Ilustrasi makanan yang dapat menyebabkan rasa kantuk. (Sumber gambar: Lily Banse/Unsplash)

Jangan Berlebihan, Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Kantuk

11 November 2023   |   10:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Makanan merupakan salah satu komposisi yang berperan penting bagi tubuh. Namun, mengonsumsi makanan tertentu secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai permasalahan, termasuk menimbulkan rasa kantuk. Ya rasa kantuk yang datang bisa disebabkan oleh jenis asupan yang masuk ke tubuh. 

Yulia Christina S. Paerira atau biasa disapa Lia, dokter di Puskesmas Lekebai, kabupaten Sikka menjelaskan beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan rasa kantuk.

"Beberapa jenis makanan seperti karbohidrat dan lemak itu sebenarnya baik untuk tubuh. Namun, hal ini akan berbanding terbalik jika mengonsumsi secara berlebihan. Salah satunya yaitu seseorang akan lebih mudah mengantuk," katanya kepada Hypeabis.id. 

Baca juga: 4 Minuman yang Dipercaya Dapat Mengusir Kantuk Selain Kopi


1. Makanan tinggi karbohidrat

Karbohidrat sejatinya merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, mengonsumsi karbohidrat dalam takaran yang berlebihan dapat menyebabkan rasa kantuk. Makanan yang termasuk antara lain roti, pasti, dan nasi putih. 
 
Mengonsumsi ketiga makanan tersebut secara berlebihan dapat meningkatkan kadar triptofan yang merupakan salah satu asam amino untuk menghasilkan serotonin. Peningkatan serotonin secara cepat dapat menyebabkan kalian merasakan kantuk setelah makan.
 

2. Makanan tinggi lemak

Pada dasarnya, makanan berlemak dibutuhkan oleh tubuh dalam proses penyerapan berbagai vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K. Selain itu, lemak juga digunakan dalam menjaga suhu tubuh agar tetap hangat, melindungi anggota tubuh, serta mampu menghasilkan energi.
 
Kendati demikian, mengonsumsi makanan berlemak dalam jumlah banyak, juga dapat menyebabkan berbagai efek negatif bagi tubuh. Salah satunya ialah menyebabkan rasa kantuk berlebih.
 
Hal ini disebabkan oleh proses pencernaannya yang membutuhkan waktu lebih lama. Selain itu, lemak yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat melepaskan hormon melatonin yang menyebabkan rasa kantuk. Makanan yang mengandung lemak tinggi terdapat dalam keju, yoghurt, telur, biji-bijian, alpukat, dan lainnya.


3. Makanan yang mengandung triptofan

Tryptophan atau triptofan merupakan salah satu senyawa asam yang dapat berguna bagi tubuh dalam meningkatkan energi. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas, senyawa asam dalam triptofan dapat membantu membentuk protein yang baik bagi tubuh.

Namun, mengonsumsi makanan yang mengandung tryptophan secara berlebihan dapat menyebabkan rasa kantuk. Hal ini disebabkan konsumsi itu dapat menyebabkan pelepasan hormon serotonin. Makanan yang mengandung triptofan antara lain biji bunga matahari, kacang almond, dan kacang mete. 
 

4. Minuman yang mengandung alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan ternyata bisa menyebabkan kantuk. Jadi, tidak heran jika kalian melihat orang yang mengonsumsi minuman tersebut akan tertidur pulas. Hal ini disebabkan oleh kandungan etanol dalam alkohol dapat mengganggu ritme sirkadian atau durasi tidur yang dimiliki oleh seseorang.
 
Demikianlah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan rasa kantuk berlebihan. Lebih lanjut, Lia  menjelaskan dalam menangani masalah kesehatan tersebut, kalian dapat mengurangi dan mengatur pola makan dengan lebih bijak. 

Baca juga: 4 Cara Mengusir Rasa Kantuk Setelah Makan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Gejala Samar Antara Strok dan Aneurisma

BERIKUTNYA

Rawan Kena Asam Urat & Hipertensi, Penderita Diabetes Wajib Ikuti 6 Kiat Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: