Tampilan Copilot pada Windows 11 (sumber gambar: Microsoft)

Microsoft Hadirkan Fitur AI Copilot di Pembaruan Windows 11

08 November 2023   |   08:02 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
Microsoft secara resmi menggantikan Cortana dengan fitur AI Copilot pada pembaruan Windows 11 versi 23H2. Fitur tersebut telah diperkenalkan lebih dulu beberapa bulan lalu sebelum terintegrasi ke dalam sistem kerja Windows 11.

AI Copilot sebenarnya mirip dengan chatbot dari ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI. Chatbot AI pada Copilot dapat memproses command text untuk bekerja. User bisa melakukan segala hal yang berkaitan dengan sistem komputernya seperti memutar lagu favorit, membacakan isi website, merangkum isi dari sebuah dokumen, membuka aplikasi pada komputer, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Microsoft Akan Hapus WordPad dari Windows Setelah 28 Tahun

Fitur ini bisa diakses melalui ikon berbentuk segi 6 (hexagonal) yang mirip dengan huruf “O” pada menu Start atau di Taskbar Windows 11. Klik ikon tersebut dan Windows 11 akan menampilkan Windows Copilot sebagai menu sidebar yang ada pada sebelah kanan layar, tampilan ini sama seperti dibeberapa aplikasi Microsoft lainnya seperti Edge hingga Microsoft Office.

Beberapa fitur baru lainnya yang ada pada pembaruan Windows 11 versi 23H2 ini seperti tampilan baru File Explorer dan aplikasi Windows Backup yang sekarang bisa mengandalkan fitur cloud. Selain itu, ada juga fitur yang terhubung khsusus ke laptop gaming seperti Dynamic Lighting yang mengatur lampu RGB.

Di sisi lain, Microsoft juga meningkatkan keamanan untuk para penggunanya seperti membuat dan masuk menggunakan kunci sandi dengan pengalaman asli Windows Hello untuk aplikasi atau situs web apa pun yang mendukungnya. Pembaruan fitur Passkey pada Windows 11 juga memungkinkan penggunanya mengelola kunci sandi yang disimpan ke perangkat Windows, serta memberikan kita kontrol untuk melihat dan menghapus kunci sandi apa pun dari perangkat.

Selain itu, peningkatan dari segi keamanan lainnya adalah munculnya peringatan untuk menyalin dan menempel kata sandi yang tidak aman, hal ini bertujuan melindungi kata sandi dari phishing dan penggunaan yang dianggap tidak wajar pada beberapa situs dan aplikasi. Pengguna yang telah mengaktifkan opsi peringatan untuk Keamanan Windows sekarang akan menerima peringatan ketika melakukan operasi salin dan tempel kata sandi yang tidak aman.

Bagi para pengguna yang ingin mencoba berbagai macam fitur tersebut harus memperbarui komputer mereka dengan cara membuka menu “Settings” lalu mengklik “Windows Update”. Setelah itu, Genhype akan masuk ke sebuah menu dan lanjutkan dengan mengklik “Check For Update” untuk melihat apakah komputer kalian bisa melakukan pembaruan ke Windows 11 versi 23H2.

Perlu diketahui, Microsoft berencana memperluas fitur tersebut ke wilayah lain dalam beberapa hari mendatang. Saat ini peluncuran Windows 11 masih bertahap dan dalam proses pengembangan sehingga belum tersedia untuk semua pengguna.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Fitur Unggulan Router ASUS, Ada Antivirus Hingga Parental Control

BERIKUTNYA

Cek Penyesuaian Harga iPhone 14 Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: