainnya.

Selain itu, ruangan ini juga bisa menjadi lokasi untuk menunggu tamu berikutnya yang ingin menunggu meja yang siap ditempati. Alternatif lainnya adalah menjadikan ruang tambahan untuk jamuan makan.


Baca juga: Tertarik Tinggal di Apartemen Studio? Simak Kiat Praktis Menata Interiornya
 

4. Ruangan operasional untuk karyawan

Meski biasanya ruangan operasional untuk karyawan terletak di bagian belakang atau samping gedung restoran atau kafe, mezzanine bisa jadi alternatif untuk ruang operasional tambahan seperti laci atau locker, ruangan ganti pakaian, dan ruangan operasional seperti kantor kecil untuk karyawan manajemen.

Penggunaan mezzanine untuk operasional staf bisa memaksimalkan lantai dasar yang diperuntukkan bagi tamu atau pelanggan yang datang, mulai dari meja dan kursi, toilet pengunjung, hingga ruangan privat.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Penggemar K-Pop Merapat! Konser We Are All One Bakal Digelar di Jakarta November Ini

BERIKUTNYA

Cara Memilih & Menata Karpet Agar Rumah Terasa Lebih Nyaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: