Ilustrasi penggunaan makeup. (Sumber gambar : Freepik/Lookstudio)

Musim Pancaroba, Begini Cara Agar Makeup di Wajah Tetap Awet

03 November 2023   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Musim pancaroba segera datang. Di tengah peralihan cuaca ini, sulit memprediksi kapan hujan akan datang di tengah kemarau yang sudah berkepanjangan. Bisa saja ketika terik menyengat, dalam beberapa menit rintikan air turun dari langit. 

Satu hal yang dikhawatirkan para wanita di musim pancaroba ini adalah makeup yang luntur saat beraktivitas, terutama di luar ruang. Alhasil banyak yang mencoba ragam skincare hingga memakai riasan yang tebal agar wajah tetap on baik di panas terik maupun terkena rintik. 

Baca juga: Clean Girl Look Bakal Jadi Tren Makeup 2024, Ini 4 Kiat Merias Wajah Bak Hailey Bieber

Dokter Kecantikan Kardiana Purnama Dewi mengatakan ada sejumlah cara sederhana untuk dilakukan agar makeup di wajah tetap paripurna. Dia justru menganjurkan agar menghindari makeup yang terlalu tebal.

Terlalu banyak menggunakan bedak yang tebal bisa membuat produk kecantikan terkelupas di siang hari, terlebih jika aktivitas yang dilakukan banyak di luar ruangan. Alhasil wajah kalian akan terlihat seperti bercak-bercak atau warna kulit wajah menjadi tidak senada. 

Ada baiknya memilih produk makeup tahan air seperti waterproof mascara, eye liner, atau lipstik yang cenderung lebih tahan lama. 

Namun yang paling utama untuk menjaga riasan tetap awet menurut Kardiana adalah rutin membersihkan wajah agar selalu terlihat cerah. Di tengah musim pancaroba, produksi minyak pada wajah yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan kulit. 

Pastikan kulit wajah terus sehat, bersih dan lembap agar makeup tetap teraplikasi dengan sempurna. Untuk tipe kulit kering, Kardiana menyarankan untuk menghindari mencuci wajah dengan menggunakan scrub atau exfoliator.  

“Setelah dibersihkan dengan sabun khusus wajah, jaga hidrasinya dengan pelembap yang kaya kandungannya, seperti protein, mineral dan sebagainya,” ujarnya dikutip Hypeabis.id, Jumat (3/11/2023).

Berikutnya, kenali tipe kulit agar lebih mudah saat memilih produk. Gunakan produk kecantikan sesuai dengan jenis kulit katanya dapat membuat makeup lebih awet dan wajah terlihat segar sepanjang hari. 

Kardiana menyebut, cuaca ekstrem juga dapat menyebabkan kondisi kulit dehidrasi. Untuk kulit berminyak, gunakan pelembab bertekstur lotion atau water based. “Sedangkan untuk kulit kering, pelembap bertekstur creamy akan membantu menambah kadar air dalam kulit,” tambahnya.

Dalam keadaan apa pun, tetaplah memakai sunscreen. Akhiri langkah-langkah penggunaan skincare dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk mencegah efek buruk yang bisa timbul dari paparan sinar matahari, terutama pada siang hari di wilayah Jakarta dan sekitarnya. 

Dia menjelaskan, sinar matahari mengandung gelombang radiasi UVA dan UVB yang dapat menembus jendela. Untuk itu, produk skincare seperti sunscreen penting digunakan meski beraktivitas di dalam rumah. 

Untuk menangkal sinar UVA dan UVB, gunakanlah sunscreen berformula multispectrum atau broadspectrum. Kulit orang Indonesia cukup memilih sunscreen dengan SPF 30-50 PA++++. 

Terakhir, gunakan setting spray sebagai kunci makeup antiluntur. Tak dipungkiri, produksi minyak yang berlebih pada kulit merupakan salah satu penyebab utama makeup luntur di siang hari.

Untuk mencegahnya, selalu sediakan blotting paper atau kertas penyerap minyak wajah untuk menghilangkan penumpukan minyak pada wajah.

Baca juga: Lip Tint & Complexion Jadi Produk Makeup yang Paling Banyak Dicari

Alternatifnya, masyarakat bisa menyemprotkan setting spray pada wajah setelah mengaplikasikan makeup. Fungsi setting spray adalah untuk menjaga riasan tetap awet, tidak mudah luntur, dan terlihat menyatu dengan kulit wajah sehingga hasil makeup bisa lebih glowing. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tiket The Legends 9: Adventures From Disney-Pixar Ludes Terjual dalam Hitungan Jam

BERIKUTNYA

ASUS ROG Hadir di Indonesia Comic Con X DG Con 2023, Ada Turnamen Berhadiah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: