Terong hijau. (Sumber foto: Flickr/Addison Berry)

Lebih Sehat, Yuk Cobain Resep Sambal Terong Rebus yang Viral Ini

06 November 2023   |   16:52 WIB

Sambal merupakan kondimen penting dalam hidangan kuliner di Indonesia. Perpaduan rasa pedas, asam, manis dan gurih membuat sambal digemari banyak orang. Salah satu yang ramai diperbincangkan di media sosial belakangan ini adalah sambal terong rebus. 

Berbeda dengan sambal terong biasanya yang menyajikan terong goreng sebagai lalapan atau pendamping sambal, sambal terong rebus diolah dengan merebus semua bahan dan mencampurnya menjadi satu. Sambal terong rebus terbilang cukup unik dan lebih sehat karena tidak digoreng. 

Baca juga: Resep Sambal Goreng Kentang, Hidangan Khas Pendamping Ketupat Lebaran

Sebuah penelitian dari UGM menyebutkan terdapat 322 macam sambal yang terdiri dari sambal mentah dan sambal masak. Hal ini menjadi fakta yang menarik bagi dunia kuliner Nusantara. Sudah menjadi identitas bahwa sambal adalah sausnya orang Indonesia. Tanpa sambal, sebuah masakan terasa tidaklah lengkap. 

Berbagai pilihan jenis sambal tersedia di menu warung kaki lima sampai restoran ternama. Bahkan, banyak dari pelaku UMKM yang membuat usaha dengan sambal sebagai menu utama. Lihat saja, Rumah Makan Padang yang menyajikan sambal ijo dan sambal baladonya. Masakan Bali yang identik dengan sambal matah, Jawa yang medok dengan sambal terasinya, dan Sulawesi yang khas dengan sambal roa. 

Tiap daerah memiliki sambal khas tersendiri yang menciptakan keunikan dari setiap rasa. Sebagai pendamping makan nasi dan lauk, kehadiran sambal menjadi suatu kewajiban bagi sebagian orang. Pun dengan sambal terong rebus yang bisa dibuat di rumah untuk pendamping makan nasi dan lauk.

Selain rasanya yang menggugah selera, sambal terong rebus juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Terong mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan memiliki senyawa anti-oksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Sementara itu, cabai dalam sambal juga diyakini bisa membangkitkan selera makan.

Melansir dari National Coalition on Health, adanya kandungan capsaicin dalam cabai memicu pelepasan endorfin dan dopamin sehingga membuat orang yang menikmati sambal merasa puas dan bahagia. 

Sambal terong rebus menciptakan perpaduan unik antara pedasnya sambal dan lembutnya terong. Apalagi diolah dengan cara direbus membuat sambal ini bisa menjadi menu pilihan bagi Genhype yang sedang diet karena lebih sehat, tidak menggunakan minyak goreng.

Mau tahu cara membuat sambal terong rebus viral ini? Berikut resepnya, kami hadirkan untuk Genhype


Sambal Terong Rebus

Bahan
  • 4 buah terong bulat, iris bagian atas
  • 5 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 5 buah cabai keriting
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 buah tomat, belah
  • ikan teri/ikan asin sesuai selera
  • 1 sdt terasi
  • Garam secukupnya,
  • Kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat
  1. Rebus semua bahan kecuali garam dan kaldu bubuk. Tunggu sampai matang dan air menyusut.
  2. Angkat dan taruh dalam cobek atau piring, beri garam, kaldu bubuk, dan haluskan.
  3. Sambal terong siap dinikmati 

Baca juga: Doyan Pedas? Coba 5 Resep Sambal Favorit yang Gampang Dibuat Sendiri

Mudah bukan untuk membuat sambal terong rebus? Untuk menikmatinya bisa tambahkan lauk favorit seperti telur dadar, tempe, atau tahu. Resep ini bisa dikreasikan sesuai selera dan tingkat kepedasan masing-masing. Yuk coba bikin, dijamin pasti ketagihan. 


Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Rundown Konser The Legend 9 Adventure From Disney Pixar 4-5 November 2023

BERIKUTNYA

5 Daya Tarik Liburan di Ketapanrame, Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: