Lilin aromaterapi, salah satu cara merelaksasi tubuh setelah seharian beraktivitas. (Sumber gambar: Roman Odintsov/Pexles)

Catat, 7 Rekomendasi Lilin Aromaterapi yang Bermanfaat Bagi Tubuh

09 November 2023   |   21:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Memiliki banyak rutinitas terkadang menjadikan seseorang lebih mudah untuk stress. Hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja atau aktivitas sehari-hari. Biasanya sebagian orang memerlukan  beberapa cara untuk mengurangi beban pikiran, salah satunya dengan menggunakan lilin aromaterapi.

Selain mudah digunakan, beberapa lilin aromaterapi juga menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan. Wanginya yang menenangkan dapat meningkatkan mood seseorang. Selain itu, aroma terapi yang dihadirkan juga dapat menjadikan seseorang lebih relaks.

Baca juga:   7 Minyak Aromaterapi yang Bisa Redakan Batuk, Ada Aroma Kayu Putih dan Kayu Manis

Maya Adelia Puspita, Owner Fragrande, salah satu rumah produksi bath essential dan home fragrat, menjelaskan beberapa jenis aromaterapi yang mampu meningkatkan mood. “Lilin aromaterapi ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ya kalau saya boleh katakan, dengan aromaterapi akan membantu seseorang lebih relaks setelah beraktivitas seharian,” jelas Maya.

Lantas apa saja aroma yang terkandung dalam sebuah lilin aroma terapi?. Ditemui tim Hypeabis.id dalam gelaran bazar UMKM pada (09/11/2023), berikut penjelasannya;


1. Snow white


Dijelaskan oleh Maya, lilin dengan aroma snow white ini akan menghadirkan rasa segar bagi para penikmatnya. Hal ini dikarenakan kandungan minyak esensial dari Melati. Bagi kalian yang yang mengalami stress akibat pekerjaan dan kondisi udara yang kurang bersih, dapat memanfaatkan jenis lilin aromaterapi snow white untuk merangsang relaksasi.
 

2. Sweet bite

Salah satu aroma yang banyak digandrungi oleh masyarakat ialah sweet bite. Bagi kalian yang menyukai aroma bakery, jenis lilin aromaterapi yang satu ini dapat membantu kalian mengenang momen masa kecil saat mengunjungi bakery. Hal ini dikarenakan, bahan yang digunakan dalam lilin aromaterapi sweet bite mengandung vanila dan juga coklat.
 

3. Soy wax

Menggunakan bahan alam berupa tanaman yang menghasilkan aroma yang lebih menyegarkan.  Selain itu, jenis lilin aroma terapi yang satu ini menggunakan bahan yang lebih degradable atau dapat terurai dengan mudah oleh alam. Salah satu bahan yang digunakan adalah minyak kedelai. Aroma yang dihasilkan dari soy wax, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur hingga membuat badan lebih relaks.
 

4. Gingerbread

Seperti namanya, jenis lilin yang satu ini akan mengeluarkan aromaterapi berupa wangi roti jahe yang baru dipanggang. Selain itu, ginger bread juga mengandung wangi rempah, seperti kapulaga, cengkeh, jahe, kayu manis, dan wood. Dengan berbagai kandungannya, lilin ini akan menciptakan aroma yang menenangkan dan hangat.  
 

5. Eucalyptus/Kayu putih

Tidak hanya digunakan dalam produk minyak. Eucalyptus atau kayu putih yang memberikan rasa segar juga menghadirkan berbagai manfaat lainnya. Bagi kalian yang mengalami berbagai sakit ringan seperti flu, pilek, dan  batuk dapat menggunakan wangi eucalyptus sebagai salah satu cara meringankan gangguan kesehatan tersebut.
 

6. Lemon

Lemon merupakan bahan yang selalu digunakan oleh beberapa  brand  sebagai pengharum ruangan. Hal ini dikarenakan beberapa manfaatnya, seperti meringankan rasa mual, memperbaiki suasana hati. Selain itu, dengan menghirup aroma terapi yang mengandung minyak esensial lemon, juga dapat menjadikan tubuh lebih fresh dan kembali bersemangat.
 

7. Lavender

Salah satu wangi aromaterapi yang banyak digunakan oleh masyarakat ialah lavender. Jenis wangi yang satu ini tidak hanya digunakan dalam aroma pengharum ruangan, juga digunakan dalam lilin aromaterapi. Hal ini dikarenakan minyak esensial dari lavender dapat membantu mengatasi depresi, ketegangan, meningkatkan kualitas tidur, hingga meredakan kegelisahan.
 
 Baca juga: Waspada, Penyakit Ini Mengintai Akibat Aromaterapi

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Banyak Manfaat, Riset Ungkap Sektor Bisnis Siap Terapkan 5G

BERIKUTNYA

Bisnis Produk Elektronik Makin Ciamik, Simak Hasil Risetnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: