Ilustrasi ramuan herbal untuk mengatasi asam urat. (Sumber gambar : Freepik)

Ini Dia 3 Ramuan Herbal Atasi Nyeri Asam Urat

16 November 2023   |   18:02 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, mengidap penyakit asam urat sungguh menyiksa. Kondisi ini tentu menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit yang tidak nyaman khususnya pada beberapa bagian tubuh atau sendi seperti pada jari kaki dan tangan, siku, lutut, hingga pergelangan kaki.

Rasa sakit ini terkadang berlangsung hingga berjam-jam dan mengganggu aktivitas orang yang mengalaminya. Dokter spesialis penyakit dalam Hady dari Eka Hospital Pekanbaru mengatakan bahwa asam urat adalah penyakit radang sendi yang terjadi ketika senyawa asam urat yang merupakan produk akhir dari metabolisme purin di dalam tubuh meningkat dan menumpuk dalam darah.

Penumpukan ini akhirnya menyebabkan nyeri sendi, yang dapat terjadi di area kaki atau tangan. Senyawa asam urat sejatinya memiliki peran penting dalam mengendalikan kadar purin dalam tubuh yang kemudian akan dibuang melalui urine.

Namun dalam kondisi tertentu, tubuh yang memproduksi asam urat terlalu banyak, akan mulai memproduksi kristal tajam yang bisa mengendap pada sendi dan jaringan-jaringan lainnya. “Ini menghasilkan nyeri yang hebat,” ujarnya dikutip Hypeabis.id, Kamis (16/11/2023). 

Mengutip informasi dari Siloam Hospital, asam urat tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Namun demikian, gejalanya bisa dikendalikan dan diredakan dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter. 

Baca juga: 5 Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda, Pola Makan Buruk dan Jarang Olahraga

Selain obat dokter, ada beberapa ramuan herbal yang dipercaya dapat mengatasi gejala asam urat lho, Genhype. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini yuk.

1. Campuran Sari Cuka Apel, Lemon, dan Kunyit

Ramuan cuka sari apel, perasan lemon, dan kunyit dipercaya dapat meredakan asam urat. Untuk membuatnya, siapkan setengah lemon, kau peras ke dalam secangkir air hangat. 

Selanjutnya, tambahkan dua sendok tek kunyit dan satu sendok teh sari cuka apel. Kamu bisa membuat komposisi sesuai selera. Minum dua hingga tiga kali sehari ya.

2. Teh Mahkota Dewa

Mahkota dewa yang sering disebut sebagai buah simalakama ternyata berkhasiat untuk mengatasi asam urat loh. Buah ini mengandung beberapa senyawa aktif seperti alkaloid, fenol, lignan, tannin, saponin, sterol, dan juga minyak atsiri yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Biasanya untuk mendapat manfaatnya, buah mahkota dewa dikeringkan kemudian diambil ekstrak yang untuk dijadikan kapsul untuk menghindari racun dari bijinya. Namun, tidak jarang yang menjadikannya teh herbal. 

Mengutip keterangan Dinkes Provinsi Yogyakarta, untuk membuat teh mahkota dewa, buah tersebut diiris menjadi potongan kecil dan tipis. Kemudian, buang biji yang mengandung racun. Keringkan irisan buah tersebut. 

Simpan mahkota dewa yang sudah kering ke dalam wadah bersih. Jika ingin mengonsumsinya, ambil 3-4 irisan ke dalam gelas yang berisi air mendidih. Minum selagi hangat.

3. Kompresan Jahe 

Jahe yang dikenal membantu pencernaan dan meredakan mual ternyata juga membantu mengatasi peradangan, termasuk asam urat. Sebuah penelitan yang dilakukan pada manusia mengungkapkan mengoleskan jahe sebagai pasta atau mengompres bagian yang terserang asam urat dengan jahe dapat mengurangi rasa sakit. 

Mengutip KHealth, untuk membuatnya, rebus satu sendok makan jahe segar yang telah diparut. Rendam kain bersih atau handuk kecil dalam campuran tersebut. Angkat, peras kain atau handuk diamkan beberapa saat. Oleskan pada sendi yang sakit, kompres selama 30 menit. 

Kamu juga bisa memasukkan jahe ke dalam masakan kamu untuk membantu mengurangi peradangan. Secangkir teh pun tak hanya menghangatkan tetapi membantu meredakan nyeri asam urat.
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Wawancara Eksklusif Amin Taasha: Seniman Afghanistan yang Memilih Tinggal & Berkarya di Indonesia 

BERIKUTNYA

Daftar Pemenang Penghargaan Grand Bell ke-59 2023, Film Concrete Utopia Raih Piala Terbanyak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: