Penyanyi Gilang Samsoe tampil diiringi musik dari TRUST Orchestra yang dipimpin Music Director & Conductor Nathania Karina saat konser The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, Sabtu (4/11/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P)

Misi TRUST Orchestra Membumikan Orkestra di Tanah Air

06 November 2023   |   13:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Konser The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar menjadi penutup yang manis bagi perjalanan TRUST Orchestra sepanjang tahun ini. Setelah ini, grup orkestra yang dikonduktori Nathania Karina itu akan mulai bersiap untuk sebuah petualangan besar yang bakal diarungi pada 2024.

Bagi Nathania, 2023 merupakan tahun yang istimewa untuk perkembangan musik orkestra, khususnya pada pertunjukan-pertunjukan yang digelar TRUST. Sebab, jika biasanya TRUST hanya menyelenggarakan tiga kali konser besar saja dalam setahun, pada 2023 mereka secara spesial menampilkan empat pertunjukan.

Baca juga: TRUST Orchestra Sukses Hadirkan Konser Megah The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar

Hal itu terjadi karena konser The Legends 8: Symphonic Tales from Ghibli yang digelar Mei 2023 mendapat antusiasme yang begitu besar dari pencinta musik orkestra. TRUST pun akhirnya merespons itu dengan menggelar konser replay dengan tajuk yang sama pada September 2023.
 

a

JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P THE LEGENDS 9 : ADVENTURES FROM DISNEY-PIXAR Penyanyi Dorothy Averina tampil diiringi musik dari TRUST Orchestra yang dipimpin Music Director & Conductor Nathania Karina saat konser The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, Sabtu (4/11/2023). 

Rupanya, antusiasme besar itu masih terjadi pada konser The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar. Tiket untuk empat pertunjukan yang digelar selama dua hari berturut-turut ludes terjual hanya dalam hitungan jam.

Jika sebelumnya dibawakan lagu-lagu soundtrack dari animasi studio Ghibli, kali ini giliran lagu dari film-film Disney dan Pixar yang ditampilkan dalam lantunan musik orkestra megah.

“Memang antusiasme masyarakat terhadap musik orkestra ini makin besar. Tapi, kalau ditanya apakah akan ada replay lagi untuk edisi The Legends 9, saya tidak akan jawab ‘no’. Yang penting senantiasa memberikan experience yang baik untuk penonton, kalau memenuhi itu, kenapa tidak digelar lagi,” ungkap Natha kepada Hyepabis.id, Jumat (3/11).

Namun, yang pasti, kata Nathania, TRUST Orchestra bakal memulai petualangan baru pada 2024 yang lebih besar. Grup orkestra yang dibentuk pada pengujung 2013 ini akal mengikuti festival besar di Eropa.

Nathania ingin TRUST Orchestra juga terus berkembang, setelah tampil di Istana Negara pada acara Talenta Muda Bhinneka Tunggal Ika pada 2019 hingga malang-melintang bermain di panggung luar negeri. Termasuk World Orchestra Vestival 2019 pada tahun yang sama, tahun depan TRUST Orchestra bakal tampil di Edinburgh Festivals.

“Ya, kami tahun depan akan ikut Edinburgh Festivals. Jadi, nanti juga akan sekalian ke Inggris untuk tampil di beberapa kota, seperti London hingga Manchester. Itu masih dalam satu rangkaian festival di sana,” jelasnya.
 

JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P THE LEGENDS 9 : ADVENTURES FROM DISNEY-PIXAR Penampilan TRUST Orchestra yang dipimpin Music Director & Conductor Nathania Karina saat konser The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P THE LEGENDS 9 : ADVENTURES FROM DISNEY-PIXAR Penampilan TRUST Orchestra yang dipimpin Music Director & Conductor Nathania Karina saat konser The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Berbeda dari penampilannya di dalam negeri, TRUST Orchestra akan banyak menampilkan budaya Indonesia dalam balutan musik orkestra tentu saja. Mereka akan tampil dengan tujuan untuk membawa kebudayaan Indonesia ke masyarakat global, khususnya pencinta orkestra.

Di sisi lain, dirinya juga ingin menunjukkan bahwa Indonesia juga punya potensi besar dalam skena musik orkestra dunia. Menurutnya, ada banyak anak-anak muda yang punya bakat dan talenta besar. Nathania ingin memperkenalkan potensi tersebut lewat musik orkestra, yang mana cukup familiar bagi masyarakat Eropa.

“Dari Indonesia, khususnya paduan suaranya itu sudah banyak dikenal. Akan tetapi, orkestranya belum terlalu, kami ingin memulai itu,” tambahnya.

Terkait dengan persiapan, Nathania menyebut proses latihan akan langsung dimulai ketika The Legends 9 selesai digelar. Dia hanya berharap perjuangan latihan para anggota TRUST yang didominasi remaja ini bisa berjalan lancar hingga perhelatan festival digelar tahun depan.

Baca juga: Melihat Serunya Persiapan TRUST Orchestra Sebelum Konser The Legends 9: Adventures From Disney-Pixar

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Inilah 6 Jenis Tumbuhan dI Sekitar Kita yang Biasa Digunakan Pengobatan Herbal

BERIKUTNYA

4 Karakter Penting dalam Film The Marvels, ada Nick Furry

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: