Personel band The Jansen (Sumber gambar: Instagram @thejansen_id)

The Jansen, Band Punk Rock Asal Kota Bogor Raih Penghargaan AMI Award 2023

09 November 2023   |   15:00 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Genhype sudah pernah mendengar nama band The Jansen? Band punk-rock asal kota Bogor tersebut kini telah menjadi band favorite bagi para Gen-z yang seakan-akan tidak boleh ketinggalan untuk mendengarkan lagunya. Banal Semakin Binal yang merupakan album mereka-lah yang membuat nama band The Jansen naik daun dan menjadikan band tersebut laris dipasaran musik Indonesia.

Berkat kesuksesan album yang bertajuk “Banal Semakin Binal” yang dirilis pada tahun 2022 tersebut membuat The Jansen berhasil meraih penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023, yang diselenggarakan pada Rabu, 8 November 2023, di Jakarta International Convention Center & Theatre, Kemayoran, Jakarta Pusat. The Jansen meraih penghargaan dalam kategori Album Rock Terbaik berkat album Banal Semakin Binal.

Baca juga:  Daftar Lengkap Pemenang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023

The Jansen sendiri merupakan band beraliran punk-rock dari  Kota Bogor yang dibentuk pada 2015 silam. Pada awal berdirinya band tersebut mempunyai nama The Baucherry And The Party, hingga akhirnya mereka mengubah nama band tersebut menjadi The Jansen. Nama The Jansen sendiri terinspirasi dari nama karya lagu band The Kuda yang berjudul Hey Jansen.

Awal muda berdiri, band ini beranggotakan 3 orang yaitu, Cintarama Bani Satria sebagai vokalis dan gitaris, Adji Pamungkas sebagai basis, Aduy sebagai drumer. Lalu, pada tahun 2022 kemarin, The Jansen mengenalkan personel baru mereka sekaligus album baru mereka yang bertajuk “Banal Semakin Binal” yaitu Nina Karina sebagai vokalis latar dan gitaris.

Band tersebut mengakui kalau warna musiknya terinspirasi dari band punk lawas era 70-an seperti The Undertones, The Ramones, Buzzcock, Wire dan rilisan-rilisan album indie pop Sarah Records yang juga kental akan musik punknya.

Pada Agustus 2016 The Jansen merilis album mini yang bertajuk “From Bogor to Japan” yang rilis dan didistribusikan oleh Fatamor Records, salah satu lagu yang terkenal dari album tersebut dan biasa dibawakan oleh mereka di atas panggung yaitu Bring Me Back to 70’s.

Setahun berselang pada 2017, mereka merilis album penuh untuk pertamakalinya yang bertajuk “Present Continous” yang dirilis dalam format kaset bersama label Trogmanon Records. Salah satu lagu menjadi ikonik dalam album tersebut ialah Surf and Rescue.

Lalu, mereka kembali merilis album penuh keduanya pada tahun 2019 yang bertajuk “Say Say Say” yang dirilis dan didistribusikan secara mandiri berbentuk kaset menggunakan label Tumbila Records. Salah satu lagu yang ikonik dalam album tersebut yaitu, Wanna Be With You.

Lalu, pada tahun 2022 mereka kembali merilis album yang bertajuk “Banal Semakin Binal” yang dirilis bersama label rekaman Demajors. Album tersebut lah yang membuat nama band The Jansen laris dipasaran musik Indonesia dan berhasil meraih pengghargaan AMI Awards 2023 dalam kategori Album Rock Terbaik. Berikut beberapa lagu dari album Banal Semakin Binal yang bisa Genhype dengar.

1. Dua bilah mata pedang
2. Kau pemeran utama di sebuah opera
3. Sore di kebun raya
4. Ku bukan mesin lotremu
5. Langit tak seharusnya biru
6. Mereguk anti depresan lagi
7. Lalu Lalang lintas generasi
8. Tipu daya Sejarah
9. Televisi masih menyala
10. 7456
11. Dunia modern terlalu depresif untukmu yang selalu berekspresif
12. Manuver cerdikmu
13. Planetarium

Baca juga: Simak Sejarah AMI Awards, Ajang Penghargaan Bergengsi Bagi Insan Musik

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Sejarah Hari Kebebasan Sedunia

BERIKUTNYA

Terus Meningkat, Cek Cara Pencegahan Penyakit Degeneratif Menurut Ahli Kesehatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: