Teh Hijau ( Sumber gambar: ObatJerawatPalingAmpuh.com/Pinterest)

4 Minuman yang Dipercaya Dapat Mengusir Kantuk Selain Kopi

31 October 2023   |   16:02 WIB

Rasa kantuk sering muncul secara tiba-tiba, bahkan saat beraktivitas sekalipun. Tentu rasa kantuk tersebut membuat tubuh menjadi lemas dan tidak fokus untuk menjalani aktivitas sehingga membuat seseorang menjadi tidak produktif.

Dalam keadaan santai, kantuk sebaiknya 'diobati' dengan tidur sejenak, terutama pada siang hari. Namun jika pekerjaan tidak dapat ditinggalkan, rasa kantuk itu harus dapat dikendalikan. Salah satu yang umum dilakukan adalah dengan meminum kopi.

Baca juga: Mengenal Inovasi Jamu Ala Acaraki, Tidak Lagi Jadi Minuman Kuno

Melansir Medical News Today, kafein dalam kopi memang bisa mencegah rasa kantuk. Akan tetapi, terdapat juga berbagai efek buruk seperti jadwal tidur yang terganggu, perasaan cemas, bahkan tremor.

Apabila kalian sedang mengurangi atau tidak mengonsumsi kopi, karena tidak suka atau kondisi lambung yang tidak dapat menerima asupan kopi, tidak perlu khawatir karena ada minuman pengganti kopi untuk mencegah rasa kantuk.

Yuk simak lima minuman yang dipercaya dapat membantu mengendalikan rasa kantuk berikut ini:


1. Teh Hijau

Dilansir dari Halodoc, teh hijau bisa menjadi pengganti kopi yang cukup efektif untuk mencegah rasa kantuk. Teh jenis ini akan melepaskan kafein ke dalam tubuh jauh lebih lambat, sehingga bisa membuat tubuh merasa rileks dan lebih fokus.

Dalam Nutritional Neuroscience, kafein bisa membantu meningkatkan kewaspadaan seseorang, baik dalam kondisi cukup atau kurang istirahat. Untuk mendapatkan kafein, sebagian besar memang memilih kopi. 

Namun, apabila kalian sering merasa gugup ketika mengonsumsi kopi, teh hijau dapat membantu kalian terhindar dari rasa gugup tersebut. Selain itu, teh hijau memiliki kandungan L -theanine, yaitu sejenis asam amino yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Selain itu, teh hijau juga dapat meningkatkan mood .


2. Teh Hitam

Jumlah kafein yang terdapat di dalam teh pekat bergantung pada tingkat kepekatan teh dan durasi penyeduhan dan pemrosesan teh. Namun, pada umumnya teh hitam memiliki kandungan kafein yang lebih rendah sehingga bisa menjadi alternatif minuman pengusir kantuk selain kopi. Teh hitam juga memiliki manfaat lainnya yaitu menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.


3. Cokelat Panas

Cokelat panas merupakan minuman yang terbuat dari cokelat atau kakao bubuk. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa cokelat panas menyehatkan karena antioksidan yang terkandung dalam kakao dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Rekomendasi 5 Ide Bisnis Minuman, Bahan-bahannya Mudah Didapatkan

Minuman ini juga mengandung thebromine dan dipercaya sebagai stimulan sistem saraf pusat ringan. Oleh karena itu, cokelat panas bisa menjadi pilihan yang dapat mencegah rasa kantuk.


4. Minuman asam

Minuman seperti perasan jeruk lemon atau jeruk nipis yang memiliki rasa asam juga dapat membantu mencegah rasa kantuk. Namun, jika kalian memiliki riwayat asam lambung yang mudah meningkat, sebaiknya dikonsumsi setelah makan agar tidak memicu peningkatan produksi asam lambung.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Jepang & Bali Jadi Destinasi Favorit Wisatawan Nusantara Saat Liburan Nataru

BERIKUTNYA

Rekomendasi Minuman Berbahan Alami yang Manjur Atasi Nyeri Haid

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: