Suasana Gampong Nusa Aceh (Istimewa)

Gampong Nusa, Eksotisme Desa Wisata Jadi Primadona di Aceh

23 January 2022   |   15:35 WIB
Image
Kamaruddin Mengingat bersama dengan menulis

Like
Menikmati panorama desa wisata Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, memiliki daya tarik tersendiri bahkan menjadi primadona baru untuk spot foto yang dipilih masyarakat. Tidak sedikit calon pengantin mengabadikan foto prewedding bertema outdoor di lokasi ini.

Wisata gratis ini disuguhkan dengan penuh keikhlasan oleh warga sekitar, tanpa pungutan parkir dan lain sebagainya. Pengunjung hanya perlu menjaga diri untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Seni natural terhampar dalam lanskap alam desa yang indah, perpaduan hamparan sawah dan pegunungan yang hijau. Warga Gampong Nusa tampaknya sangat kreatif. Mereka menghiasi teritori sekitar, termasuk membuat jembatan taman berbahan dasar kayu, sebagai akses untuk menyeberangi seonggok irigasi kecil. Jembatan penghubung sawah itu kini menjadi komposisi foto favorit di Gampong Nusa.

Pada zaman serba terkoneksi ini, lewat mesin pencari Google dan dinding-dinding media sosial seperti Facebook dan Instagram, tersebar luas konten yang melukiskan eksotisme keindahan alam di desa wisata Gampong Nusa. Google maps juga menavigasi rute menuju lokasi.

Penulis bersama seorang sahabat bernama, Aidil Irvannur, berkesempatan mengunjungi  Gampong Nusa pada Sabtu, 3 Juli 2021. Rutenya, menyusuri jalan nasional Banda Aceh - Meulaboh dengan jarak tempuh 10 kilometer. Gapura Gampong Nusa terpampang di kiri jalan setelah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Lhoknga, Aceh Besar. 

Sekitar 100 meter setelah melewati gapura, sebelum memasuki perkampungan, kiri dan kanan jalan disambut area persawahan. Melihat Gampong Nusa, terpatri di ingatan saya keindahan yang setara dengan Kampung Durian dalam serial televisi animasi anak-anak Upin & Ipin.

Berdiri di jalan setapak yang belum diaspal, pandangan saya menerabas tanpa batas di antara bukit Lhok Eumpe di penghujung desa. Hamparan sawah ratusan hektar membentang, sangat cocok menjadi latar belakang saat berswafoto dengan segala keelokan dan keasrian yang dirindukan oleh mata yang mulai kusut.

Karena keelokan dan keasrian sawah di Gampong Nusa, menjadikan gampong sebagai salah satu potensi desa wisata di Indonesia. Belakangan ini, objek wisata sawah pun menjadi salah satu objek wisata yang populer.

Di lokasi, kami bertemu dengan, Bahtiar, 35 tahun, yang mengaku pribumi desa setempat. Bahtiar mengatakan Gampong Nusa mulai ramai dikunjungi oleh masyarakat luar sekitar lima tahun lalu. Pemandangan yang masih sangat asri menjadi salah satu alasan, wisatawan datang.

Ia menceritakan dulu saat tsunami, Gampong Nusa mengalami kerusakan parah. Namun, pada tahun 2006, Gampong Nusa mulai di bangkitkan oleh sekelompok masyarakat, mereka menata kembali Gampong Nusa. Mulai dari mengelola sampah hingga melakukan penanaman pohon.

"Di Gampong Nusa ini, ada Bank Sampah yang sudah berjalan selama beberapa tahun terakhir. Di sini juga bisa menabung sampah untuk didaur ulang dan mendapatkan uang. Gampong Nusa juga ada pabrik Roti Nusa yang sudah terkenal ke seluruh Aceh," kata Bahtiar kepada penulis, Sabtu, 3 Juli 2021.

Di area persawahan Desa Gampong Nusa, kata Bahtiar, sering diadakan tradisi kenduri blang (tradisi kenduri saat panen raya). Para petani menjadi pelaksana kegiatan itu sebagai bentuk syukur atas rezeki Allah.

Kemudian, lanjutnya, masyarakat gampong sangat kreatif-kreatif terutama kaum perempuan. Berbagai jenis kreativitas bisa diolah menjadi rupiah. "Semoga ini terus berlanjut, bukan hanya sebagai desa wisata tapi juga desa UMKM," tambahnya.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bangunan itu terlihat sedang sibuk memperbaiki pinggiran irigasi. Karena takut mengganggu penulis menyilakan Bahtiar untuk kembali melakukan aktivitasnya.

Sementara itu, sahabat saya, Aidil Irvannur, 24 tahun, mengatakan sangat berkesan mengunjungi Gampong Nusa. Pemandangan yang begitu menakjubkan membuat dirinya melupakan sejenak setumpuk beban yang sudah menggumpal di kepalanya. 

"Ada aliran irigasi, ada jembatan taman kecil untuk penyeberangan, area persawahan yang begitu luas. Seolah seperti lukisan di buku gambar kita semasa belajar pelajaran menggambar di sekolah dasar," ungkap Aidil yang takjub akan keindahan Gampong Nusa.

Terdampak pagebluk Covid-19
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sejak pagebluk Covid-19 menghampiri seluruh bumi, termasuk Indonesia, khususnya Aceh. Gampong Nusa mulai sepi wisatawan, pemberlakuan jaga jarak di tempat kerumunan menjadi salah satu penyebab.

 

Suasana Gampong Nusa

Suasana Gampong Nusa


 

Desa Wisata Terbaik

Mengutip acehprov.go.id, Senin, 23 Agustus 2021, Gampong Nusa berhasil masuk nominasi 50 Desa Terbaik Indonesia tahun 2021. Gampong Nusa menjadi satu dari 1831 Desa Wisata di Indonesia yang melewati proses kurasi oleh dewan curator, hingga menembus babak 300 besar, dan tersaring menjadi 100 nominator. Kini Gampong Nusa tercatat menjadi satu satunya wakil Aceh yang masuk daftar 50 nominator Desa Wisata terbaik Indonesia 2021.

Pemerintah Aceh melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, menyampaikan apresiasi kepada Gampong Nusa yang terpilih sebagai salah satu dari 50 Desa Wisata terbaik di Indonesia.

“Selamat kepada Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar atas prestasi tersebut. Harapan kami serta kita semua, agar Gampong Nusa bisa menjadi yang terbaik nasional, dan menginspirasi gampong-gampong lain di Aceh,” kata Iswanto.

Menurut Iswanto, Gampong Nusa menjadi satu-satunya desa di Aceh yang akan dinilai langsung oleh tim juri dari Kemenparekraf, dan akan bersaing dengan 49 desa lain dari seluruh Indonesia.

“Sebagai Desa Wisata, Gampong Nusa telah memberikan kebanggaan bagi kita semua. Terima kasih telah menjadi yang terbaik di Aceh serta terus bersaing di level nasional. Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada Gampong Nusa,” ujar Iswanto.

Editor: Fajar Sidik


Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan murni hasil karya penulis yang bersangkutan sebagai penulis independen dan Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.

SEBELUMNYA

Gandeng Tangan Siap Beri Pendanaan UMKM Hingga Rp2 miliar Hanya Dengan Jaminan Invoice

BERIKUTNYA

Simak Sinopsis Film Nightmare Alley yang Hadirkan Bradley Cooper & Cate Blanchett

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: