Ilustrasi olahraga (Sumber gambar: Unsplash/Gabin Vallet)

Makin Diminati, Cek Jenis Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan untuk Bakar Lemak

02 November 2023   |   17:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu cara menjaga kebugaran jasmani ialah dengan berolahraga secara rutin. Banyak kalangan memilih jenis olahraga kardio sebagai menu favoritnya karena memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Terlebih, jenis olahraga ini juga simpel dan mudah dilakukan.

Olahraga kardio merupakan jenis latihan jasmani yang bertujuan untuk memompa darah dari jantung dan paru-paru sehingga memaksimalkan pembakaran lemak maupun kalori. Oleh karena itu, jenis olahraga ini termasuk yang baik untuk kesehatan jantung.

Baca juga: Cara Aman Olahraga Trail Run yang Populer di Kalangan Anak Muda

Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan stamina tubuh. Termasuk ke dalam olahraga aerobik, jenis olahraga ini akan memaksimalkan penggunaan sebagian besar otot yang ada tubuh.

Menurut laman Kemenkes, untuk mencapai daya tahan kardiovaskular, olahraga kardio yang disarankan dilakukan 30 menit per hari. Minimal dilakukan tiga hari hingga tujuh hari per minggu.

Dengan melakukan olahraga kardio rutin, kesehatan jantung akan lebih terjaga karena mampu memompa secara lebih efisien, paru-paru juga bekerja lebih baik, dan volume darah dan sistem peredaran darah membaik.

Selain itu, jantung juga akan memompo lebih banyak darah, otot jadi makin kuat, ligamen, tendon, dan tulang pun menguat. Salah satu manfaat yang dicari lainnya ialah tubuh jadi lebih mampu menggunakan lemak sebagai sumber energinya.

Lantas apa saja yang termasuk ke dalam olahraga kardio? Berikut ulasannya.


Lari

Berlari merupakan aktivitas fisik yang mudah dan murah dilakukan. Cukup gunakan pakaian santai dan sepatu, Genhype bisa berlari keliling komplek rumah. Tidak Selalu di luar ruangan, dengan treadmill, lari juga bisa dilakukan di dalam rumah sekali pun.

Lari termasuk olahraga yang gampang dilakukan kapan dan di mana saja. Jika rutin dilakukan, lari akan membawa manfaat untuk membantu tubuh melakukan pembakaran lemak, menurunkan stres, hingga memperkuat tulang dan sendi.


Bersepeda

Jika tidak kuat berlari, bersepeda bisa jadi opsi lain yang cukup seru. Manfaatnya pun sama, yakni menjaga kebugaran jantung dan paru-paru. Bonusnya, bersepeda adalah olahraga yang seperti rekreasi.

Bersepeda juga punya manfaat lain, seperti mengendalikan berat badan, mencegah risiko penyakit kronis, hingga melatih koordinasi tubuh. Cobalah lakukan olahraga ini secara rutin untuk hasil yang diinginkan.


Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga kardio yang cukup baik. Sebab, olahraga ini menuntut gerakan hampir seluruh anggota tubuh. Berenang juga termasuk olahraga yang punya banyak gaya, dari gaya bebas, gaya dada, hingga gaya kupu-kupu. Variasi ini membuat olahragawan tak gampang bosan.

Jika rutin dilakukan, renang bisa jadi olahraga yang membantu melatih pernapasan karena kinerja dan kapasitas paru-paru lebih maksimal. Olahraga ini juga melatih fleksibilitas otot dan memperbaiki kepadatan tulang pada orang dewasa.


Mountain Climber Twist

Mountain Climber Twist bermanfaat untuk melatih otot perut. Bagi yang ingin memiliki perut lebih kencang, olahraga ini bisa jadi opsinya. Gerakannya yang mudah dan bisa dilakukan di mana saja membuatnya jadi favorit banyak orang.

Untuk melakukannya, Genhype bisa memposisikan diri seperti posisi plank, tetapi kedua tangan teregang lurus. Kencangkan otot perut, lalu tekuk lutut kiri dan silangkan ke arah kanan. Lakukan gerakan ini bergantian antara lutut kanan dan kiri. Bergeraklah secepat mungkin dengan durasi 30 detik hingga 60 detik.


Jumping Jacks

Meski terlihat sederhana, gerakan jumping jacks mampu membakar kalori secara efektif. Jenis olahraga kardio ini juga cukup mudah dilakukan. Posisikan berdiri dengan tegak, lalu melompatlah dan bentangkan kedua tangan ke atas.

Lakukan gerakan tersebut berulang hingga durasi yang telah ditentukan. Latihan ini cukup bermanfaat intuk menyehatkan jantung dan penguatan pada otot-otot kaki.

Baca juga: 5 Tip Olahraga yang Baik & Tidak Berlebihan Supaya Terhindar dari Cedera


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Cek Daftar Rekomendasi Hotel Dekat Lokasi Konser Ed Sheeran di Jakarta

BERIKUTNYA

Selain Semangka, 3 Buah Ini Juga Jadi Simbol Dukungan Palestina

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: