Ilustrasi menonton televisi sebelum tidur. (Nicolas J Leclercq dari Unsplash)

4 Efek Buruk Nonton TV & Main Ponsel Sebelum Tidur

21 May 2021   |   15:51 WIB

Genhype, pernah enggak sih lihat ada orang tua yang bisa tidur dengan mudah ketika televisi dinyalakan? Pernah juga enggak tiba-tiba ngantuk pas lagi nonton TV atau lagi mainin ponsel kamu?

Kalau kebanyakan orang tua atau bahkan Genhype sendiri bisa mudah tidur kalau televisi di rumah menyala, ternyata para ahli kesehatan mengatakan hal ini sebenarnya enggak baik buat kesehatan.

Nah loh. Kok bisa?

Penyebabnya jelas, televisi dan dan layar hape memancarkan cahaya biru yang bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan masalah kesehatan lain.

Selain itu, ini empat alasan lain mengapa tidur dengan televisi menyala bukanlah hal yang baik sebagaimana dilansir dari Healthline.

1. Kurang tidur
 

Ilustrasi kurang tidur. (Andrea Piacquadio dari Pexels)

Ilustrasi kurang tidur. (Andrea Piacquadio dari Pexels)


Menyalakan televisi sebelum tidur bisa menyebabkan berkurangnya jam tidur. Misalkan saja kalau durasi tidur pada umumnya sebanyak 8 jam, maka televisi bisa mengurangi jam tidur hingga 2 jam.

Dampaknya, seseorang bisa kurang fokus, mengalami kendala dalam berpikir jernih, bahkan menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental seperti insomnia.

2. Berkurangnya produksi melatonin
 

Ilustrasi tidur. (Ketut Subiyanto from Pexels)

Ilustrasi tidur. (Ketut Subiyanto dari Pexels)


Melatonin penting dalam proses tidur dan zat inilah yang membantu seseorang dalam mengetahui waktu tidur sehingga bisa kembali beraktivitas pada esok harinya.

Tapi, produksi melatonin bisa terhambat akibat cahaya biru yang berasal dari beberapa barang elektronik terutama televisi. Pengaruhnya ada pada kemampuan otak untuk tahu jam siang dan malam.

3. Stimulasi otak
 

Ilustrasi sulit tidur. (Andrea Piacquadio dari Pexels)

Ilustrasi sulit tidur. (Andrea Piacquadio dari Pexels)


Paparan cahaya biru dari televisi bisa menstimulasi kerja otak ketika seharusnya seseorang tidur. Inilah yang kemudian membuat pengaruh pada tubuh seseorang, di mana yang bersangkutan bisa merasa tidak lelah dan tidur oun tidak nyenyak.

Pada dasarnya, ini dipicu paparan cahaya serta suara yang bisa membangunkan atau membuat seseorang terjaga dari tidurnya.

4. Dampak kesehatan lainnya
 

Ilustrasi masalah kesehatan. (MART PRODUCTION dari Pexels)

Ilustrasi masalah kesehatan. (MART PRODUCTION dari Pexels)


Selain punya pengaruh pada kualitas tidur, dampak kesehatan lain jangka panjang yang mengintai seseorang akibat paparan layar elektronik adalah tingginya tekanan darah, penurunan imun tubuh, kehilangan memori, hingga obesitas.

Waduh kelihatannya sepele, ternyata dampaknya gede juga ya buat kesehatan kita. Jadi sobat hype sebaiknya mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan itu biar hidup kita lebih sehat ya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Coba 5 Resep Olahan Bayam ala Ayudia Yuk!

BERIKUTNYA

Wah! Aplikasi Satu Ini Bisa Jadi Pemandu Wisata Lho

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: