Ilustasi mata lelah (Sumber gambar: Anna Shvets/Pexels)

Ini Solusi Mengatasi Mata Lelah Akibat Kelamaan Menatap Layar Komputer

03 November 2023   |   19:18 WIB

Pada era serba digital seperti sekarang ini, apakah pekerjaan yang Genhype lakukan banyak yang berkaitan dengan komputer? Jika kalian merupakan salah satu pekerja tersebut, tidak heran mata yang sering terpapar layar elektronik menimbulkan kelelahan.

Dapat diketahui bahwa kondisi mata lelah dapat menyebabkan gangguan pada bagian tubuh lain, seperti nyeri bahu, leher kaku dan sakit kepala. Selain itu, masalah tersebut bisa menyebabkan penurunan produktivitas kerja.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi mata lelah akibat menatap layar laptop terlalu lama, yang bisa Genhype coba untuk mengurangi kondisi tidak nyaman, dilansir dari Rebuild Your Vision.


1. Menutup mata menggunakan telapak tangan

Salah satu gerakan yang dapat dilakukan ialah menutup mata menggunakan telapak tangan. Untuk melakukan gerakan ini, pertama gosokkan kedua tangan kalian hingga menghantarkan panas. Kemudian, pejamkan mata dan tempelkan telapak tangan pada bagian mata.

Terakhir, menekan telapak tangan ke mata kalian yang tertutup hingga area mata merasakan rileks Kembali.


2. Berkedip

Saat menatap layar komputer, tanpa sadar orang yang bekerja di depan layar komputer lebih jarang berkedip akibat terlalu fokus saat bekerja. Faktanya, berkedip dapat menjaga mata kalian tidak kering dan mencegah rasa gatal.

Untuk mengurangi risiko tersebut, cobalah untuk berkedip setiap empat detik. Sebab, berkedip dapat membantu kalian untuk kembali fokus dan meningkatkan konsentrasi sehingga membuat kalian produktif.


3. Gerakan memutar mata

Sama seperti memutar leher, memutar mata juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi otot mata kalian, terutama Ketika kalian telah duduk di depan layar komputer selama berjam-jam. Untuk itu, beristirahat sejenak untuk memutar mata selama bekerja sangat dibutuhkan.

Cara ini cukup mudah yaitu cukup tutup kelopak mata kalian dan menggerakkan mata dengan gerakan memutar. Hal ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot.

 

Ilustrasi menatap layar monitor komputer (Sumber foto Freepik)

Ilustrasi menatap layar monitor komputer (Sumber foto Freepik)



4. Pemindaian Visual

Setelah berjam-jam menatap objek dari dekat di layar, dibutuhkan usaha yang dapat menstabilkan mata dengan melihat objek baik yang dekat maupun yang jauh. Caranya dengan duduk dan amati ruangan tempat kalian berada. Temukan sebuah benda di salah satu ujung ruangan dan mulailah memindai garis besar setiap benda di ruangan tersebut.


5. Fokus pada hal lain

Mengistirahatkan mata dari layar dan sesekali fokuslah pada hal lain. Penting untuk mengalihkan pandangan dari layar komputer dan mengalihkan pandangan pada hal lain selama beberapa detik atau satu menit. Usahakan untuk melakukan ini setidaknya sekali setiap 10 menit. Aturan pembagian waktu yang baik adalah 10-10-10.


6. Melirik

Cara ini dapat dimulai dengan menutup mata sambal duduk. Kemudian setelah menutup mata, arahkan pandangan ke atas sejauh mungkin dengan nyaman. Setelah itu, tahan sebentar, lalu lihat ke bawah.

Baca juga: Tip Memilih Bingkai Kacamata Sesuai Bentuk Wajah, Biar Tampil Lebih Stylish

Gerakan ini dapat dilakukan beberapa kali sebelum mengambil istirahat sebentar dengan membuka mata sambil melihat area sekitar. Usai beristirahat, maka gerakan dapat dilanjutkan dengan menutup mata Kembali, namun kali ini menatap kiri dan kanan.


Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Berlaga dalam Film The Killer 2023, Inilah Deretan Film dengan Aktor Michael Fassbender

BERIKUTNYA

Kolaborasikan Otomotif & Fesyen, Soulnation Siap Dihelat di ICE BSD Tangerang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: