Contoh ruang mezanin (Sumber gambar: Aaron Huber/Unsplash)

Cek 8 Cara Ini Sebelum Membangun Mezanin di Dalam Rumah

12 September 2022   |   19:30 WIB

Like
Sekarang ini lagi tren rumah satu lantai rasa dua lantai. Kok bisa? Ya bisa saja, namanya juga usaha. Mengenai rumah rasa dua lantai ini biasanya didesain dengan level tambahan di dalamnya. Lantai tersebut dibuat tidak menyeluruh, melainkan hanya separuh ruangan. Inilah lantai mezanin.

Istilah mezanin merujuk pada lantai yang letaknya berada di antara lantai dasar dan lantai atas. Mezzanine dianggap sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan ruang tanpa harus membongkar bagian atas rumah atau bangunan.

Ditambah dengan fakta bahwa saat ini sejumlah bangunan cenderung didesain dengan bentuk minimalis, menyesuaikan kondisi lahan yang semakin sempit.

Baca juga Butuh Ruang Santuy di Rumah? Coba Desain Mezanin

Baik, kalau begitu bagaimana cara membangun mezanin di dalam rumah? Tenang saja, Hypeabis sudah himpun tipsnya untuk kalian, yang dihimpun dari Bisnis Indonesia Weekend dan Houzz.co.uk. Seperti apa? Let's cekidot. 
 

1. Kenali Ruangmu

Perlu kalian ketahui bahwa tidak semua ruang cocok untuk mezanin. Misalnya, ruang yang memiliki ukuran sempit, di area tersebut sukar dibangun mezanin karena terbatas. Sekarang kalian cek deh, di mana ruang yang luas untuk membangun mezanin. 

Sebagai gambaran, kalian memerlukan minimal 2,2 meter di bawah platform mezanin, ditambah ketebalan lantai 250 milimeter, kemudian minimal 1,6 meter hingga 1,8 meter ke bagian atas mezanine. 

Di sisi lain, tidak ada regulasi khusus mengenai pembangunan mezanin. Namun, kalian pastikan bahwa elemen tambahan ini tidak mengganggu struktur bangunan yang sudah ada. 
 

2. Perhatikan Kegunaan

Hal yang perlu diperhatikan saat merancang mezanin adalah perhitungan struktural dan kegunaan ruang. Semakin banyak beban di mezanin, maka perlu diimbangi dengan penguatan strukturnya. Kalian boleh saja menaruh seperangkat alat musik dan sound system, asalkan struktur mezanin kuat menahan beban tersebut. 

Soal penentuan letak, mezanin idealnya berada di atas ruang tamu, karena di area tersebut tidak membutuhkan langit-langit tinggi atau banyak sinar matahari seperti dapur atau kamar mandi. Di lokasi tersebut, mezanin juga bisa difungsikan sebagai kamar tidur, ruang belajar, atau perpustakaan. 
 

3. Cek Lagi Atap Kalian

Nah, terdapat salah satu saran bahwa mezanin terbaik dibuat di ruang atap atau loteng. Sebab, kalian tidak perlu lagi mengubah bangunan, melainkan hanya memperkuat atau meningkatkan struktur bangunan tersebut. Kalian tinggal memilih konsep yang sesuai selera, selanjutnya tinggal ditambahkan penerangan. 
 

4. Tempat Bermain Anak-anak

Salah satu fungsi mezanin yang bisa dicoba adalah ruang atau kamar bermain anak. Kalian bisa menaruh berbagai furnitur atau aksesoris terkait dengan anak. Ketika mereka harus menaiki tangga menuju ruang tersebut, maka hal itu akan menjadi kesenangan tersendiri bagi mereka.   

Ada kesan petualang bagi anak-anak di sana. Hanya, perlu diperhatikan adalah aspek keamanan dan keselamatan. Kalian wajib memastikan bahwa ada pagar di bagian tangga atau ruang mezanin. 
 

5. Rencanakan Seawal Mungkin

Bagi kalian yang ingin membangun rumah, ada baiknya pikirkan soal mezanin. Semakin direncanakan sedini mungkin, maka akan lebih baik. Sebab, dengan perencanaan di awal maka desain bangunan akan disesuaikan dengan mezanin. Berbeda jika di tengah jalan kalian baru membangun mezanin, maka akan ada beberapa perubahan bentuk bangunan. 

Namun, jangan khawatir buat kalian yang belum punya mezanin, belum terlambat kok. Siapkan saja konsep mezaninnya, dan tentu bujet untuk membangun. 
 

6. Akses Menuju Mezanin

Selain struktur, elemen lain yang perlu diperhatikan juga adalah akses menuju mezanin. Kalian perlu memastikan bahwa tangga atau akses menuju ke sana mudah dan aman. Mudah artinya pengguna tidak perlu repot-repot untuk menuju kesana. Adapun aman, tangga tersebut betul-betul kuat menopang orang dewasa dan anak kecil. 

Untuk mempercantik ruangan, kalian juga bisa memfungsikan tangga mezanin sebagai rak buku. Selanjutnya bisa ditambah elemen pencahayaan, sehingga menambah kesan cantik. Untuk material, kalian bisa menggunakan logam atau kayu tradisional. 
 

7. Rumah Tampak Estetik

Di samping fungsi utamanya sebagai ruang tambahan, mezanin juga memiliki fungsi lain, yaitu mempercantik hunian. Ruang kalian mungkin akan lebih berwarna jika ditambahkan mezanin di dalamnya. Namun, hal yang perlu dicermati adalah konsep ruangan harus selaras dengan yang sudah ada. 

Baca juga5 Kiat Membuat Mezzanine di Rumah Mungil
 

8. Sirkulasi Udara

Mezanin estetik boleh saja, tetapi juga perlu diperhatikan adalah aspek kenyamanan. Satu di antara beberapa aspek kenyamanan ini adalah terkait dengan sirkulasi udara. Tidak asyik kan, jika kalian sedang baca di mezanin, kemudian merasa pengap karena tak ada sirkulasi udara. Oleh karena itu, kalian bisa menambahkan bukaan pada area tersebut. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Melancong ke Bengkulu? Coba 6 Makanan Khas Bumi Rafflesia Ini Yuk

BERIKUTNYA

Instagram Uji Coba Fitur Repost ke Pengguna Terbatas, Segera Dirilis?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: