Teh Kamomil. (Sumber foto: Pexels/Thai Ngoc)

Rekomendasi Minuman Berbahan Alami yang Manjur Atasi Nyeri Haid

31 October 2023   |   17:00 WIB

Sekali dalam sebulan, wanita mengalami yang namanya siklus menstruasi. Saat mengalami kondisi tersebut, sering kali wanita merasakan kondisi nyeri yang tidak nyaman, mulai dari area perut, punggung bagian bawah, hingga paha. Mengapa begitu ya, Genhype?

Seperti yang dilansir dari laman clevelandclinic, hal tersebut terjadi karena, saat masa menstruasi, otot rahim mengalami kontraksi dan menyebabkan timbulnya kram pada perut. Tidak jarang kondisi kram perut juga akan disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, sakit kepala, hingga diare.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Kenali Endometriosis Penyebab Nyeri Saat Haid

Jika gejala menstruasi masih terbilang ringan, jangan khawatir Genhype, karena kalian bisa atasi kondisi ini dengan beberapa cara penanganan selain mengonsumsi obat pereda nyeri. Seperti halnya memperbanyak waktu istirahat, mengonsumsi air putih 2 liter setiap hari, mengubah pola makan menjadi lebih sehat, dan berolahraga ringan.

Ternyata, ada beberapa jenis minuman yang bisa meredakan nyeri haid dan bisa kalian bikin sendiri di rumah, loh. Biar Genype tahu apa saja minumannya, simak beberapa rekomendasi berikut, ya!


1. Teh Chamomile

Selain wanginya yang harum, teh chamomile juga direkomendasikan sebagai minuman pereda nyeri haid karena, dapat meredakan kejang otot dan mengurangi rasa sakit kram menstruasi. Secangkir teh ini bisa kalian konsumsi agar mengurangi rasa tidak nyaman, rasa gelisah, sekaligus perubahan mood yang disebabkan karena berubahnya hormon ketika menstruasi menyerang.
 

2. Wedang Jahe

Meminum secangkir wedang jahe mampu memberikan kehangatan untuk tubuh, membuat kalian lebih rileks, sekaligus meredakan sejumlah gejala menstruasi. Jahe memiliki efek anti-inflamasi maka, dapat meredakan otot kaku dan pegal. Dan juga, jahe bisa mengurangi mual. 
 

3. Cokelat Panas

Siapa sangka? Minuman favorit banyak orang yakni, cokelat panas, ternyata ampuh meredakan nyeri haid.
Cokelat disinyalir memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Bubuk kakao yang masih murni mengandung antioksidan tinggi yang menyimpan banyak manfaat. Konsumsi cokelat panas dapat meningkatkan hormon serotonin sehingga dapat mengurangi stres yang berlebihan dan memperbaiki suasana hati. Zat seperti magnesium, kalium, dan zat besi yang ada pada cokelat juga membantu mengatur aliran darah, mengubah kadar hormon, dan mengurangi rasa sakit.
 

4. Kunyit Asam

Kunyit biasa digunakan sebagai bahan rempah untuk bumbu masakan. Genhype bisa memanfaatkan kunyit sebagai minuman menyegarkan untuk mengatasi kram haid. Kunyit dengan kandungan kurkumin berfungsi sebagai antiinflamasi. Minuman kunyit dapat dicampurkan dengan bahan lain yaitu, asam jawa. Kombinasi dari kedua bahan alami ini mengandung kurkumin serta antosianin yang dapat meredakan rasa sakit karena peradangan.
 

5. Yogurt Rendah Lemak

Apakah Genhype pencinta yogurt? Ada kabar baik, karena yogurt kaya akan kalsium dan dianjurkan untuk minuman atau makanan pereda nyeri saat sedang menstruasi. Segelas yogurt rendah lemak merupakan sumber kalsium tinggi serta dapat memenuhi sekitar 25 persen dari kebutuhan harian kalian.
 

6. Teh hijau

Teh jenis ini memiliki kandungan kafein, namun, jumlahnya tidak bisa disamakan dengan kopi. Teh hijau juga mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat menjaga sistem tubuh tetap berjalan sebagaimana mestinya dan dapat membuat tubuh kalian lebih rileks dari otot-otot yang kaku.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Minuman yang Dipercaya Dapat Mengusir Kantuk Selain Kopi

BERIKUTNYA

Golden Disc Awards ke-38 Siap Digelar di JIS 2024, Simak Jadwalnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: