ilustrasi desain interior tangga (sumber gambar Usplash/Infinite Views)

5 Ide Desain Tangga Industrial Kekinian, Cocok untuk Rumah Minimalis

20 December 2022   |   18:29 WIB

Tangga di dalam rumah memiliki peranan penting untuk membawa penghuninya dari satu lantai ke lantai lain. Seiring berjalannya waktu, ide desain tangga juga semakin beragam. Salah satu yang populer adalah tangga industrialis, yang kini banyak diterapkan di rumah berkonsep minimalis. 

Selain menonjolkan ciri khas yang kuat, tangga industrial juga bisa menjadi tambahan elemen yang unik untuk sebuah ruangan. Memanfaatkan berbagai material, desain, dan ide dekorasi tangga industrial membuat interior jadi semakin elegen, selain tentunya punya fungsi yang penting bagi penghuni rumah. 

Nah, bagi Genhype yang ingin membuat hunian bertingkat dan ingin mengaplikasikan tangga di rumah kalian, yuk simak ide desain tangga industrial dari Hypeabis.id dalam ulasan berikut.

Baca juga7 Desain Kamar Tidur Minimalis, Ruangan Tampak Luas & Nyaman
 

1. Desain Tangga Besi Minimalis 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kartika HK (@rumah.bg)


Ide desain tangga industrial di atas bisa jadi pilihan yang tepat jika Genhype tidak ingin menerapkan konsep yang terlalu rumit di hunian kalian. Berbentuk lurus sederhana, tangga dengan rangka utama besi dan pijakan dari kayu itu tentunya akan membuat ruangan kalian jadi lebih elegan.

Keunikan dari tangga dengan desain ini dalah akan terlihat seperti segitiga siku-siku jika dilihat dari arah samping. Selain itu, dengan railling-nya yang terbuat dari besi mesh dengan permukaan berlubang juga akan semakin menonjolkan industrial di ruangan kalian.
 

2. Desain Tangga Industrial Baja 

 

Konsep ide desain tangga industrial memang identik dengan penggunaan material baja dengan warna-warna gelap. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga Genhype mengecat tangga industrial seperti gambar di muka. Hal tersebut tentu akan membuat hunian kalian memiliki karakter yang khas.

Selain itu, kamu pun bisa memadukan dengan dinding semen ekspos atau mengecat tembok rumah dengan warna senada seperti abu-abu, atau krem untuk memberikan tampilan yang lebih menawan. Untuk menjamin keamanan kalian juga bisa menambahkan besi mesh berlubang di bagian tepinya. 
 

3. Desain Tangga 'L' di Ruang Tengah

 

Bagi yang ingin membuat desain tangga yang tidak terlalu banyak memakan tempat, ide desain tangga berbentuk 'L' di atas juga bisa diaplikasikan di dalam rumah. Terutama apabila kalian ingin memposisikan tangga tersebut di ruangan tengah atau ruang tamu.

Genhype juga tidak perlu menutup bagian bawah tangga dengan pondasi. Sebab area kosong itu juga bisa digunakan untuk meletakkan berbagai perabot, termasuk rak buku, kabinet, hingga tanaman hias yang pastinya dapat membuat dekorasi ruang jadi lebih estetik. 
 

4. Desain Tangga Melayang

 

Ide lain yang bisa diterapkan adalah desain tangga melayang dengan mengunakan material kayu dan besi seperti gambar di atas. Dalam penerapannya Genhype hanya perlu menanam ujung anak tangga ke dalam dinding agar kemampuannya menahan beban terjamin.

Adapun, untuk menjaga keamanan kalian juga bisa menambahkan railing besi memanjang untuk dikaitkan di bagian ujung lain, terutama pada anak tangga bagian atas. Railling tersebut juga bisa berfungsi sebagai pegangan sekaligus pembatas tepi tangga.
 

5. Desain Tangga Kayu Tanpa Railling

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by yazz (@blogyazid)


Ingin memiliki desain tangga industrial yang lebih terbuka? Maka tangga kayu seperti gambar di atas bisa jadi ide pilihan untuk diterapakan di hunian kalian. Berukuran kecil dan tanpa railling, Genhype akan tetap aman dengan memasang pegangan besi di tembok agar tetap memiliki tumpuan saat naik atau menuruni tangga.

Dengan desain kayu di atas, kamu juga tidak perlu mengubungkan setiap anak tangga dengan pondasi tambahan. Cukup memastikan saja bahwa rangka utama dari tangga tersebut sudah kokoh untuk menahan beban berat orang yang akan melewatinya.

Baca jugaPunya Lahan Terbatas, Yuk Intip Inspirasi 5 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Ala Jepang

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

 
SEBELUMNYA

3 Serial Original Genflix Siap Meluncur, Usung Genre Drama Romantis

BERIKUTNYA

3 Ide Dekorasi Pintu Menyambut Natal, Simpel tapi Meriah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: