Sumber Gempong, salah satu destinasi wisata di Desa Ketapanrame (sumber gambar: Instagram Sumbergempong.id)

5 Daya Tarik Liburan di Ketapanrame, Desa Wisata Terbaik di Indonesia

04 November 2023   |   18:30 WIB

Desa Wisata Ketapanrame menjadi desa wisata terbaik dalam ajang penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Desa wisata ini masuk dalam wilayah Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. 

Berada di antara lereng Gunung Penanggungan dan Gunung Welirang menciptakan suasana yang sejuk dan asri jika dipandang mata. Destinasi wisatanya beraneka ragam dan dikelola dengan baik sehingga mengantarkan Desa Wisata Ketapanrame berhasil mengalahkan 74 desa wisata lainnya dalam nominasi penghargaan ADWI 2023. 

Baca juga: Punya Pesona Alam & Budaya yang Wah, 5 Desa Wisata Indah Ini Wajib Dikunjungi

Penasaran dengan berbagai pilihan wisata dan spot menarik dari Desa Wisata Ketapanrame? Simak ulasannya berikut. 


1. Wisata Alam 

Desa Wisata Ketapanrame menawarkan pemandangan alami yang terdiri dari Wisata Sawah Sumber Gempong dan Air Terjun Dlundung.

Wisata Sawah Sumber Gempong menyuguhkan pemandangan gunung dengan hamparan sawah di bawahnya. Dilengkapi dengan wahana permainan, kalian bisa menikmati keindahan alam dengan berkeliling naik kereta sawah, naik sepeda layang, ayunan jantra, becak terbang, bebek air, ATV, hingga menunggang kuda. 

Tidak hanya sawah, terdapat pula kolam pemandian sumber mata air jernih yang menyegarkan. Tarif untuk masuk ke wisata ini cukup terjangkau hanya dikenakan biaya Rp5.000, dengan biaya tambahan jika ingin naik wahana permainan lainnya.

Berjarak 3,6 km dari Wisata Sumber Gempong, terdapat Air Terjun Dlundung yang eksotis. Dikelilingi oleh hutan lebat di sekitarnya menambah kesejukan alami yang membuat para wisatawan betah berada di sini.

Tak perlu khawatir jika ingin bermalam karena tersedia Camping Ground di sekitar area Air Terjun Dlundung. Kalian bisa merasakan pengalaman berkemah yang mengasyikkan dan menciptakan momen bersama keluarga. 


2. Wisata Buatan

Tidak hanya wisata alam, Desa Wisata Ketapanrame juga menawarkan wisata buatan yaitu Taman Ghanjaran sebagai taman rekreasi keluarga. Taman ini menyediakan taman dari berbagai jenis bunga, area playground, kolam renang anak, dan dewasa. Terdapat pula wisata edukasi ramah anak yaitu Taman Kelinci. Di sini kita bisa mengajak anak untuk mengenal dan memberi makan kelinci.


3. Menyaksikan budaya desa

Tak kalah menarik dari wisata alam dan buatan, terdapat budaya turun temurun khas Desa Wisata Ketapanrame. Tari Mayang Rontek, Seni Gamelan Pelog, dan Seni Bantengan menjadi kesenian yang bisa dinikmati pada event tertentu di Taman Ghanjaran dan Sumber Gempong.


4. Belajar lewat wisata edukasi

Desa Wisata Ketapanrame juga menyediakan wisata edukasi yang terdiri dari beberapa paket. Paket tersebut di antaranya adalah menanam padi, menjelajahi kebun kopi, memainkan gamelan pelog, hingga membuat jamu tradisional. Kita bisa merasakan pengalaman belajar langsung dari ahlinya dengan biaya mulai dari Rp100.000-Rp 200.000.


5. Berburu kuliner dan oleh-oleh

Tak lengkap rasanya berwisata tanpa mencicipi kuliner khas daerah. Nasi Empog menjadi menu andalan Desa Wisata Ketapanrame sambil menikmati indahnya alam. Jangan lupa untuk membeli produk UMKM seperti kopi arabica, kopi robusta, brownies ashitaba, dan cascara yaitu fermentasi kulit kopi yang bisa dijadikan buah tangan.

Kelima pilihan wisata di atas begitu menarik, bukan. Tak heran jika desa ini layak untuk menjadi pemenang dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. 

Baca juga: Cantiknya Nepal van Java, Desa Wisata dengan Tumpukan Rumah Warna-warni di Lereng Gunung

Teruntuk Genhype yang ingin berkunjung ke Mojokerto, ayo datang dan rasakan pengalaman terbaik di Desa Wisata Ketapanrame. Ciptakan momen liburan menarik dan nikmati keindahan alam serta budaya yang tak terlupakan.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Lebih Sehat, Yuk Cobain Resep Sambal Terong Rebus yang Viral Ini

BERIKUTNYA

Buku Biografi Iravati Mangunkusumo Sudiarso, Kiprah 6 Dekade Sang Empu Pianis Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: