Makanan dan minuman Yang Membuat Kantuk (Sumber gambar: pexels.com)

5 Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Rasa Kantuk Ketika Dikonsumsi

09 November 2023   |   14:53 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
Bagi sebagian orang pasti pernah mengalami rasa kantuk ketika mereka baru selesai makan, padahal sudah cukup jam tidur, tidak kelelahan, dan dalam keadaan bugar. Beberapa jenis makanan memang bisa memicu Genhype merasakan kantuk, lantas apakah hal tersebut harus dihindari?

Sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh namun, keadaan ini terkadang bisa menurunkan konsentrasi yang pada akhirnya bisa mempengaruhi produktivitas kita dalam sehari-hari.

Baca juga:  4 Minuman yang Dipercaya Dapat Mengusir Kantuk Selain Kopi

Oleh karena itu, Genhype harus mengetahui beberapa makanan atau minuman yang bisa memicu rasa kantuk sehingga tidak menggangu keseharian kita. Mengutip dari laman Kemenkes, berikut ini adalah makanan dan minuman yang bisa menyebabkan rasa kantuk.
  • Buah Ceri

Buah ini mengandung sumber alami melatonin yang sangat tinggi sehingga menimbulkan rasa kantuk. Hindari mengonsumsi buah ini pada siang hari dan  sebaiknya bisa dikonsumsi pada malam hari agar membantu tubuh kita untuk istirahat.
  • Pisang

Pisang dianggap bisa membuat kantuk karena terdapat kandungan kalium dan magnesiumnya yang bisa melemaskan otot, sehingga tubuh kita akan terasa lebih rileks dan memicu rasa kantuk.
  • Almond

Kandungan pada makanan ini sama seperti pada buah ceri karena mengandung melatonin. Sehingga usahakan untuk tidak mengonsumsinya ketika ditengah aktivitas kita.
  • Teh Herbal

Teh herbal mengandung zat antioksidan yang disebut apigenin. Kandungan ini memicu respons otak yang membuat merasa lebih tenang. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kita mengantuk setelah meminumnya.
  • Minuman Berenergi

Banyak orang mengira minuman berenergi dapat membuat kita lebih berenergi dan tetap terjaga, padahal sebagian besar minuman berenergi mengandung kafein, asam amino esensial, dan kadar gula yang tinggi. Efek awal pada saat meminum mungkin akan meningkatkan energi di tubuh namun, efek tersebut hanya bersifat sementara dan malah membuat kita merasa lelah dan mengantuk setelahnya.

Itulah daftar makan dan minuman yang bisa menyebabkan rasa kantuk ketika kita mengonsumsinya, selain dari faktor tersebut pengaruh hormon selama proses pencernaan juga bisa menyebabkan kita merasa kantuk. Saat proses pencernaan berlangsung, tubuh akan melepaskan hormon tertentu seperti serotonin dan melatonin. Peningkatan kedua hormon tersebut bisa menimbulkan rasa kantuk setelah makan.

Gangguan kesehatan tertentu juga dapat membuat kita mudah lelah, termasuk lebih mudah mengantuk setelah beraktivitas dan setelah makan. Beberapa gangguan kesehatan tertentu yang dapat menyebabkan rasa kantuk setelah makan, di antaranya diabetes, anemia, hipotiroidisme, dan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea).

Baca juga:  Rekomendasi Minuman Berbahan Alami yang Manjur Atasi Nyeri Haid

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Terus Meningkat, Cek Cara Pencegahan Penyakit Degeneratif Menurut Ahli Kesehatan

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Sijjin yang Tayang Hari Ini, 9 November 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: