Ilustrasi. (Photo by PlanetCare on Unsplash)

7 Ide Ruang Cuci Minimalis

09 January 2022   |   12:07 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Jika dapur adalah jantung dari rumah, ruang cuci (laundry room) adalah ginjalnya. Ruangan ini merupakan sentral dari kualitas kebersihan rumah. Alih-alih memperlakukan ruang kerja ini sebagai ruang yang terbengkalai, tidak ada salahnya jika kita berikan perawatan ekstra.

Ketika mendekorasi ulang ruang cuci, tidak perlu khawatir jika rumah Genhype tidak memiliki ruang yang cukup untuk mencuci, setrika dan menyimpan alat bersih-bersih.

Tips yang dikumpulkan hypeabis.id ini juga sudah mencakup strategi untuk menyediakan ruang penyimpanan yang cukup dengan memaksimalkan apa yang sudah dimiliki.
 

1. Vertikal atau horizontal

Posisi peletakan mesin cuci akan mempengaruhi ruang yang tersedia di ruang cuci. Jika ruang yang tersedia cukup kecil, maka solusi yang bisa diterapkan adalah dengan menata mesin cuci secara vertikal dengan posisi mesin cuci di atas dan mesin pengering di bawah. Hal ini juga bertujuan untuk memudahkan proses mencuci.
 

2. Manfaatkan ruang kosong

Setelah menata mesin cuci sedemikian rupa, tentunya masih ada beberapa sudut kosong yang tersisa. Untuk memaksimalkan ruang, kalian dapat mendekorasi dan menata ruang kosong secara fungsional agar dapat digunakan secara efektif.

Di sisa ruang kosong, Genhype bisa meletakkan lemari kecil atau rak kecil yang bisa menyimpan beberapa perabotan di ruang cuci seperti deterjen, pewangi pakaian, pemutih, dan peralatan lainnya. Agar lebih menarik, bisa juga menambahkan dekorasi ruangan seperti vas bunga.
 

3. Mesin cuci bertema seragam

Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk dekorasi minimalis ruang cuci adalah menerapkan konsep seragam pada perabotan. Selain menambah keindahan ruangan, hal ini juga mampu membuat ruangan terasa lebih luas. Perpaduan warna dalam satu tema akan membuat kamu betah berada di ruangan tersebut.
 

4. Mesin cuci di kamar mandi

Jika tidak memiliki cukup ruang untuk membuat ruang cuci sendiri, kamu bisa meletakkan mesin cuci di kamar mandi. Untuk memudahkan pekerjaan rumah sekaligus agar lebih aman, sebaiknya letakkan mesin cuci Anda terpisah dari area yang terkena air. Kamu dapat meletakkan mesin cuci di bawah lemari atau di bawah wastafel jika memungkinkan.
 

5. Mesin cuci di dalam lemari

Untuk meminimalisir penggunaan ruang, kalian juga bisa memasukkan mesin cuci ke dalam lemari yang memiliki ukuran yang cukup besar. Dengan menempatkan mesin cuci di dalam lemari, hal ini akan membuat peralatan lebih tertata dan hemat tempat. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan lemari sebagai furnitur multifungsi.
 

6. Laci geser vertikal

Barang-barang kecil membuat ruangan menjadi berantakan, tidak beraturan dan sempit. Laci geser vertikal dapat menghemat ruang untuk menyembunyikan semua alat bersih-bersih dari pandangan namun tetap rapi.
 

7. Papan setrika yang bisa ditarik

Menemukan tempat yang baik untuk menyimpan papan setrika di tempat yang tidak membutuhkan banyak ruang terkadang bisa jadi tantangan sendiri. Beberapa perancang interior seringkali menggunakan trik ini untuk memudahkan pengguna melipat dan mengeluarkan papan setrika yang keluar seperti laci.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Berencana Liburan ke Jepang? 5 Suvenir Khas Ini Wajib Dibawa Pulang

BERIKUTNYA

6 Tren Dekorasi Dapur yang Bakal Booming di 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: