Let's Pound Together (sumber: https://poundfit.com/about/)

4 Persiapan Olahraga Pound Fit Agar Sehat dan Fun

01 November 2023   |   13:32 WIB

Belakangan ini konten tentang olahraga pound fit bertebaran di sosial media Olahraga yang berasal dari California, Amerika Serikat ini memang sedang menjadi tren dan digemari oleh banyak kalangan, termasuk generasi milenial dan generasi Z.

Tak heran jika saat ini sudah banyak juga instruktur dan komunitas pound fit di berbagai kalangan masyarakat dan aktif mengampanyekan hidup sehat dengan cara yang berbeda tersebut.

Pound fit merupakan salah satu olahraga yang cukup seru di mana latihannya menggunakan gerakan yang enerjik seperti menabuh drum dengan alunan musik yang penuh semangat. Hal itu, membuat olahraga pound fit ini menjadi pilihan yang menarik. 

Baca juga: Mengenal Pound Fit, Olahraga dengan Dua Stik yang Asyik

Mengutip dari laman resmi Pound Fit, olahraga ini terbentuk pada 2011 yang diinisiasi oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom, penabuh drum wanita yang juga seorang atlet olahraga. Keduanya merasa bahwa bermain drum dan berolahraga adalah hal yang sama, sehingga mereka mulai menggabungkan gerakan menabuh drum dengan memasukkan unsur kardio di dalamnya. 

Pound fit bermanfaat untuk melatih otot, menjaga kebugaran tubuh dan mampu menurunkan berat badan. Dalam sesi latihan 45 menit saja, seseorang dapat membakar sampai dengan 900 kalori dalam tubuh.

Tidak hanya itu, pound fit juga dapat membantu meningkatkan kemampuan otak hingga menghilangkan stres. Bisa dikatakan olahraga ini sebagai salah satu terapi fisik yang menyenangkan.

Lalu jika ingin mulai rutin melakukan pound fit, harus mulai dari mana ya? Berikut beberapa hal yang dapat disiapkan sebelum memulai pound fit.


1. Ripstix

Dasar dari pound fit adalah gerakan menabuh drum dengan kardio, jadi membutuhkan alat bantu seperti stik drum yang dinamakan ripstix. Fungsinya sebagai pengganti beban, khususnya pada tangan.

Ripstix memiliki bobot yang lebih ringan dari stik drum karena terbuat dari bahan plastik, sehingga mudah dan aman digunakan untuk bergerak. Pastikan stik yang dipakai ini benar-benar ripstix, bukan stik atau tongkat yang lain. Biasanya beberapa kelas pound fit juga menyediakan ripstix untuk disewakan.


2. Matras

Selain ripstix, peralatan lain yang harus disiapkan untuk pound fit adalah matras. Karena beberapa gerakan pound fit terinspirasi dari yoga dan pilates, maka matras sangat membantu agar meminimalisir risiko cedera saat melantai. Pilihlah matras dengan ketebalan yang pas dengan bahan ringan dan tidak licin saat digunakan.


3. Pakaian olahraga yang nyaman

Sama halnya dengan olahraga lain, pound fit juga membutuhkan pakaian olahraga yang nyaman. Apalagi gerakan dari pound fit ini cukup banyak dan intens, sebaiknya menggunakan pakaian yang sedikit longgar agar tubuh lebih leluasa bergerak.

Selain itu, karena pound fit merupakan olahraga yang fun, pakaian yang digunakan bisa dipadupadankan dengan warna-warna cerah atau kostum tertentu untuk menguatkan kesan menyenangkan.


4. Mengikuti kelas pound fit

Pound fit memang dapat dilakukan sendiri di rumah maupun dengan mengikuti kelas pound fit khusus yang biasanya berkelompok. Namun bagi pemula, sebaiknya dimulai dengan mengikuti kelas pound fit terlebih dahulu.

Tujuannya agar dapat merasakan atmosfer keseruan serta meningkatkan semangat untuk rutin melakukan olahraga ini. Di sisi lain, instruktur juga lebih mudah mengoreksi gerakan apabila terdapat kesalahan. 

Baca juga: Mengenal Olahraga Pound Fit yang Sedang Tren, Sehat dan Menyenangkan

Persiapannya cukup mudah, bukan? Selain beberapa hal di atas, persiapan fisik pun tetap perlu dilakukan saat akan memulai pound fit agar terhindar dari cedera dan dapat memaksimalkan tujuan dari senam itu sendiri. So, it's time to pound fit!.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sinopsis Drakor Moon in The Day Mulai Tayang di Viu, Kisah Cinta Tragis & Memilukan

BERIKUTNYA

Berkat Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, Sutradara Mouly Surya Terima Penghargaan Akira Kurosawa 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: