Ilustrasi rumah Dian Sastrowardoyo (Dok. Instagram @therealdisastr)

5 Tips Dekorasi Rumah Maksimalis ala Dian Sastrowardoyo

20 February 2022   |   15:51 WIB

Baru-baru ini, warganet dikejutkan dengan penampilan rumah milik aktris sekaligus enterpreneur Dian Sastrowardoyo yang dibuka secara rinci melalui akun Rumah Gibah Cerita di Instagramnya @biasalahanakmuda. Dalam unggahan Stories yang rilis pada Sabtu (19/02/2022), banyak yang memuji rumah Dian yang terkesan nyaman dan asri.

Akun Rumah Gibah Ceria membuka banyak hal di dalam rumah Dian melalui tur virtual dalam bentuk foto-foto di fitur Storiesnya, mulai dari halaman depan, ruang keluarga, ruang makan, hingga kamar mandi dan dapur.

Menariknya, semua ruangan ini diperkirakan memiliki konsep yang ramai dengan sebutan maximalist karena penggunaan warna cerah dan banyaknya pajangan atau aksesoris yang digunakan di setiap ruangannya. Yuk intip 5 tips untuk menciptakan hunian maximalist yang nyaman yang terinspirasi dari rumah Dian Sastrowardoyo.
 

1. Gunakan warna kontras

Konsep maximalist mengutamakan penggunaan warna cerah yang menarik mata. Untuk memberikan kesan yang hidup dalam sebuah rumah, diimbau untuk memilih banyak warna untuk beberapa ruangan berdasarkan preferensi pribadi dan kesan yang ingin diciptakan di dalam beberapa ruangan dengan warna dasar netral seperti putih dan krem.

Jika melihat dari tur virtual rumah Dian, dia memilih warna putih dan krem sebagai warna dinding untuk hampir seluruh bagian interior rumahnya, sedangkan warna yang lebih berani dipilih untuk bagian halaman depan dan taman belakang dengan memanfaatkan material batu bata asli.

Lalu, Dian menggunakan beberapa warna cerah untuk dekorasi dan furnitur seperti piring antik, sofa, sarung bantal cushion, figura foto, hingga cat untuk jendela di dapur.
 

2. Manfaatkan barang koleksi untuk galeri pajangan

Dekorasi Piring di rumah Dian Sastrowardoyo. (Dok. Pinterest @TheRealDisastr)

Dekorasi Piring di rumah Dian Sastrowardoyo. (Dok. Pinterest @TheRealDisastr)

Dekorasi Piring di rumah Dian Sastrowardoyo. (Dok. Pinterest @TheRealDisastr)

Dekorasi Piring di rumah Dian Sastrowardoyo. (Dok. Pinterest @TheRealDisastr)

Dekorasi Piring di rumah Dian Sastrowardoyo. (Dok. Pinterest @TheRealDisastr)

Dekorasi Piring di rumah Dian Sastrowardoyo. (Dok. Pinterest @TheRealDisastr)

Dian dikenal sebagai artis yang memiliki koleksi piring, di mana hobi ini kemudian menjadi elemen utama dari dekorasi pajangan di setiap sudut rumahnya baik di dalam ruangan kerja, ruang santai, bahkan di dalam taman. Penataannya pun bisa disesuaikan dengan warna yang digunakan dan kesan yang ingin dibangun.

Ini bisa terlihat sejak masuk ke halaman depan dan dapur, di mana dia menata beberapa piring koleksinya di dinding. Kemudian koleksi piringnya dipajang secara individu maupun kolektif di antara deretan buku, pajangan keramik, hingga di depan lukisan.
 

3. Buku jadi dekorasi penting

Dikutip dari Mymove.com, buku ternyata menjadi elemen utama dalam konsep maksimalis karena konsep desain ini sebenarnya merupakan salah satu konsep yang diidam-idamkan oleh sebagian pecinta buku. Tidak hanya mengoleksi piring, Dian juga dikenal artis yang memiliki hobi membaca buku.

Koleksi bukunya bertebaran di dalam berbagai sudut ruangan. Meski sebagian besar bukunya diletakkan di dalam berbagai laci kabinet ruang kerjanya, buku-buku ini kemudian menghiasi hampir semua sudut ruangan baik di ruang santai, ruang makan untuk acara penting, kamar mandi, maupun di ruang keluarga.
 

4. Harus tetap nyaman

 

Ilustrasi desain interior maximalist. (Dok. Spacejoy dari Unsplash)

Ilustrasi desain interior maximalist. (Dok. Spacejoy dari Unsplash)

Meski konsep ini terkesan penuh karena penggunaan variasi warna dan dekorasi yang banyak, desain interior dengan konsep ini juga harus tetap nyaman lho! Inilah mengapa pemasangan warna jadi kunci yang enggak kalah penting di dalam konsep maximalism.

Jika ingin melihat dari desain interior rumah Dian, maka kombinasi warna cerah dan netral bisa jadi contoh membuat konsep ini tetap hidup dan nyaman di saat yang bersamaan. Salah satunya adalah di bagian dapur dan ruang makan utama, di mana Dian menggunakan cushion berwarna biru-putih yang selaras dengan cat jendela di dapur yang tepat bersebelahan dengannya.

Ditambah dengan elemen netral seperti kayu yang menyeimbangkan warna netral pada sebagian besar elemen, Dian mengaplikasikan konsep ini sehingga ada kesan nyaman dan ramah di kedua ruangan tersebut.

Ini juga sama dengan ruang keluarga, di mana Dian menyeimbangkan warna putih krem yang netral di bagian dinding dengan warna biru tua pada bagian sofa dan dekorasi di sekitar televisi.
 

5. Tambahkan elemen tanaman

Konsep maximalism yang dikonsep Dian tidak hanya nyaman dan ramah, tapi juga asri. Ini didukung dengan banyaknya tanaman yang dia letakkan di halaman depan, di dalam dapur, taman belakang, teras, ruang tamu, ruang makan, dan kamar mandi.

Mengutip salah satu unggahan Stories akun Rumah Gibah Cerita, beberapa tanaman yang dia gunakan adalah Sirih Gading atau Devil's ivy, Kuping Gajah atau Anthurium crystallinum, Ekor Tupai atau Asparagus densiflorus, Lumut Spanyol atau Spanish moss, dan Pohon kelor.


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Suho EXO Rilis Video Teaser Terbaru, Potensi Comeback?

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Tempat Brunch di Jakarta, Cocok Buat Hangout Lho!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: