Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengharumkan ruangan (Sumber Foto: Freepik)

6 Tip Rumah Wangi & Segar Sepanjang Hari Tanpa Semprot-semprot Pengharum Ruangan

29 May 2023   |   21:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Saat bagian dalam rumah tercium bau tak sedap, pasti kamu langsung menyemprot pengharum ruangan. Namun, tak sedikit produk pewangi yang  dibuat dari campuran bahan kimia. Apabila terhirup dalam jangka panjang, hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan pernapasan.

Terlebih aromanya yang menyengat akan terhirup secara langsung, sehingga bisa membuatmu mual dan pusing. Mulai sekarang mungkin kamu bisa membuat pewangi ruangan dari bahan alami. Yuk, simak beberapa cara supaya hunian tetap wangi meski tanpa pengharum ruangan. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Wangi Ini Kembali Tren, Bisa Jadi Pengharum Rumah Alami
 

1. Nyalakan Lilin Aromaterapi

Selain berfungsi sebagai penerang, lilin bisa berguna untuk mengharumkan ruangan, bahkan jika itu hanya lilin biasa. Caranya siapkan beberapa lilin mati yang dibungkus kain linen atau bahan lain yang bisa menyerap bau, kemudian simpan di beberapa sudut rumah.Cara lainnya, kamu juga bisa menggunakan lilin aromaterapi yang memiliki berbagai aroma seperti bunga atau buah.


2. Teteskan Aromaterapi di Bohlam Lampu

Jika kamu memiliki lampu meja di rumah, berikan beberapa tetes ekstrak minyak aroma di dalam bohlamnya. Ingat, teteskan saat lampu mati dan bohlam dalam keadaan dingin supaya tanganmu tidak terluka.

Nanti saat lampu dinyalakan, panasnya akan menyebarkan aroma dengan lembut sehingga bisa membuat rumah tetap wangi. Kamu bisa menghirup udara segar saat berada dalam rumah.


3. Teteskan Aromaterapi di Vacuum Cleaner

Trik cerdas ini bisa membuat rumah wangi dan bersih sekaligus. Kamu hanya perlu meneteskan bola kapas dengan ekstrak minyak aromaterapi favoritmu. Selanjutnya, masukkan bola kapas tersebut ke dalam kantong vacuum cleaner. Nati saat dinyalakan, alat penyedot debu tersebut akan melepaskan aroma wangi ke seluruh penjuru ruangan.


4. Simpan Tanaman di Rumah

Selain mempercantik tampilan rumah, beberapa tanaman juga bisa membuat ruangan tetap wangi sepanjang hari. Terlebih tanaman juga berfungsi untuk pertukaran oksigen, sehingga udara dalam rumahmu bisa tetap segar.

Kamu bisa menempatkan macam-macam jenis tanaman, seperti bunga Geranium, Arabian Jasmine, Sedap Malam, Eukaliptus, Gardenia, Anggrek dan Kuba Oregano, dan tanaman lainnya yang wangi.


5. Rebus Rempah dan Buah

Merebus rempah-rempah dan buah dalam satu panci bisa menghasilkan aroma yang harum di seluruh ruangan. Caranya rebus air dan tambahkan irisan jeruk serta rempah-rempah seperti lavender atau daun mint. Setelah mendidih, uap panasnya akan menyerap aroma tak sedap di ruangan. 


6. Meracik Aromaterapi Sendiri

Kamu juga bisa meracik aromaterapi dari bahan alami yang wanginya bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Misalnya aroma jeruk, kayu manis, dan cengkeh yang efeknya dapat menghasilkan wangi yang memberikan sensasi nyaman.

Cara membuatnya siapkan jeruk, kayu manis, dan cengkeh. Iris satu buah jeruk tipis-tipis, tambahkan kayu manis batang atau bubu, cengkeh, dan air., masukan semua ke dalam toples dan simpan di beberapa sudut rumah untuk menyerap bau tak sedap.

Baca juga: 4 Tip Memakai Parfum Agar Wanginya Tahan Lama

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cara Simpel Membuat Cold Brew Tea yang Nikmat dan Segar

BERIKUTNYA

Mandiri Jogja Marathon 2023, Lomba Lari Sambil Nikmati Pemandangan Indah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: