Serial Gadis Kretek (Sumber gambar: Instagram.com/netflixid)

Daftar Pemain Gadis Kretek, dari Dian Sastrowardoyo hingga Arya Saloka

02 November 2023   |   07:57 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Setelah membuat penonton penasaran lewat teaser dan trailer-nya, akhirnya serial Gadis Kretek kini resmi dirilis di platform Netflix pada Kamis, 2 November 2023. Gadis Kretek merupakan serial adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Ratih Kumala.

Karya ini akan menjadi serial pertama yang digarap oleh sutradara Kamila Andini. Di bangku sutradara, Kamila akan kembali berduet dengan Ifa Isfansyah. Serial Gadis Kretek menceritakan kisah cinta dengan latar belakang industri kretek pada era 1960-an. Ceritanya akan berkutat pada Dasiyah, seorang perempuan yang gemar meracik saus rokok kretek.

Suatu ketika, dia bertemu dengan Soeraja hingga terjalin sebuah jalinan cinta di antara keduanya. Namun, sebuah peristiwa besar dalam sejarah Indonesia terjadi. Bertahun-tahun setelahnya, perjumpaan anak Soeraja bernama Lebas dan Arum menjadi penanda baru petualangan mengungkap masa lalu yang lama terpendam.

Baca juga:  10 Film & Serial Netflix November 2023, Gadis Kretek sampai The Squid Game: The Challenge

Serial ini akan dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris ternama Indonesia. Sebelum menonton Gadis Kretek, mari berkenalan terlebih dahulu dengan karakter yang ada di dalamnya.


1. Dian Sastrowardoyo

Aktris Dian Sastrowardoyo menjadi salah satu yang terlibat di dalam serial ini. Dian merupakan aktris yang memulai kariernya dari modeling pada 1996-an. Namanya mulai menanjak ketika membintangi film Ada Apa dengan Cinta bersama Nicholas Saputra. Lewat film ini pula, dirinya mendapatkan penghargaan Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2004.

Kali ini Dian akan memerankan tokoh Dasiyah, seorang wanita yang hidup pada wangsa 60-an dan gemar meramu saus kretek. Dalam serial ini, tokoh Dasiyah akan punya peran sentral dan penting.


2. Ario Bayu

Ario Bayu akan berperan sebagai Soeraja. Tokoh ini diceritakan sebagai seorang pengusaha rokok kretek. Dia kemudian terlibat sebuah asmara yang penuh misteri dengan Dasiyah yang diperankan Dian Sastrowardoyo.

Sebagai seorang aktor, Ario Bayu telah malang melintang membintangi banyak judul besar. pria kelahiran 1985 ini memulai kariernya pada film Bangsal 13 (2004). Dia juga pernah menjadi karakter Lintang Dewasa pada film Laskar Pelangi. Salah satu penghargaan yang pernah didapatnya ialah sebagai Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop di Festival Film Bandung.


3. Putri Marino

Putri Mariono bakal berperan sebagai Arum. Tokoh ini menggambarkan seorang gadis independen yang punya rasa ingin tahu yang tinggi. Karakter ini akan jadi salah satu pendorong pengungkap tabir tersembunyi.

Nama Putri Marino tak asing lagi di dunia sinema. Dia pernah membintangi banyak film, mulai dari Posesif, Mau Jadi Apa?, Menunggu Pagi, Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta, The Big 4, hingga One Night Stand. Berkat kepiawaiannya dalam berkating, Putri pernah mendapatkan Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2017.


4. Arya Saloka

Arya Saloka merupakan aktor dan model yang dikenal masyarakat Indonesia lewat serial Ikatan Cinta. Setelah membintangi berbagai FTV, kini dirinya mulai banyak membintangi film layar lebar, Mulai dari Wedding Proposal, Habibie & Ainun 3, hingga Cinta Dalam Kardus.

Pada serial Gadis Kretek, Arya akan memerankan karakter Lebas. Dia merupakan anak dari Soereja, yang dikenal sebagai salah satu pengusaha rokok ternama di daerah tersebut. Lebas inilah pewaris dari perusahaan tersebut.


5. Rukman Rosadi

Rukman Rosadi merupakan aktor, pelatih akting, sekaligus sutradara asal Indonesia. Pria kelahiran 1972 ini juga adalah dosen di salah satu institut seni di Indonesia. Rukman mengawali kariernya dalam beberapa episode di sinetron Oh Mama Oh Papa pada 1995.

Dia lalu banyak berakting di film-film ternama, seperti Soekarno, Guru Bangsa: Tjokroaminoto, Mencari Hilal, Rudy Habibie, hingga Mobil Bekas dan Kisah-kisah dalam Putaran. Dalam serial Gadis Kretek, Rukman Rosadi akan berperan sebagai Idroes Moeria.


6. Sha Ine Febriyanti

Sha Ine Febriyanti akan berperan sebagai Roemaisa. Sosok karakter yang pintar dan berani. Tokoh ini punya peran penting dalam alur cerita, utamanya pada penyebab perpecahan dua perusahaan rokok besar.

Sebagai seorang aktris, Sha Ine telah banyak membintangi film ternama. Mengawali kariernya di dunia model, Ine kemudian mulai membintangi film Beth, I am Hope, Bumi Manusia, hingga Budi Pekerti.

Baca juga 4 Hal Menarik dalam Trailer Serial Gadis Kretek, Latar Belakang Sosok Dasiyah Dikupas

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Horor Kultus Iblis, Kisah Ilmu Hitam di Desa Misterius

BERIKUTNYA

Sejarah & Makna Peringatan Hari Arwah Sedunia 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: