BTOB (Sumber Foto: (Twitter/@kvibe_yonhap)

BTOB Tak Perbarui Kontrak dengan Cube Entertainment Setelah 11 Tahun Bersama

06 November 2023   |   20:21 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kabar mengejutkan datang dari boy group K-pop BTOB. Setelah 11 tahun bersama, semua member memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak eksklusif mereka dengan Cube Entertainment. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh agensi melalui pernyataan resminya.

BTOB dan Cube Entertainment sepakat untuk tidak memperbarui kontrak mereka setelah melewati proses diskusi yang panjang. "Kami berdiskusi secara hati-hati dengan member BTOB dalam waktu yang lama sebelum berakhirnya kontrak kedua mereka dengan kami, selama percakapan itu, diputuskan bersama bahwa kami tidak akan memperbarui kontrak satu sama lain," tulis Cube Entertainment, dikutip dari Allkpop.

Baca juga: Cube Entertainment Segera Debutkan Boy Group Baru Nowadays

Lebih lanju,  agensi mengungkapkan terima kasih kepada semua member, mulai dari Eunkwang, Minhyuk, Changsub, Hyunsik, Peniel, dan Sungjae atas kerja sama yang dibangun selama lebih dari satu dekade tersebut. Cube Entertainment juga memastikan akan terus memberi dukungan kepada BTOB pada masa mendatang.

"Sayangnya, hubungan antara Cube Entertainment dan BTOB telah berakhir, tapi kami dengan tulus akan mendukung perkembangan dan masa depan mereka," demikian pernyataan agensi.

Meski begitu, belum ada kabar lebih lanjut mengenai nasib BTOB setelah berpisah dari agensi lamanya. Apakah mereka akan berpisah atau terus berkarier dengan nama BTOB. Mengenai manajemen pun belum diketahui apakah para member akan berpencar di agensi berbeda atau mendirikan agensi baru. 
 

Dugaan Berakhirnya Kontrak BTOB

Sebelum dirilisnya pernyataan resmi oleh Cube Entertainment, telah beredar kabar bahwa BTOB sudah hengkang dari agensi sejak seminggu lalu. Seperti diberitakan Sports Chosun, alasan mengapa BTOB tidak memperpanjang kontrak eksklusif adalah karena tidak mencapai kesepakatan dengan agensinya.  Permasalahan muncul terkait penggunaan nama grup mereka.

Diketahui para member harus membayar hak merek dagang kepada Cube Entertainment jika ingin tetap memakai nama BTOB. Para anggota sudah bernegosiasi supaya bisa tetap memakai nama grup yang sekarang dengan leluasa. Namu,  baik grup dan agensi sama-sama tidak menemukan titik terang atas permasalahan tersebut.

Meski demikian, Sports Chosun tak menyebutkan besaran atau persentase imbalan yang diminta agensi atas penggunaan nama BTOB dalam negosiasi itu. Beberapa rumor lain juga muncul terkait negosiasi perpanjangan kontrak. Kabarnya ada lima dari enam personel BTOB yang tidak memperpanjang kontraknya. Dengan demikian ada satu orang yang setuju untuk memperpanjang kontrak, tapi tidak diketahui siapa.

Selain itu, agensi lain sudah berebut untuk mengontrak BTOB, mereka menawarkan 6 miliar won atau senilai Rp71,7 miliar jika grup tersebut berkenan pindah dari Cube Entertainment. Nah Genhype, nantikan saja kabar selanjutnya dari BTOB ke depan akan seperti apa ya. 

BTOB atau singkatan dari Born to Beat debut pada 2012 di bawah naungan Cube Entertainment. Grup ini terdiri dari Eunkwang, Minhyuk, Changsub, Hyunsik, Peniel dan Sungjae. Salah satu anggotanya, yakni Ilhoon meninggalkan group pada 31 Desember 2020 lalu karena kontroversi penggunaan obat terlarang.

BTOB merilis album mini debut mereka yang bertajuk Born to Beat pada 3 April 2012, dengan menampilkan lagu Insane dan Imagine. Sejak pertama kali muncul di industri musik Korea Selatan, grup ini telah menerima beberapa penghargaan atas kecakapan vokal mereka. Beberapa di antaranya termasuk Best Vocal Group Award di 30th Golden Disc Awards dan Ballad Award di 25th Seoul Music Awards.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kenali 5 Desain Hunian Ramah Difabel, Mulai dari Halaman hingga Kamar Tidur yang Nyaman

BERIKUTNYA

Cara Merawat Warna Rambut Di Rumah agar Tetap Sehat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: