(Sumber gambar: freepik)

Kenali 5 Cara Pencegahan Cacar Monyet yang Sedang Merebak

01 November 2023   |   16:30 WIB

Penyakit cacar monyet cukup mengkhawatirkan nih Genhype. Sebab, penyakit ini sudah tersebar di beberapa daerah. Cacar monyet  merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus langka dari hewan (zoonosis) dan sering kali secara umum disebut dengan nama virus monkeypox.

Penyebutan cacar monyet sendiri bukan tanpa alasan karena, hal ini dikarenakan monyet merupakan inang utama dari penyebaran virus monkeypox. Faktanya, kasus pertama cacar monyet sudah muncul dari tahun 1970 di Kongi, Afrika Selatan, yang menular dari monyet ke manusia seperti yang dilansir dari cdc.gov.

Baca juga: Kementerian Kesehatan Catat Puluhan Kasus Cacar Monyet di Berbagai Wilayah, Yuk Waspada Genhype

Bagaimana sih bentuk dari cacar monyet ini? Pada saat seseorang terkena penyakit ini, maka permukaan kulitnya muncul bintil-bintil bernanah, bahkan hingga melepuh. Sama seperti penyakit cacar lainnya, cacar monyet juga dapat diiringi dengan gejala lain seperti, demam dan pembengkakan pada kelenjar getah bening di ketiak.

Disinyalir bahwa penularan sering terjadi akibat bergonta-ganti pasangan maupun pasangan sesama jenis yang sering melakukan hubungan seksual berisiko. Masyarakat diimbau agar lebih berhati-hati dengan menjaga diri dari pergaulan bebas serta melakukan hubungan seksual yang aman. Agar Genhype mengetahui lebih dalam lagi tentang bagaimana cara pencegahan virus ini, yuk, simak beberapa penjelasan berikut ini!
 

1. Hindari kontak dengan hewan atau orang yang dapat menjadi penularan virus

Genhype wajib waspada, karena virus cacar monyet bisa menyebar lewat sentuhan atau kontak fisik dengan hewan atau orang yang terinfeksi, serta benda yang telah terkontaminasi oleh virus. Maka dari itu, hindari kontak langsung yakni, menyentuh luka, berpelukan, mencium, maupun berhubungan seksual dengan pasien cacar monyet.
 

2. Rutin cuci tangan dan gunakan hand sanitizer

Mencuci tangan menggunakan air serta menggunakan cairan desinfektan secara rutin. Disarankan saat sebelum makan dan menyentuh wajah, dihimbau agar mampu meminimalisir virus atau bakteri jahat yang dapat masuk ke dalam tubuh.
 

3. Hindari penggunaan benda hingga alat makan yang sama dengan pasien cacar monyet

Ternyata, penularan virus ini juga bisa dihindari dengan tidak memakai barang yang sama dengan pasien. Beberapa deretan bendanya yaitu, peralatan makan seperti gelas, sendok, dsb. Hal lainnya, dilarang juga untuk menyentuh tempat tidur, handuk, serta pakaian pasien cacar monyet sebab virus dapat menyebar melalui benda yang terkontaminasi.
 

4. Wajib mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) jika ingin melakukan kontak dengan pasien cacar monyet

Jika Genhype di situasi yang mengharuskan melakukan kontak fisik dengan pasien, pastikan kalian menggunakan alat pelindung diri/APD lengkap agar tidak terinfeksi.
 

5. Memasak daging dengan benar dan matang

Cacar monyet adalah jenis penyakit zoonosis, yaitu berasal dari hewan. Proses pengolahan bahan makanan terutama daging harus dilakukan dengan benar dan sampai benar-benar matang merata, supaya semua virus dan bakteri yang ada bisa mati.

Baca juga: Komisi Eropa Setujui Vaksin Imvanex untuk Atasi Cacar Monyet

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

3 Resep Menu Vegan yang Mudah Dibuat di Rumah, Cobain Yuk

BERIKUTNYA

Penuh Tantangan, Begini Cara Pemain Membangun Karakter di Film Srimulat: Hidup Memang Komedi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: