Desa Wisata Pujon Kidul (Sumber gambar: Kemenparekraf)

Mudik? Jangan Lupa Mampir ke Desa Wisata 

27 April 2022   |   17:14 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Mudik dan libur Lebaran menjadi momentum masyarakat untuk sekaligus berlibur dan berwisata baik di daerah tujuan maupun di sepanjang perjalanan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan sejumlah program untuk turut membangkitkan sektor pariwisata di daerah salah satunya lewat desa wisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menuturkan bahwa aktivitas mudik tahun ini memiliki potensi besar untuk mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah. 

Dia menyebut, perputaran uang pada periode mudik Lebaran kali ini diperkirakan bisa mencapai angka Rp72 triliun, yang berasal dari retribusi dan belanja wisatawan yang jumlahnya mencapai 80 juta orang. Ini diyakininya akan berpengaruh pada 10-20 persen peningkatan ekonomi daerah. 

“Setelah 2 tahun kita berjuang mengatasi pandemi dari sisi kesehatan, sekarang saatnya mulai menata kembali ekonomi baru kita [Indonesia],” katanya dalam sambutan acara Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia. 
 

Sambutan Sandiaga Uno pada acara pelepasan Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

Sambutan Sandiaga Uno pada acara pelepasan Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)


Sandi menuturkan salah satu program yang disiapkan oleh Kemenparekraf adalah Travel Pattern bagi para pemudik agar mereka bisa singgah ke wilayah desa wisata yang ada di sepanjang jalur mudik, menikmati keunikan suasana yang disuguhkan penduduk desa setempat.

Dalam keterangan resmi sebelumnya, Sandi menyatakan bahwa pihaknya bersama dengan dinas pariwisata di daerah yang berada dalam lintasan Jalur Lintas Selatan tengah menyiapkan rencana potensi dan fasilitas pariwisata bagi para pemudik. 

Beberapa desa wisata yang disinggung antara lain Desa Wisata Malasari di Jawa Barat, Desa Wisata Pujon Kidul, dan Desa Wisata Tamansari di Jawa Timur. Mari kita tengok apa saja yang ditawarkan oleh ketiga desa wisata ini :
 

Desa Wisata Malasari, Jawa Barat 

Desa Wisata Malasari terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang merupakan wilayah dengan bentang kebun teh dan persawahan terasering. Wilayah ini juga dikelilingi oleh sungai serta memiliki banyak air terjun dengan variasi ukuran yang beragam. 

Desa wisata ini juga menawarkan beragam aktivitas kreatif misalnya kerajinan tradisional dengan adanya kegiatan pembuatan gula aren, memanen madu hutan, membuat teh, dan aneka kerajinan anyaman berbahan bambu dan rotan.
 

Desa Wisata Pujon Kidul, Jawa Timur 

Desa Wisata Pujon Kidul berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kawasan ini dibentuk sebagai sarana edukasi bagi masyarakat, di mana pengunjung bisa melakukan kegiatan bernuansa alam seperti memetik sayur, mengolah susu, dan menikmati wahana wisata alam lain. 

Kawasan ini juga memiliki banyak spot menarik yang bisa dikunjungi termasuk Bukit Nirwana, Kampung Budaya, Fantasy Land, The Roudh 78, dan Cafe Sawah untuk menikmati waktu santai di tengah bentangan alam nan hijau.
 

Desa Wisata Tamansari, Jawa Timur 

Desa Wisata Tamansari berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sekitar 24 kilometer dari pusat kota. Wilayah ini telah dikenal sebagai desa berbasis Smart Kampung sejak beberapa tahun terakhir. 

Beberapa lokasi wisata yang ada di kawasan ini adalah Kawah Ijen yang terkenal dengan api birunya, Sendang Seruni yang merupakan kolam air dari sumber pegunungan, Taman gandrung Terakota yang merupakan situs rawat ruwat seni budaya di kaki gunung Ijen. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mau Liburan? Likupang Bisa Jadi Pilihan

BERIKUTNYA

9 Oleh-Oleh Khas Jakarta untuk Keluarga di Kampung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: