Lip tint jadi produk makeup yang paling diminati saat ini. (Sumber gambar: Karolina Grabowska/Pexels)

Lip Tint & Complexion Jadi Produk Makeup yang Paling Banyak Dicari

25 October 2023   |   21:51 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Produk makeup lokal masih menjadi incaran masyarakat. Laporan riset Populix bertajuk Unveiling Indonesian Beauty & Dietary Lifestyle menyebutkan bahwa sebanyak 54 persen masyarakat lebih memilih produk makeup lokal dibandingkan dengan dari luar negeri. Alasannya karena kualitas yang oke dan harga yang terjangkau. 
 
Co-founder sekaligus CPO ESQA Cosmetics Kezia Trihatmanto mengatakan produk makeup yang paling dicari masyarakat saat ini adalah lip tint dan complexion (kompleksion).

Lip tint adalah produk bibir berbentuk cair atau gel yang lebih tahan lama dibandingkan lipstik. Sementara kompleksion adalah istilah yang mengacu pada tampilan riasan wajah, mulai dari hasil foundation, BB cream, cushion, bedak atau concealer

Baca juga: Merek Kosmetik Lokal Terus Digandrungi, Produk Hybrid Makeup Jadi Incaran 

"Lip tint sekarang lagi booming banget, sales [penjualan] kami juga naik banget. Kami mengeluarkan produk [lip tint] 8 warna yang inklusif, mulai dari dark brown, merah, dan nudes, jadi bisa dipakai semua orang untuk sehari-hari atau event," katanya saat ditemui Hypeabis.id di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Kezia mengatakan bahwa dari seluruh penjualan makeup ESQA, kompleksion masih menjadi produk dengan market share atau pangsa pasar utama yakni sebesar 40 persen. "Produk kompleksion itu memang nomor satu di Indonesia," imbuhnya.

N

Co-founder sekaligus CPO ESQA Cosmetics Kezia Trihatmanto (kiri) dan Cindy Angelina selaku Co-founder dan CEO ESQA Cosmetics dalam acara pembukaan gerai pertama ESQA di Pondok Indah Mall 2, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Bicara soal produk kompleksion, ESQA juga menawarkan shade warna yang variatif mengikuti warna-warna kulit orang Indonesia. Kezia menjelaskan saat ini, ESQA telah memiliki 10 shade warna untuk sejumlah produk kompleksion seperti bedak, cushion, foundation, dan concealer
 
Untuk mendapatkan kesepuluh shade tersebut, ESQA melakukan proses riset dan pengembangan (R&D) produk dengan waktu yang cukup lama. "Soalnya untuk mendapatkan under tone serta shade yang benar dan beragam," katanya.
 
Dalam prosesnya, mereka menggunakan benchmark dari para staf yang dianggap mewakili warna-warna kulit masyarakat Indonesia mulai dari tipe kulit light to medium, light, medium, tanned, deep, dan tanned to deep, plus dengan under tone yang beragam pula. "Semua [produk] kita teruji dermatolog, klinik, dan laboratorium, juga non-comedogenic," imbuhnya.
 
Setelah berdiri lebih dari tujuh tahun, ESQA Cosmetics sendiri baru saja membuka toko pertamanya di Indonesia yang berlokasi di Pondok Indah Mall Skywalk, Jakarta Selatan. Mengusung tema Dunia Kecantikan yang baru, toko seluas 50 meter persegi itu menghadirkan desain mewah namun tetap fun yang didominasi dengan nuansa warna pink.
 
Cindy Angelina selaku Co-founder dan CEO ESQA Cosmetics menuturkan pihaknya bukan hanya ingin menghadirkan gerai kecantikan semata, tetapi juga toko dengan konsep desain yang kuat, untuk menambah kesan dan pengalaman pelanggan saat berkunjung. 
 
Dalam mendesain toko tersebut, Cindy mengatakan pihaknya bekerja sama dengan desainer interior lokal namun seluruh konsepnya tetap berasal dari tim internal, yang lebih menonjolkan konsep gerai yang futuristik namun tetap feminin. "Sehingga ketika mereka berkunjung, bisa terkoneksi dengan DNA brand ESQA yaitu glam, modern, futuristik, edgy, dan feminin," katanya.

Desain yang dihadirkan itu tak terlepas dari target pasar utama ESQA yakni kalangan anak muda seperti Generasi Z dan Milenial, mulai usia 18-34 tahun. Adapun, pembangunan gerai tersebut memakan waktu selama 3 bulan mulai dari merancang konsep desain hingga konstruksi. 
 
Butuh waktu hingga 7 tahun lebih bagi ESQA untuk membangun gerai fisik pertamanya. Cindy mengatakan sepanjang waktu tersebut, pihaknya berupaya untuk menciptakan produk makeup yang beragam dan inklusif, sehingga ketika membuka toko, konsumen mendapatkan pilihan produk yang variatif.
 
"Jadi sekarang dengan lebih dari 120 produk dan brand awareness-nya juga sudah cukup besar selama tujuh tahun, jadi saya pikir ini waktu yang tepat untuk kami," tambahnya.
 
Di toko ESQA, pelanggan dapat menjelajahi berbagai produk skincare seperti Supreme Treatment Essence dan Mist Universe Setting Spray, dan makeup mulai dari Flawless Cushion Serum SPF 50+ PA+++, Flawless Liquid Concealer, Flawless Powder Foundation, Goddess Eyeshadow Palette, Goddess Cheek Palette, Slick Drip Serum Lip Tint, dan lainnya.
 
Selain itu, ESQA juga menyiapkan beragam promo menarik terbatas yang berlaku mulai 25 Oktober-30 November 2023 seperti hadiah makeup pouch untuk transaksi minimal Rp200.000, dan tote bag untuk transaksi minimal Rp300.000. Sementara khusus pada 28-29 Oktober 2023, ada cash voucher tanpa minimum pembelian untuk 50 antrian pembeli pertama, senilai Rp150.000 hingga Rp1 juta.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menentukan Shade Foundation Makeup

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Penyanyi Louis Tomlinson Siap Gelar Konser di Jakarta Pada Januari 2024, Cek Lokasinya

BERIKUTNYA

4 Alasan Laptop Gaming Lebih Optimal Pakai AI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: