Koneksi internet sudah jadi kebutuhan banyak orang (Sumber: Unsplash/Leon Seibert)

5 Panduan Memilih Provider Internet Terbaik Biar Enggak Menyesal

08 August 2023   |   15:53 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Rasanya sulit membayangkan kita hidup tanpa internet pada era serba modern seperti sekarang. Akses internet sudah jadi kebutuhan penting bagi banyak orang, tidak sekadar untuk berselancar mencari informasi di dunia maya, tapi untuk keperluan hiburan, pendidikan, hingga pekerjaan. 

Tingginya kebutuhan akan internet mendorong munculnya banyak perusahaan penyedia layanan tersebut, atau yang kita kenal sebagai provider internet. Dengan maraknya pelaku yang menawarkan beragam paket dan promo serta keperluan akses internet yang cepat dan lengkap, memilih provider menjadi hal yang vital. 

Dirangkum dari berbagai sumber (Biznet, ACSI, FCC, PwC) Hypeabis.id akan memberikan beberapa tip yang harus diperhatikan saat akan memilih provider internet, agar bisa mendapatkan akses yang maksimal. Yuk simak informasi selengkapnya. 

Baca juga: 4 Negara dengan Internet Mobile Broadband Tercepat di Dunia
 

1. Pilih Jenis Layanan Internet 

Akses internet bisa didapatkan dari beberapa jenis layanan. Ada internet kabel, serat optik, satelit, sampai digital subscriber line (DSL). Tiap jenis layanan tentunya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Internet berbasis serat optik biasanya dianggap sebagai jenis layanan internet yang paling cepat, tapi tidak tersedia di banyak lokasi. Opsi lainnya adalah internet berbasis kabel dan DSL yang juga menyediakan kecepatan internet cukup tinggi dan tersebar lebih luas. Adapun, internet berbasis satelit umumnya dipakai di wilayah terpencil yang sulit terjangkau infrastruktur darat. 
 

2. Perhatikan Kecepatan Jaringan 

Salah satu faktor utama dalam memilih provider internet adalah kecepatan jaringan untuk melakukan unduh (download) dan unggah (upload), karena seluruh kegiatan yang kita lakukan di dunia maya berkaitan dengan dua hal ini. 

Kecepatan download menentukan seberapa kebut kalian bisa mengakses dan mengunduh konten yang ada di internet, sementara kecepatan upload diperlukan untuk mengunggah berbagai data termasuk teks, gambar, suara, hingga video guna dibagikan secara online. Kalian bisa mengetes  
 

3. Cek Cakupan Area dan Infrastruktur Jaringan 

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan sebelum memilih provider internet adalah memastikan bahwa layanan mereka tersedia di area tempat tinggal kalian. Beberapa perusahaan bisa jadi hanya menyediakan akses di area tertentu, sementara yang lainnya sudah memiliki cakupan yang lebih luas. 

Selain itu, perlu juga melakukan pengecekan lebih lanjut seputar infrastruktur jaringan dari penyedia internet. Mereka yang telah menggunakan infrastruktur canggih dan mutakhir biasanya menghasilkan koneksi yang cepat dan stabil. Cari tahu apakah provider sudah menggunakan teknologi anyar seperti fiber optik atau bahkan 5G untuk hasil yang optimal. 
 

4. Pilihan Bandwidth

Bandwidth adalah ukuran kapasitas jaringan internet untuk mentransfer data dalam satu waktu. Makin besar ukurannya, makin banyak data yang dapat diakses dan dipindahkan secara bersamaan. 

Pastikan untuk memilih bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan. Hal itu tergantung pada seberapa besar keperluan internet yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari dan berapa banyak perangkat yang terhubung ke jaringan. Perlu dicatat, semakin tinggi bandwidth yang ditawarkan semakin mahal pula harga yang dibanderol. 
 

5. Tes dan Perhatikan Layanan Pelanggan 

Beberapa provider internet saat ini sudah menawarkan kesempatan uji coba layanan, yang memungkinkan calon pelanggannya mengetes kecepatan koneksi sebelum berlangganan sepenuhnya. Coba tanyakan langsung ke provider apakah menyediakan hal ini, dan manfaatkan sebaik mungkin. 

Hal lain yang bisa jadi pertimbangan sebelum memilih provider internet adalah layanan pelanggan (customer service) yang responsif dan mudah dihubungi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui hal ini adalah melakukan pengecekan ulasan pelanggan di berbagai platform seperti website atau media sosial. 

Baca juga: Bekasi Jadi Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Review Printer Canon G4770, Paket Komplet Kebutuhan Rumahan

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Kuliner Khas Bali yang Ramah di Kantong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: