Penumpang KRL Commuterline (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Perjalanan KRL Bogor-Jakarta Kota Lebih Cepat, Yuk Cek Jadwal Terbarunya Mulai 1 November 2023

31 October 2023   |   19:09 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pengguna kereta rel listrik atau KRL Jabodetabek perlu memperhatikan kembali jadwal terbaru moda transportasi tersebut. Bukan tanpa sebab, mulai Rabu, 1 November 2023 terdapat jadwal baru. Jangan sampai salah jadwal malah membuat kalian tertinggal kereta dan telat sampai ke kantor. 

VP Corporate Secretary PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba mengatakan bahwa perusahaan bersama dengan KAI Daerah Operasi 1 Jakarta akan memberlakukan penyesuaian Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai 1 November 2023.

“Penyesuaian ini berdampak terhadap laju kecepatan maksimal perjalanan, percepatan waktu tempuh, dan penyesuaian jadwal perjalanan Commuter Line Bogor,” katanya dalam pernyataan resmi Selasa, 31 Oktober 2023.

Baca juga: Ternyata 6 Faktor Ini yang Bikin Kereta Cepat Whoosh Bisa Melesat Hingga 350 Km/ Jam

Penyesuaian tersebut juga seiring dengan pengembangan prasarana di lintas Bogor – Manggarai. Dalam operasionalnya, kecepatan perjalanan KRL di lintas tersebut mengalami perubahan dari 70 kilometer per jam menjadi 80 kilometer per jam.

Perubahan kecepatan itu membuat jarak tempuh perjalanan kereta rel listrik dari Stasiun Bogor, Jawa Barat, menuju Stasiun Manggarai/Jakarta Kota mengalami pengurangan dari 7 sampai 8 menit.

Perjalanan KRL yang pada awalnya membutuhkan waktu 92 menit menjadi 85 menit di lintas Bogor – Jakarta Kota. Sedangkan waktu tempuh perjalanan Bogor – Manggarai yang semula mencapai 70 menit hanya menjadi 62 menit.

Perjalanan kereta yang lebih cepat itu membuat waktu keberangkatan commuter line Bogor di seluruh stasiun lintas Bogor – Jakarta Kota mengalami perubahan. Manajemen pun mengimbau para pengguna memperhatikan kembali jadwal perjalanan agar tidak tertinggal kereta.

Jadwal pemberangkatan perjalanan Commuter Line Bogor di seluruh stasiun pemberhentian mengalami perubahan mulai dari 1 sampai 5 menit. Manajemen, pada 1 November 2023 juga akan menambah dua perjalanan pada keberangkatan awal commuter line di Stasiun Bogor pada pagi hari, yakni pukul 05.25 WIB dan 05.50 WIB.

“Untuk jadwal terbaru, pengguna bisa melihat melalui aplikasi C-Access. Pengguna juga bisa melihat update jadwal terbaru melalui website commuterline.id atau sosial media resmi KAI Commuter @commuterline,” ujarnya.

Selain itu, manajemen juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melalui perlintasan sebidang di lintas Bogor – Manggarai untuk menjaga keselamatan mengingat kecepatan maksimalnya mengalami penambahan.

Dia menekankan kepada para pengemudi kendaraan baik sepeda motor maupun mobil untuk berhenti ketika sinyal di perlintasan sebidang sudah berbunyi, palang pintu kereta sudah mulai ditutup, dan isyarat lainnya untuk mendahulukan perjalanan kereta  api.

Baca juga: KCIC Tambah Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Sampai 30 Oktober 2023

Untuk diketahui, KRL Jabodetabek adalah salah satu moda transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan kerja. Individu yang tinggal di daerah seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi kerap menggunakan moda transportasi berbasis rel itu untuk bekerja di Jakarta atau sebaliknya. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Film Srimulat: Hidup Memang Komedi Angkat Kembali Kisah Grup Lawak Legendaris

BERIKUTNYA

Film Tokusatsu Bardion Produksi Dalam Negeri Siap Tayang di Indo Comic Con x DG Con 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: