Ilustrasi tumbuhan yang digunakan sebagai pengobatan herbal. (Sumber gambar: Natalya Veitkevich/Pexels)

Inilah 6 Jenis Tumbuhan dI Sekitar Kita yang Biasa Digunakan Pengobatan Herbal

06 November 2023   |   18:50 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Kekayaan alam Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Berbagai tumbuhan dapat hidup dan berkembang karena dukungan faktor tanah yang subur. Sejumlah tanaman yang tumbuh di sekitar kita juga memiliki berbagai manfaat yang membantu kehidupan manusia.

Beberapa tumbuhan juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pengobatan tradisional, atau menjadi obat herbal yang diyakini memiliki berbagai manfaat.

Lantas apa saja jenis tumbuhan yang digunakan oleh masyarakat sebagai pengobatan herbal?. Yulia Christina S. Pareira, dokter umum di Puskesmas Lekebai, Kabupaten Sikka, menjelaskan beberapa jenis tumbuhan yang sering digunakan oleh masyarakat sebagai obat beberapa penyakit.

Berikut jenis tanaman yang digunakan dalam pengobatan herbal yang sering tumbuh di sekitar kita:
 

1. Jahe
 

Tumbuhan Jahe. (Sumber gambar: Mockup Grapichs/Unsplash)

Tumbuhan Jahe. (Sumber gambar: Mockup Grapichs/Unsplash)

Jahe merupakan tumbuhan rempah yang sering kita temukan di dapur. Biasanya jahe digunakan oleh masyarakat sebagai penambah cita  rasa dalam menu masakan. Namun, selain sebagai rempah, jahe juga biasa digunakan oleh para peramu jamu untuk dijadikan sebagai obat.

Kandungan yang terdapat dalam jenis rempah yang satu ini, adalah vitamin C, magnesium dan zat antioksidan tubuh. Dengan berbagai kandungan yang dimiliki, jahe berfungsi dalam meningkatkan sistem imun tubuh dan sebagai antioksidan. Jadi tidak heran jika kalian melihat para penjual jamu yang menjajakan jamu jahe yang dikombinasikan bersama rempah lainnya.
 

2. Kunyit

 

Tumbuhan kunyit. (Sumber gambar: Karl Solano/Pexels)

Tumbuhan kunyit. (Sumber gambar: Karl Solano/Pexels)



Tumbuhan kunyit biasanya digunakan masyarakat untuk mengolah berbagai menu kuliner. Selain sebagai bumbu, kunyit juga digunakan masyarakat sebagai pengobatan herbal dalam menyembuhkan berbagai penyakit,  seperti meredakan peradangan, mengurangi nyeri haid, mengatasi masalah kulit. Hal ini dikarenakan dalam tumbuhan kunyit mengandung glukosa, kalium, kalsium, dan zinc.
 

3. Kencur

 

Tumbuhan kencur. (Sumber gambar: Uzair Ali/Unsplash)

Tumbuhan kencur. (Sumber gambar: Uzair Ali/Unsplash)



Kencur merupakan tumbuhan yang memiliki akar di bawah tanah. Tumbuhan yang dikenal juga sebagai cikur ini terkenal sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa pada masakan. Kendati demikian, kencur atau cikur ini juga digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional yang ampuh menangani beberapa penyakit.

Kandungan dalam kencur, adalah serat, fosfor, zinc, vitamin C dan K, serta folat. Sebagai salah satu rempah yang mengandung zat yang baik, dalam pengobatan kencur digunakan untuk pengobatan diare, membantu menghentikan pendarahan, serta menghilangkan gejala perut kembung.
 

4. Temulawak

 

Temulawak. (Sumber gambar: Tamanna Rumee/Unsplash)

Temulawak. (Sumber gambar: Tamanna Rumee/Unsplash)


Bagi pecinta jamu tentu sudah tidak asing lagi dengan temulawak. Penggunaan  temulawak dalam jamu berfungsi sebagai pelancar sistem pencernaan, antikanker, meningkatkan imun tubuh, anti peradangan dan penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan temulawak mengandung  protein, mineral, kurkuminoid, terpenoid, dan xanthorrhizol.

 

5. Lidah buaya

 

Lidah buaya. (Sumber gambar: Cintia Siqueira/Pexels)

Lidah buaya. (Sumber gambar: Cintia Siqueira/Pexels)


Tumbuhan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi dalam dunia kesehatan. Hal ini karena berbagai manfaat yang dapat kita temukan di dalamnya. Kandungan baik dalam lidah buaya di antaranya vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, E, kolin, dan lainnya.

Dengan demikian lidah buaya biasa digunakan oleh masyarakat sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas karena mengandung antibiotik, salep tradisional dalam menangani luka bakar, mengatasi masalah wasir, mengatasi masalah pada rambut dan juga sebagai pelembab kulit.

Baca juga: Merawat Kekayaan Herbal Indonesia Lewat Rasa yang Lebih Memanjakan Lidah

6. Kumis kucing

Kumis kucing merupakan jenis tumbuhan liar yang juga dibudidayakan oleh masyarakat sebagai tanaman pengobatan herbal. Hal ini dikarenakan kandungan  flavonoid, triterpenoid, antiradang, antioksidan, fenolik, glikosida, sinensetin, dan saponin yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan-kandungan dalam tumbuhan kumis kucing  digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi, membantu masalah pernafasan, mengobati penyakit ginjal, mengatur gula darah, sehingga menurunkan berat badan. 

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Tip Bikin Croissant Anti Gagal Ala Chef Pastry Kevin Zwygart, Kuncinya Ada di Butter

BERIKUTNYA

Misi TRUST Orchestra Membumikan Orkestra di Tanah Air

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: