Ragam frame kacamata (Sumber foto: Unsplash/Wu Yi)

Tip Memilih Bingkai Kacamata Sesuai Bentuk Wajah, Biar Tampil Lebih Stylish

19 September 2023   |   22:09 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Kacamata saat ini bukan hanya digunakan sebagai alat bantu penglihatan atau pelindung mata dari paparan sinar matahari. Produk tersebut telah menjadi bagian dari aksesori dan item fesyen yang banyak dipakai untuk membuat penampilan jadi lebih menarik. 

Tak heran bila makin banyak model dan jenis frame kacamata yang menjadi pilihan. Bahkan tak sedikit yang memadukan kacamata dengan outfit yang dikenakan, serta menyesuaikan bingkai kacamata dengan bentuk wajah. 

Secara umum, bentuk wajah dibedakan menjadi lima yaitu persegi, bulat, hati, segitiga, dan oval. Dengan mengenali bentuk wajah, maka kalian akan mudah menentukan frame sesuai dengan bentuk wajah agar terlihat lebih proporsional. 

Baca juga: 3 Cara Perawatan Kacamata Resep, Wajib Dilakukan Rutin

Owner Your Glasses Indonesia Tubagus Anggi mengatakan bagi seseorang yang memiliki wajah bulat, maka bisa memilih kacamata dengan frame bersudut sehingga membuat wajah terlihat lebih tegas dan tidak terlalu bulat. Selain itu, kacamata dengan frame cat eye juga bisa menjadi pilihan karena memberikan efek pipi terlihat lebih tirus dan penampilan makin stylish.

Sementara itu, bagi pemilik wajah kotak dengan garis rahang yang kaku atau tegas bisa memilih frame kacamata yang berbentuk oval, bulat, atau D-frame sehingga dapat melembutkan fitur wajah dan menambah kontras. 

Bagi si pemilik wajah oval, kalian bisa memilih berbagai jenis kacamata. Akan tetapi, bila ingin membuat penampilan lebih keren, maka bisa bermain dengan ketebalan bingkai atau warna. “Bisa juga menggunakan frame cate eye dan warna bingkai yang unik sehingga dapat menambah kesan yang lebih keren,” tuturnya.

Untuk wajah segitiga maka bisa menggunakan kacamata dengan bingkai yang lebih lebar daripada tulang pipi agar dapat membuat bagian atas wajah lebih proporsional. Sementara, orang dengan wajah berbentuk hati, bisa memilih bingkai kacamata yang lebih tebal dan sedikit lebih lebar dibandingkan dahi.

“Bisa juga memilih frame yang cenderung bulat seperti D-frame atau cat eye. Selain itu, dapat menggunakan bingkai kacamata tebal dan frame yang lebar,” jelasnya. 
 

(Sumber foto: Unsplash/Omid Armin)

(Sumber foto: Unsplash/Omid Armin)

Adapun, Optician dari Optik Melawai Dicky mengatakan selain menyesuaikan dengan bentuk wajah, seseorang yang ingin memilih kacamata juga perlu memperhatikan ukurannya yaitu dengan cara menyesuaikan lebar wajah dengan lebar bingkai yang dipilih. “Perhatikan size yang ada di bingkai kacamata dan jangan lupa sesuaikan tipe bingkai dengan penggunaannya,” katanya.

Misalnya, untuk acara formal bisa memilih model konservatif atau frameless yang tanpa bingkai. Sedangkan untuk sehari-hari bisa memilih yang lebih kasual. Sementara itu, jika ingin menghadiri acara olahraga atau traveling maka bisa memilih kacamata dengan bingkai yang modelnya lebih sporty.

Dicky juga menyarankan, seseorang yang menggunakan kacamata minus dengan ukuran yang tinggi, sebaiknya memilih bingkai yang lebih kecil atau terbuat dari plastik agar lensanya terkesan tidak terlalu tebal.

Selain itu, dalam memilih kacamata juga perlu memperhatikan jenis kulit. Jika kulit sensitif dan alergi terhadap bahan tertentu, maka bisa memilih frame yang terbuat dari titanium, gold, atau acetate

“Kalau lensa bisa sesuaikan dengan frame. Misalnya, gunakan frame yang agak besar jika menggunakan lensa progresif atau bila menggunakan kacamata khusus baca maka bisa memilih frame vertical yang lebih kecil,” jelasnya.

Baca juga: Kenalan dengan Legion Glasses, Kacamata Unik Lenovo yang Bisa Jadi Monitor

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Perhatikan 4 Cara Merawat Iguana Bagi Pemula

BERIKUTNYA

Koleksi Musim Gugur Mark & Spencer 2023, Ada Sweater dan Long Coat Nuansa Earth Tone

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: