Salah satu adegan dalam film Tokusatsu Bardion (Sumber gambar: IG/bardionofficial)

Film Tokusatsu Bardion Produksi Dalam Negeri Siap Tayang di Indo Comic Con x DG Con 2023

31 October 2023   |   22:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Episode perdana film seri bergenre fiksi ilmiah khas Jepang produksi Bardi Smarthome, yakni Tokusatsu Bardion, akan tayang dan diperkenalkan di ajang Indo Comic Con x DG Con 2023 pada 4 November 2023. Karya yang memiliki total enam episode secara keseluruhan itu adalah produksi dalam negeri.

Executive Producer/Creator Bardion Yudi Tukiaty mengatakan bahwa ide untuk menghadirkan film ini tidak dapat dilepaskan dari ketertarikan diri dengan film-film yang memiliki genre Tokusatsu dari Jepang. Menurutnya, film dengan genre tersebut baik untuk anak muda lantaran banyak menghadirkan cerita moral yang baik seperti keberanian, pantang menyerah, dan perilaku adil.

Baca juga: Serial Spin-off The Boys, Gen V Hadirkan Kisah Seru Sekolah Pahlawan Super Muda

"Saya kemudian juga ingin membuat kreasi untuk masyarakat Indonesia," katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Selasa (31/10/2023). 

Lebih dari itu, Yudi mengatakan bahwa film Tokusatsu Bardion juga menjadi ajang pembuktian kepada banyak pihak bahwa banyak pekerja kreatif Indonesia memiliki kompetensi, serta mampu membuat film dengan genre Tokusatsu.

Tidak hanya itu, karya tersebut juga merupakan bentuk unjuk gigi bahwa kreativitas atau IP Indonesia bisa bersaing dengan negara lain. "Saya harap film ini juga harap dapat menginfluence generasi muda untuk berperilaku positif, pantang menyerah, dan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Bardion sebagai IP genre pahlawan Tokusatsu dapat memperkuat geliat produksi film nasional. Karya ini sepenuhnya diproduksi oleh pekerja kreatif dalam negeri.

"Nantinya juga akan ada penayangan Bardion 'Directors Cut’ di beberapa layar bioskop tanah air. Jadi untuk penonton di bioskop dapat menyaksikan full episode dari Bardion serta Bardion 'directors cut'," katanya.

Dikutip dari akun Instagram bardionofficial, film itu bercerita tentang petualangan Bara dan Byron Sigma Force (BSF) dalam melindungi powerfield dari Syndrome. Powerfield disebut tidak boleh jatuh dalam kendali Syndrome.

Jika Syndrome berhasil menguasai Powerfiled, bumi dan planet Byron akan musnah untuk selama-lamanya. Selain rilis di Indo Comic Con, episode perdana berjudul Pahlawan yang Hancur juga akan rilis bersamaan di platform digital Youtube dan saluran televisi RTV.

Seiap minggunya, cerita tentang Tokusatsu Bardio akan rilis satu episode sampai dengan episode keenam. Secara keseluruhan, film ini memiliki enam episode.

Masih dalam sumber yang sama, para penonton film ini akan menyaksikan sejumlah perbedaan dengan karya lain yang sejenis. Salah satu di antaranya adalah pengucapan kata "berubah" atau "henshin" ketika seseorang akan menjadi hero.

Di Bardion, para sineas lebih memilih menggunakan kata fight on daripada "berubah". Langkah ini bertujuan guna menunjukkan spirit bahwa Bardion ingin bertarung dan juga memiliki tujuan serta semangat yang membara. “[kata] Fight On akan kami gunakan untuk keseluruhan cara Bara berubah menjadi Bardion,” demikian tertulis.

Baca juga: Film Virgo & The Sparklings Segera Tayang, Kisah Seru Pahlawan Super Remaja

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Perjalanan KRL Bogor-Jakarta Kota Lebih Cepat, Yuk Cek Jadwal Terbarunya Mulai 1 November 2023

BERIKUTNYA

Kementerian Kesehatan Catat Puluhan Kasus Cacar Monyet di Berbagai Wilayah, Yuk Waspada Genhype

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: