Olahraga Pound Fit (Sumber gambar: Pinerest/womenshealthmag.com)

Mengenal Olahraga Pound Fit yang Sedang Tren, Sehat dan Menyenangkan

07 October 2023   |   19:30 WIB

Dalam setahun terakhir, olahraga pound fit semakin banyak digandrungi masyarakat. Indikasinya, berbagai acara pound fit yang dihadirkan di sejumlah kota besar di Indonesia, hampir selalu ramai didatangi para penggemar olahraga.

Pound fit sendiri merupakan olahraga mirip dengan aerobik yang diiringi irama musik yang energetik dan penggunaan alat bernama ripstix.

Dengan menggabungkan gerakan kardio, melatih ketahanan fisik, dan elemen gerakan drumming, menjadi satu sesi latihan seru untuk kegiatan olahraga secara beramai-ramai.

Baca juga: Kenali Manfaat & Cara Melakukan Power Nap yang Efektif

Gerak tubuh berdurasi sekitar 45 menit ini menjadi pengalaman berolahraga yang unik dan menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Dikutip dari Health Fitness Revolution (2023), tren olahraga pound fit ini muncul dari perbukitan Hollywood, California yang diciptakan oleh Carrie Ekins.

Uniknya dia menemukan olahraga ini saat berada di kursi roda. Enkins yang duduk di kursi roda itu menggunakan drum sebagai inspirasinya untuk menghasilkan sesuatu yang merupakan perpaduan intens antara cardio, taiko (alat musik seperti drum), serta dance.

Selain unik dan menyenangkan, kalian dapat merasakan banyak manfaat dari olahraga ini. Berikut sederet manfaat pound fit bagi kesehatan.


1. Membakar Lemak

Pound fit adalah cara yang cocok untuk menurunkan berat badan. Gerakan pound fit yang efektif dapat membakar lemak hingga 900 kalori selama satu jam berolahraga maupun setelahnya.


2. Meningkatkan mood

Sebagian orang yang mengalami mood kurang baik dan sedang mengalami stres, olahraga pound fit ini bisa menjadi pilihan karena gerakan secara keseluruhan dapat menjernihkan pikiran, meningkatkan fungsi dan kemampuan kognitif, dan dapat membuat suasana hati lebih baik sepanjang hari.

Selain itu pound fit dapat membantu melawan depresi serta mengurangi risiko diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.


3. Melatih otot bagian tengah

Gerakan pound fit dapat melatih otot seluruh tubuh serta memperkuat otot perut, otot pinggul dan bokong. Jika gerakan pound fit ini sering dilakukan secara rutin dengan cara yang benar, akan membantu membentuk tubuh menjadi lebih ideal.

Baca juga: Makin Populer di Indonesia, Cek Manfaat & Kiat Olahraga Panjat Tebing


4. Meningkatkan fokus

Gerakan pound fit ini menggunakan kecepatan dan ketepatan saat memukul drum yang dapat membantu kalian lebih berkonsentrasi. Gerakan itu, bermanfaat untuk melatih fokus dan berpikir positif yang pada akhirnya dapat membantu kalian ketika mengambil keputusan menjadi lebih bijak.

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Menikmati Beragam Karya Kreatif di Gedung Tua Ala Senyum Museum

BERIKUTNYA

Gantikan Sarah Burton, Alexander McQueen Gandeng Sean McGirr Sebagai Direktur Kreatif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: