Batik salah satu barang yang kerap menjadi oleh-oleh (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ John Bastian)

5 Oleh-oleh Khas Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Wisatawan Asing

31 October 2023   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Oleh – oleh atau buah tangan menjadi budaya yang ada di dalam banyak masyarakat, baik Indonesia maupun negara lain. Ketika melakukan perjalanan ke suatu daerah, kita tentu memiliki kebiasaan membawa sesuatu yang unik dan khas untuk orang tercinta, keluarga, atau teman dari tempat tersebut.

Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan berbagai macam hal, termasuk budaya. Kondisi ini membuat negara yang berada di kawasan Asia Tenggara itu memiliki produk-produk kebudayaan yang tidak ada di negara lain.

Baca juga: Enggak Cuma Bakpia, Cek Rekomendasi Oleh-oleh dari Yogyakarta Selain Makanan Ini

Produk kebudayaan itu menjadi sesuatu yang menarik, unik, dan khas, sehingga banyak wisatawan dari negara lain yang datang untuk berlibur atau melakukan perjalanan bisnis membelinya untuk dibawa pulang dan diberikan kepada orang tercinta.

Barang-barang itu bisa menjadi pajangan di dalam rumah atau digunakan dalam berbagai kesempatan, sehingga membuatnya tampil menjadi unik. Tidak hanya itu, oleh-oleh juga kerap dalam bentuk makanan karena memiliki rasa yang enak dan tidak ada di negara mereka.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut oleh-oleh khas Indonesia yang kerap menjadi pilihan para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia:


1. Pakaian atau kain batik

Pakaian atau kain batik merupakan produk dan ciri khas Indonesia. Di dalam negeri, motif batik memiliki variasi yang beragam dan menjadi ciri antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Tidak hanya itu, motif yang terdapat di dalam batik juga memiliki cerita dan filosofi yang membuatnya menjadi sangat bernilai. Keunikan yang tidak ada di tempat lain ini membuat banyak wisatawan atau orang dari dalam negeri membelinya untuk diberikan kepada orang-orang tercinta atau keluarga di negara asal.


2. Tenun

Selain batik, kain tenun juga kerap menjadi oleh-oleh yang dibawa pulang dari Indonesia untuk keluarga dan orang tercinta di negaranya. Kain tenun merupakan salah satu produk budaya yang juga khas Indonesia. Pembuatannya dengan tangan, tradisional, dan bahan-bahan alami membuat kain tersebut menjadi unik dan menarik bagi banyak orang. Tidak hanya itu, tenun juga memiliki motif yang beragam dan indah yang juga menjadi daya tarik.


3. Wayang

Selain pakain atau kain batik, wayang menjadi oleh-oleh atau buah tangan yang juga kerap dibeli oleh para wisatawan asing yang tengah berlibur di Indonesia. Saat ini, ada berbagai macam jenis wayang yang bisa dibawa pulang para turis asing, seperti wayang orang, kulit, dan sebagainya.

Selan unik, khas, dan menarik, wayang menjadi pilihan lantaran produk kebudayaan ini juga menjadi Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi dari UNESCO pada 2003 silam.


4. Kerajinan tangan rotan

Kerajinan tangan juga merupakan barang atau produk kebudayaan Indonesia yang kerap menjadi pilihan bagi para wisatawan asing untuk dibawa pulang ke negaranya. Kerajinan tangan masyarakat Indoenesia yang unik dan tidak kalah dari negara lain menjadi salah satu alasannya.

Produk kerajinan itu seperti tas, tatakan gelas, hiasan dan sebagainya. Bentuknya yang unik dan kualitasnya yang mumpuni membuat mereka rela mengeluarkan uang untuk membeli kerajinan itu sebagai buah tangan.


5. Makanan

Selain kaya akan produk-produk kebudayaan berupa barang, Indonesia juga kaya dengan makanannya. Sajian kuliner yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lain dan memiliki kekayaan rempah menjadikannya begitu lezat dan berkesan.

Salah satu di antaranya adalah rendang, dan banyak pihak mulai membuat rendang sebagai makanan dalam kemasan yang memungkinkan para wisatawan membawa pulang ke negaranya menjadi oleh-oleh atau buah tangan bagi keluarga dan orang tercinta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

6 Rekomendasi Negara untuk Rayakan Momen Pergantian Tahun 2023

BERIKUTNYA

Cube Entertainment Segera Debutkan Boy Group Baru Nowadays

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: