ilustrasi tanaman herbal meniran (dok. Deltomed.id)

Kehabisan Obat & Vitamin saat Isolasi Mandiri? 5 Herbal Ini Bisa Jadi Gantinya

07 July 2021   |   15:11 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Jumlah pasien Covid-19 di Indonesia terus meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Kebutuhan terhadap obat-obatan medis pun juga ikut melonjak sehingga pasien yang saat ini sedang isolasi mandiri di rumah agak khawatir kehabisan obat-obatan atau vitamin.

Namun, Genhype yang sedang isolasi mandiri di rumah tenang saja ya karena ada beberapa bahan herbal alami yang ternyata memiliki efek serupa dengan obat-obatan medis yang dapat mengatasi gejala dan melawan virus Covid-19.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Vito Damay menyebutkan lima jenis herbal yang memiliki banyak khasiat dan memiliki efek anti virus serta dapat membantu meredakan gejala demam, batuk, hingga gangguan lambung

1. Sambiloto
Sambiloto memang telah sejak lama dipecaya memiliki khasiat sebagai imunomodulator dan antivirus sekaligus mencegah terjadinya replikasi virus. Efeknya, sambiloto ini dapat mengurangi reaksi peradangan pada tubuh. Untuk orang yang saat ini demam, sambiloto bisa membantu menurunkan dmam, membantu mengurangi  gejala gata –gatal dan nyeri pada tenggorokan. Sambiloto ini cukup mudah loh didapatkan di Indonesia.

2. Meniran
Meniran atau yang memiliki nama latin Phyllanthus urinaia ini merupakan jenis tanamana yang banyak ditemui di jalan atau di alam bebas. Memiliki bentuk daun bulat yang berukuran kecil, sekilas bentuknya mirip dengan daun putri malu.

Daun meniran ini mirip dengan teh dan dapat dikonsumsi dalam bentuk teh seduhan. Meskipun hidup di alam bebas, tetapi meniran memiliki efek imunostimultan yang bisa membantu mengoptimalkan sistem pertahanan tubuh kita

3. Jahe Emprit
Belakangan, jahe memang cukup popularr karena kandungannya yang dipercaya bisa mencegah virus karena memiliki sifat antiinflamasi. Ada beberapa jenis jahe yang bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat mulai dari jahe merah, jahe putih, dan jahe emprit.
Jahe emprit ini dapat membantu meningkatkan imunitas, selain itu juga memiliki efek dapat mengurangi rasa mual dan meringankan gejala nyeri otot ringan.

4. Daun Jambu Mete
Daun jambu mete atau yang juga dikenal dengan daun jambu monyet juga memiliki efek anti peradangan dan anti oksidan serta dapat membantu memulihkan sel  dan mencegah kerusakan sel lebih luas.

5. Akar Manis
Akar manis memiliki efek antioksidan sehingga dapat membantu melegakan tenggororkan dan membantu mengatasi mukosa lambung sehingga cocok bagi pendeita lambung dan magh. Selain itu, akar manis juga memiliki efek mengurangi poduksi adrenalin sehingga dapat menekan hormon stress agar kita juga bisa menjadi lebih rileks.

Vita mengatakan bahwa tanaman-tanaman herbal tersebut dapat ditanam sendiri di perkarangan rumah sehingga tidak perlu khawatir kehabisan obat di apotek atau di toko-toko kesehatan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Coba 3 Kegiatan Asyik Ini Saat Harus di Rumah Aja!

BERIKUTNYA

Jelang Rilis 9 Juli, BTS Keluarkan Teaser Video Single Permission to Dance

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: