(Sumber gambar: unsplash/Timking)

Apakah Kucing Bisa Merasakan Sedih? Ini Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya

09 November 2023   |   17:32 WIB

Genhype, pernah melihat kucing dengan ekspresi yang memelas, terlihat lesu, dan tidak bersemangat? Padahal, biasanya gemar bermain dan minta makan lalu mendadak jadi pendiam? Bisa jadi, hal-hal tersebut menandakan kucing kalian sedang sedih, loh.

Sama seperti manusia, setiap kucing juga memiliki kepribadian dan karakternya masing-masing. Ada yang ramah, suka main, penyendiri, agresif, dan masih banyak lagi. Sering kali perilaku kucing dapat berubah secara tiba-tiba, seperti yang dikutip dari World Animal Protection.

Jangan berpikir bahwa kucing tidak memiliki perasaan. Walaupun biasanya kucing terlihat stabil dan gembira, kita juga harus memahami kondisi kucing saat sedih melanda. Beberapa penyebab umum kesedihan kucing atau ketidakpuasan kucing yaitu, penyakit, kebosanan, berduka karena kehilangan anggota keluarga atau hewan peliharaan yang terikat dengannya, hingga sedang mengalami cedera.

Ini dia ciri-ciri kucing saat merasa sedih yang dapat kalian kenali dan bisa menjadi tanda kalau kucing sedang depresi.


Ciri-Ciri Kucing Sedih


1. Perubahan Suara
Tanda kucing kalian sedang sedih yaitu perubahan suara atau intesitasnya. Nada suara kucingmu akan terdengar melengking dan terasa getir.

2. Menunjukkan Bahasa Tubuh Tertentu
Bahasa tubuhnya yang menunjukkan apabila kucing sedang bersedih di antaranya adalah telinga mengarah ke belakang, ekor yang terselip, bulu berdiri tegak, dan lain sebagainya. 

3. Tidur Berlebihan
Kucing yang sedih dapat menghabiskan waktu tidur lebih banyak dari biasanya hingga tidak memiliki energi untuk bergerak. 

4. Tidak Melakukan Grooming Atau Berlebihan Melakukannya
Tanda lainnya perhatikan jika kucing kalian jarang melakukan grooming atau berlebihan grooming dirinya sendiri. Wajib kalian waspadai, ciri ini dapat mendandakan kucing sedang sakit.

5. Kehilangan Nafsu Makan
Kalau kucing Genhype tiba-tiba malas atau tidak bernafsu makan meski itu makanan favortinya, mungkin hal itu menjadi pertanda kalau dia sedang sedih.

Baca juga: 6 Jenis Kucing yang Menggemaskan, dari Persia hingga Siam
 

Cara Mengatasi Jika Kucing Merasa Sedih

Tenang, ada banyak cara untuk membuat kucingmu bersemangat lagi dan melupakan kesedihan dan depresinya.

1. Adopsi Anabul Lain untuk Menemani Kucing Kalian
Ketika kucing telah terbiasa bermain dengan kucing lainnya, tetapi tiba-tiba kucing tersebut meninggal sehingga kucingmu tidak punya teman bermain. Maka, kalian bisa memberinya anabul lain sebagai teman bermain atau kalian sendirilah yang luangkan waktu setiap hari selama 15-30 menit untuk bermain dengannya.

2. Jangan Biarkan Kucing Merasa Bosan
Kalian harus kreatif untuk membuat kucingmu bersemangat lagi. Berikan hal-hal baru yang bisa memicu rasa penasarannya.

3. Berikan Tempat Yang Nyaman
Terkadang, kucing hanya butuh waktu untuk berdamai dengan kesedihannya. Genhype bisa memberikan tempat berlindung yang nyaman di dalam rumah seperti kotak atau kandang.

4. Bawa ke Dokter Hewan
Kalau upaya-upaya di atas terlihat tidak bekerja, jalan terakhir yang kalian dapat lakukan adalah segera membawa anabul ke dokter hewan. Hal ini penting untuk dilakukan untuk melihat apakah ada penyakit berbahaya dan biasanya dokter memberikan obat sesuai dosis.


Baca juga: Mengenal Cat Zoomies, Saat Kucing Tiba-tiba Aktif Berlarian

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

7 Film & Serial Tayang November 2023 di Disney+ Hotstar, Ada Drakor Vigilante!

BERIKUTNYA

Resep Sup Buah Pir, Cocok untuk Meredakan Batuk dan Pilek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: