Olahraga pound fit (Sumber gambar: Sukapound Official Instagram)

Mengenal Pound Fit, Olahraga dengan Dua Stik yang Asyik

05 March 2023   |   18:11 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Khilda Utami (24) kerap menghadapi kesulitan untuk konsisten berolahraga. Berbagai olahraga telah coba ditekuninya mulai dari workout di rumah hingga menjalani fitness di tempat latihan gym. Namun, dia tidak merasakan sensasi senang dan menikmati saat melakukan kedua rutinitas olahraga tersebut.

Sampaiakhirnya dia mengenal satu olahraga bernama Pound Fit. Diakui olehnya bahwa olahraga aerobik satu ini membawa kesenangan tersendiri lantaran dilakukan secara berkelompok, dan bergerak dengan adanya iringan lagu. Selain itu, penggunaan stik dalam olahraga ini juga dinilai membawa rasa asyik tersendiri.

"Olahraga jadi sesuatu yang menyenangkan di pound fit. Selain banyak teman, selama 5 bulan ikutan olahraga ini, saya merasa tubuh lebih segar dan jarang cepat capek," ujar perempuan yang berprofesi sebagai penata rambut itu. 

Baca juga: Banyak Orang Minat Olahraga Yoga, Ternyata Ini Alasannya

Ya, pound fit merupakan salah satu olahraga yang sedang digemari masyarakat saat ini. Latihan yang dilakukan dengan gerakan seperti menabuh drum dengan alunan musik enerjik, membuat olahraga ini menjadi pilihan yang menarik. Selain menyenangkan, pound fit juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jika konsisten dilakukan.

Instruktur Sukapound, Belinda Rena Bachtiar, menjelaskan pound fit adalah latihan kardio yang gerakannya terinspirasi dari latihan menabuh drum (drumming). Latihan ini mirip seperti aerobik, tetapi ciri khasnya adalah menggunakan alat yang dinamakan ripstix yaitu stik drum ringan seberat 0,45 kg yang dirancang khusus untuk berolahraga.

"Kalau latihan secara tatap muka biasanya ripstix akan disediakan oleh pelatih. Tapi kalau latihan online bisa diganti dengan alat apa pun tapi harus tetap aman," katanya.

Olahraga pound fit pertama kali dikenalkan oleh mantan penabuh drum yang berbasis di California, AS, Kristen Potenza dan Cristina Peerenboom pada 2011. Mereka berdua mulai menggabungkan gerakan seperti menggebuk drum dengan unsur latihan kardio di dalamnya.

Latihan fisik ini memungkinkan praktisinya untuk menggerakkan tubuh secara sistematis dan tetap bertenaga. Kombinasi suara dan gerak yang beraturan dengan menggunakan stik sebagai medianya menjadi variasi olahraga yang belum pernah ada sebelumnya.
 

Olahraga pound fit (Sumber gambar: Sukapound Official Instagram)

Olahraga pound fit (Sumber gambar: Sukapound Official Instagram)

Gerakan Pound Fit

Perempuan yang akrab disapa Rena itu menjelaskan dalam pound fit terdapat 4 posisi gerakan yakni gerakan dengan posisi set atau sumo squad dengan mengunci bagian perut, lunge yakni posisi satu kaki ke depan dengan pinggul perlahan-lahan diturunkan, posisi duduk atau kit, dan posisi T&A atau thighs and assets yakni telentang dengan menekuk lutut dan mengangkat bagian bawah tubuh.

"Latihan pound fit biasanya berdurasi 45 menit untuk satu sesi, dan akan ada warming up [pemanasan] dan cooling down [pendinginan] dengan masing-masing satu lagunya berdurasi 3 menit," jelasnya.

Sebelum melakukan olahraga pound fit, ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan diantaranya ripstix, matras, dan pakaian yang nyaman. Selain ripstix, matras juga sangat penting untuk digunakan saat olahraga pound fit. Tujuannya guna memastikan tubuh tidak sakit karena gerakan-gerakan yang sifatnya melantai.

Seperti kebanyakan jenis olahraga lainnya, pound fit juga merupakan latihan fisik yang fleksibel. Olahraga ini bisa diikuti oleh siapa pun dengan level kemampuan apa pun mulai dari pemula hingga expert. Selain itu, olahraga ini juga bisa dilakukan kapan saja selama tubuh dalam kondisi siap untuk berolahraga. Kendati demikian, latihan pound fit tetap harus dipandu oleh instruktur bersertifikat atau yang disebut pound pro.

"Pound fit sebenarnya bisa diikuti oleh siapa saja dan semua kalangan usia, karena yang penting bisa berkoordinasi dengan irama lagunya, gerakannya, juga dalam penggunaan ripstix-nya," kata Rena.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika rutin melakukan olahraga pound fit. Sebagai salah satu olahraga dengan intensitas tinggi atau high intensity interval training (HIIT), pound fit bermanfaat untuk melatih otot jantung, daya tahan tubuh (endurance), termasuk membantu untuk latihan koordinasi.

Selain itu, gerakan-gerakan yang dilakukan selama latihan pound fit juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh secara keseluruhan. Seperti squad, lunge, dan kit yang bisa melatih otot perut, serta gerakan thighs and assets (T&A) yang bisa melatih otot bagian bawah dari tubuh. Adapun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan melakukan pound fit sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

"Jadi selain jantungnya sehat, badan juga jadi lebih kencang khususnya di lower body. Selain itu, bisa lebih happy juga karena kita melakukannya sambil mendengarkan musik-musik yang populer jadi relate banget," imbuhnya.

Baca juga: Cek Fakta Seputar Olahraga Dansa yang Viral

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Soulvibe Sapa Penggemar Lewat Single Anyar Berjudul Sekali Lagi

BERIKUTNYA

Menangkap Peluang Ekspor Produk Kerajinan Tangan lewat Inacraft

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: