Tugu Yogyakarta (sumber gambar Unsplash/ Angga Kurniawan)

Enggak Cuma Bakpia, Cek Rekomendasi Oleh-oleh dari Yogyakarta Selain Makanan Ini

22 April 2023   |   15:58 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Libur Lebaran sudah tiba. Selain tradisi mudik atau pulang kampung momen Idulfitri biasa dimanfaatkan masyarakat dengan berlibur ke berbagai daerah sembari bersilaturahmi. Salah satu yang populer untuk adalah Kota Yogyakarta. Kota Pelajar ini memang menawarkan sejuta keindahan. Tak heran jika musim liburan Yogyakarta ramai dikunjungi.

Sepulang  dari sana, biasanya mereka juga memborong oleh-oleh untuk dibagikan ke kerabat, teman, atau tetangga. Namun, selain makanan seperti bakpia atau gudeg kaleng yang sudah mainstream, Yogyakarta juga memiliki oleh-oleh khas. Beberapa di antaranya adalah pernak-pernik hingga baju otentik yang tidak bisa ditemukan di daerah lain.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Yogyakarta dengan Spot Foto Instagramable

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut rekomendasi buah tangan yang bisa kalian jadikan bingkisan untuk kerabat dari Yogyakarta:
 

1. Kaos Dagadu 

 

Jika Pulau Dewata Bali punya Joger, Yogyakarta punya kaos Dagadu yang legendaris. Saat berlibur ke Jogja, selain menikmati kulinernya yang beragam pantang rasanya jika tidak membeli kaos ikonis satu ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Hampir mirip dengan Joger, kaos Dagadu ini juga terkenal dengan tulisan-tulisanya yang unik, lucu dan kadang sarkas. Kalian pun bisa mendapatkan kaos ini dengan mengunjungi tiga gerainya di Gedongkuning, Lower Ground Malioboro, serta di alun-alun utara.


2. Baju Batik & Daster Beringharjo

Rekomendasi oleh-oleh awet lain yang bisa didapat di Yogyakarta adalah baju batik atau daster. Kalian pun bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup ramah kantong di Pasar Beringharjo yang masih berada dalam satu kawasan dengan Malioboro.

Tak hanya itu, di tempat ini kamu juga bisa menawar harga baju tersebut dari harga yang dibanderol oleh penjual. Namun, tentu saja Genhype harus pintar dalam melakukan diplomasi dengan mereka agar harganya sesuai yang diharapkan. 


3. Kerajinan Kulit Manding

Yogyakarta juga memiliki sentra pengolahan kerajinan tangan, tepatnya di Desa Wisata Manding, Bantul. Masyarakat di desa ini memang banyak yang membuat aksesoris seperti tas, dompet, gantungan kunci, hingga sandal dengan bahan dasar kulit hewan.

Adapun, bagi Genhype yang ingin membeli oleh-oleh di tempat ini akses menuju ke Manding juga cukup mudah. Sebab, sentra kerajinan tangan ini berada di jalan utama Jogja-Parangtritis Km 11. Tepatnya di Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo, Bantul, Yogyakarta.


4. Perak Kotagede

Bagi yang ingin membeli oleh-oleh perhiasan, Genhype juga bisa mendatangi Kotagede yang dikenal sebagai sentra pengrajin perak. Di tempat ini kalian akan disuguhi berbagai jenis desain perhiasan seperti anting-anting, giwang, kalung, hingga cincin berbahan dasar logam tersebut.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa membeli miniatur patung yang dibuat dari perak yang bisa direquest sesuai keinginan. Mengenai harga, tarifnya disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan ukuran dari pesanan kalian. Namun, dengan budget yang dikeluarkan, kamu akan mendapat kerajinan yang sudah bertaraf internasional.


5. Home Decor Kasongan

Bergeser sedikit dari Kotagede, kalian juga bisa membeli oleh-oleh awet lain untuk menambah dekorasi rumah. Tepatnya di Desa Kasongan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Di sini Genhype bisa menemukan banyak kerajinan tangan yang terbuat dari bahan-bahan alam yang ramah lingkungan.

Beberapa di antaranya adalah gerabah, guci, pot, hingga hiasan dinding yang terbuat dari tanah liat. Selain itu, kamu juga bisa membeli kursi, bantal, hingga keranjang berkualitas internasional karena memang sudah banyak diimpor ke berbagai negara di dunia.

Nah, itulah dia Genhype rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu jadikan bingkisan selain makanan di Yogyakarta. Jadi, sudah tertarik mengunjungi tempat yang mana dulu nih? 

Baca juga: 10 Kuliner yang Harus Diburu di Yogyakarta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

10 Negara yang Merayakan Idulfitri pada Sabtu 22 April 2023

BERIKUTNYA

4 Cara Mix and Match Sage Green untuk Tampil Menarik di Hari Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: