Router ROG Rapture GT-AX11000 Pro. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Fitur Unggulan Router ASUS, Ada Antivirus Hingga Parental Control

08 November 2023   |   07:39 WIB

Penggunaan router semakin marak seiring pemakai internet di Indonesia yang terus meningkat. Alhasil perusahaan elektronik pun terus melengkapi lini dari perangkat yang berfungsi untuk mentransmisikan jaringan internet ke sejumlah gawai, salah satunya ASUS. 

Perusahaan asal Taipei ini pun mencatat permintaan semakin banyak. Country Product Manager ASUS Router Indonesia, Septianda Angelica menyampaikan penjualan router ASUS sekitar puluhan ribu pada paruh pertama tahun ini.

Baca juga: 5 Panduan Memilih Provider Internet Terbaik Biar Enggak Menyesal

“Untuk konsumen, dari ASUS masih fokus home base, tetapi usernya luas. Dari rumah, home business, sampai enterprise semua menggunakan router,” ujarnya kepada Hypeabis.id, Selasa (7/11/2023). 

Dari banyaknya produk router yang dirilis ASUS, Angel menyebut saat ini pihaknya fokus untuk menghadirkan lini Wifi 6 yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Untuk gaming router ada GT6 Rapture, AX11000 Pro, Wifi6 router ada RT-AX57, AX1800HP, dan mesh router untuk homeliving yakni ZenWifi XT8, ZenWifi XD4S. 

“Kami sangat sadar bahwa masih banyak orang yang belum memahami pentingnya memilih router yang dapat memberikan koneksi yang konsisten dan dapat diandalkan di setiap ruangan,” jelasnya.

Router yang dihadirkan ASUS katanya memiliki fitur unggulan. Angel menyebut lini router ini memiliki teknologi AiMesh yang dapat menciptakan jaringan WiFi mesh di seluruh rumah. Semua perangkat di jaringan AiMesh akan mendapatkan akses ke semua fitur di router utama, termasuk fitur gaming, keamanan kelas komersial AiProtection, dan lainnya.

Berbeda dengan router biasa atau WiFi extender, jaringan router ASUS dengan fitur AiMesh akan membentuk jaringan extendable router. Jaringan ini menyediakan satu jaringan WiFi yang lancar untuk seluruh ruangan rumah. 

Sistem ini membuat pengguna tidak perlu mengubah jaringan setiap saat berpindah tempat. Router-router dalam jaringan akan bekerja sama untuk menentukan router mana yang memberikan sinyal terbaik untuk setiap perangkat yang terhubung. 

Selain itu, router tersebut akan mentransfer koneksi satu sama lain dengan mulus tanpa harus melakukan apa pun “Fitur-fitur seperti AiMesh, AiProtection, gaming feature, dan fitur lainnya dapat diakses dengan sangat mudah melalui aplikasi ASUS Router,” tambah Angel.

Adapun AiProtection didukung Trend Micro yang membuatnya memiliki kemampuan antivirus. Dengan demikian, perangkat yang tersambung secara otomatis memiliki antifirus yang mampu membendung malware hingga situs yang tidak aman, dan bekerja selama 24 jam dalam 7 hari. 

Keunggulan lainnya, ASUS router memiliki fitur free parental control. Adanya fitur ini membuat orang tua bisa membatasi konten-konten yang tidak layak ditonton untuk anak-anak, seperti konten dewasa hingga kekerasan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Menyusuri Kiprah Iravati Sudiarso dalam Pameran Arsip Sang Empu Pianis Indonesia

BERIKUTNYA

Microsoft Hadirkan Fitur AI Copilot di Pembaruan Windows 11

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: